top of page

Prinsip Kerja dan Aplikasi Alat Pemanas Induksi di Bengkel



Suhu memang dibutuhkan bagi beberapa hal, seperti untuk membuat es batu yang menggunakan suhu dingin, atau memanaskan sesuatu dengan mengandalkan suhu panas. Nah adapun untuk menciptakan suhu, Anda bisa menggunakan suatu alat, seperti suhu panas yang bisa dibuat dari alat pemanas. Alat pemanas memang sebuah objek yang bisa memancarkan panas atau suhu tinggi untuk berbagai keperluan.


Alat pemanas memang memiliki peranan yang sangat diperlukan untuk kehidupan sehari-hari, seperti untuk kita memasak, memanaskan makanan, dan lain sebagainya. Tentu seiring berjalannya waktu alat pemanas pun kini jadi memiliki banyak fungsi salah satunya untuk keperluan biologi, bahkan di keperluan bengkel sekalipun. Untuk keperluan bengkel, alat pemanas yang dibutuhkan sendiri adalah alat pemanas induksi.

Prinsip Kerja dan Aplikasi Alat Pemanas Induksi di Suatu Bengkel

Inilah Prinsip Kerja Alat Pemanas Induksi yang Perlu Dipahami

Alat pemanas induksi atau induction heating, adalah sistem pemanas yang memiliki prinsip kerja dengan menggunakan induksi medan magnet yang dihasilkan dari frekuensi tinggi/high frequency. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan pada objek timbul arus pusat yang arahnya melingkar melingkupi medan magnet yang menembus objek yang bersangkutan. Kemudian itu juga meliputi tegangan bolak-balik yang memiliki frekuensi tinggi yang dibangkitkan dari power.


Frekuensi yang terjadi akan memicu sebuah komponen elektronika untuk membangkitkan daya AC yang memiliki frekuensi tinggi. Nah daya AC frekuensi tinggi inilah yang nantinya dikirimkan ke kumparan untuk menimbulkan fluks, dimana besar kecilnya fluks yang di bangkitkan bergantung pada luas bidang kumparan induksi yang digunakan. Hal ini dikarenakan induction heater memanfaatkan apa yang terjadi pada kumparan penginduksi.


Arus pusat pun akan berperan dominan dalam proses induction heating, sehingga panas yang dihasilkan pada material sangat bergantung kepada besarnya arus pusat yang diinduksikan oleh lilitan penginduksi. Ketika lilitan dialiri oleh arus bolak-balik, maka akan timbul medan magnet di sekitar kawat penghantar. Lalu kemudian medan magnet tersebut dapat memiliki besarnya yang bisa berubah-ubah sesuai dengan arus yang mengalir pada lilitan tersebut.

Inilah Aplikasi Alat Pemanas Induksi di Suatu Bengkel

Pemanas induksi memiliki kegunaan yang memang bisa diaplikasikan pada pengerjaan di suatu bengkel. Nah adapun aplikasi tersebut antara lain:


  • Pemanas induksi di bengkel berguna untuk diaplikasikan dalam memanasi body bearing unit sampai beberapa derajat tertentu. Ini bisa dilakukan sesuai kebutuhan hingga kondisi diameter dalam bearing unit tersebut memuai melebihi diameter luar shaft onderdill mesin yang berkaitan.

  • Berkaitan dengan sebelumnya, dalam aplikasinya, alat pemanas induksi bisa membuat diameter dalam bearing bisa memuai atau membesar melebihi dari diameter luar dari shaft onderdill mesin, sehingga Bearing Unit dengan sangat mudah masuk ke shaft onderdill mesin tersebut pada saat pasang bearing unit.

  • Tentunya aplikasi alat pemanas induksi di bengkel akan menghemat tenaga yang digunakan oleh pekerja pada saat memasang bearing unit. Sehingga aplikasinya bisa membuat pekerjaan berjalan secara efektif dan efisien.

  • Melalui alat pemanas induksi, maka target bisa dipanaskan secara langsung sehingga mengurangi waktu pemanasan dan panas yang terbuang. Aplikasi ini bisa juga dianggap sebagai metode yang bisa memberikan kepadatan daya yang tinggi dan inersia termal yang rendah atau tidak sama sekali.

  • Aplikasi alat pemanas induksi juga akan memicu pengaturan yang tepat dari daya pemanas yang dapat dicapai melalui desain koil yang sesuai dan kontrol konverter daya. Akibatnya, fitur tambahan seperti pemanasan lokal, dan pra-pemanasan, profil suhu yang telah ditentukan dapat diterapkan.


Jadi itulah prinsip kerja dan aplikasi alat pemanas induksi di bengkel. Semoga dapat Anda pahami serta jadi manfaat bagi semuanya. Bilamana Anda ingin memiliki atau mengganti perkakas lama Anda ke perkakas terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan perkakas dari Tenka. Tentu perkakas dari Tenka bisa Anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page