top of page

Aspek Keselamatan dalam Penggunaan Hoist: Hal yang Harus Diperhatikan



Suatu kesehatan dan keselamatan kerja alias K3, adalah keadaan harapan yang tidak

dapat dipisahkan dari proses produksi suatu perusahaan, baik jasa maupun industri. Itu menjadi dasar penting bagi setiap pekerja yang bekerja di suatu perusahaan, karena kesehatan dan keselamatan dapat memiliki risiko terjadinya kecelakaan kerja yang memang bisa merugikan banyak pihak, baik pekerja atau perusahaan tersebut.


Secara umum, K3 adalah perlindungan yang wajib diberikan oleh pihak pemberi kerja kepada karyawannya, yang mana itu juga menjadi hal penting pada penggunaan beberapa alat di suatu tempat kerja. Penggunaan alat kerja wajib sekali disertai dengan jaminan bahwa adanya keselamatannya, seperti yang ada pada penggunaan hoist. Nah oleh karena itu, Anda sebenarnya harus tahu bahwa ada aspek keselamatan dalam penggunaan hoist.


Informasi Lengkap Mengenai Aspek Keselamatan Kerja dalam Penggunaan Hoist


Hoist adalah katrol yang dianggap sebagai alat untuk mengangkat dan menurunkan benda berat yang sulit untuk diangkat secara manual. Dengan kata lain, hoist ini menjadi salah satu alat yang memiliki peranan penting di hampir banyak pekerjaan yang melibatkan lifting. Seperti yang Anda ketahui, pekerjaan lifting dapat memicu banyak resiko yang notabene sangat berbahaya, mulai dari kerugian secara materi, hingga pekerja yang dapat terkena dampaknya, dan masih banyak lagi lainnya.


Jadi dengan melihat bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh hoist itu cenderung berbahaya, maka aspek keselamatan kerja dari hoist perlu diperhatikan sebagaimana adanya. Ini menjadi poin penting dalam penggunaan hoist yang memang tepat, benar, serta aman bagi semuanya. Nah adapun aspek keselamatan kerja dalam penggunaan hoist yang perlu Anda perhatikan atau user hoist perhatikan, adalah:


  • Tidak membawa beban yang melebihi daya angkat maksimum dari hoist tersebut, dikarenakan muatan yang berlebih dapat membuat hoist rusak bahkan parahnya rantai atau kawat yang digunakan akan putus dengan sendirinya. Tentu dampaknya bisa mengenai banyak orang yang dekat dengan lingkungan kerja hoist tersebut.

  • Para operator hoist pun sangat diwajibkan untuk menggunakan alat keamanan atau pakaian keamanan, seperti helm hingga safety shoes saat mengoperasikan hoist. Ini perlu diperhatikan, karena mungkin saat lifting dengan hoist bisa saja beberapa komponen keras jatuh, yang mana akan membuat seseorang yang terkena dapat menimbulkan cedera parah.

  • Pastikan sebelum proses pengangkat hoist dimulai, Anda sudah seharusnya untuk memastikan kestabilan dan keseimbangan beban serta alat bantu angkat yang dipergunakan. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan layaknya malfungsi yang memang dampaknya sangat berbahaya bagi hoist ataupun orang lain.

  • Dalam pengangkatan awal dengan hoist, pastikan pengangkatan beban yang ingin diangkat tidak boleh dilakukan secara tiba-tiba. Karena secara umum, perlakuan tersebut dapat membuat mesin hoist bisa saja rusak, atau mungkin dampak lainnya yang merugikan.

  • Setelah proses pengangkatan hoist selesai, Anda sudah seharusnya untuk memastikan untuk melepas alat bantu angkat dari hook/pengait. Jelasnya posisi hook berada pada ketinggian dua meter agar tidak terbentur pekerja, kemudian hanya menghentikan hoist crane pada tempat yang telah ditentukan agar tidak mengenai objek lainnya.

  • Tidak boleh dilupakan, Anda pun harus melakukan pengecekan secara teratur, yang mana pemeriksaan tersebut harus ada pada hampir semua komponen hoist.


Sekian artikel dari kami yang membahas aspek keselamatan kerja dalam penggunaan hoist, yang mana itu memang harus diperhatikan. Semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Bilamana Anda tertarik dengan hoist atau crane, maka kami rekomendasikan yang terbaik dan berkualitas dari Elephant Hoist and Crane. Untuk mendapatkannya atau mengetahui lebih lanjut, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


Comments


bottom of page