Bagian-Bagian Mobile Crane dan Fungsinya



Mobile crane merupakan sutau kendaraan memiliki fungsi untuk mengangkat benda yang berat. Selain mengangkat juga untuk memindahkan benda-benda. Dalam bahasa Indonesia lazim disebut mobil derek.

Bagia-bagian yang terdapat pada kendaraan ini disusun dan dibuat secara khusus. Pada bagian mobil atau truk telah dipasangi alat ini dirangkai langsung dengan badan kendaraan tersebut.

Kendaraan ini banyak digunakan oleh perusahaan kontruksi untuk menjalankan bisnisnya. Hal ini karena transportasi tersebut memiliki cara kerja efektif serta tidak memerlukan alat khusus sebagai penunjang kerjanya.

Berikut Bagian dari Mobile Crane

Terdapat beberapa jenis yang dapat ditemui secara umum. Ada jenis hydraulic, rough terrain, all terrain , crawler dan carry-derk. Meski jenisnya berbeda, namun secara struktur memiliki bagian yang mirip.

  1. Jib atau Working Arm

Jib atau bagian lengan adalah komponen yang bisa berputar 360 derajat. Ini berperan sebagai kabel sling dengan fungsi bagian mengangkat beban. Jib tersusun dari material besi yang dibentuk menjadi rangka batang.

Panjang jib atau lengan (working arm) dapat disesuaikan kemampuannya dalam mengangkat beban yang beratnya hingga kiloan.

  1. Counter Weight

Counter weight berguna untuk kestabilan lengan crane. Bentuk counter weight akan disesuaikan dengan kemampuan mengangkat beban. Material yang membentuk counter weight terdiri dari bahan beton terpasang di ujung.

Counter weight akan memiliki bentuk semakin besar jika kemampuan derek dalam mengangkat beban juga besar. Ini dapat disesuaikan dengan jenis kendaraan yang menjadi bagian darinya.

  1. Hoist dan Trolley

Kedua komponen ini sama-sama berfungsi untuk mengangkat beban. Hoist adalah bagian yang berguna untuk angkat beban secara vertikal. Sedangkan, Trolley mengangkat beban secara horizontal.

  1. Sling

Sling merupakan komponen crane yang berbentuk kabel terbuat dari material baja. Sling digunakan sebagai pengait dengan beban yang akan diangkat. Panjang kabel ini dapat disesuaikan dengan kemampuan mobile.

  1. Mast

Mast akan mengatur tinggi rendahnya lengan alat ini . Selain itu, Mast dijadikan tempat menahan tali penyeimbang, pulley dan kerekan. Mast akan bergerak dengan dengan tenaga hidrolik secara vertikal dalam mengatur ketinggian.

  1. Operator’s Cab

Operator’s cab terdiri dari beberapa tuas sebagai pengendali kendaraan. Mobile crane dapat dioperasikan dengan komponen ini. Dapat dikatakan operator’s crab sebagai bagian inti dari kendaraan mobil derek.

  1. Base Section

Bagian berikutnya dari mobil derek adalah base section. Base section adalah merupakan dasar yang terletak di bawah. Base section memiliki bobot berat terbiat dari beton dan biasanya tertanam.

  1. Slewing Unit dan Tower Top

Slewing unit memiliki fungsi yang tidak kalah penting dengan bagian lainnya. Slewing unit dapat memutar bagian lengan 360 derajat, sehingga komponen ini dibutuhkan crane. Tower Top merupakan bagian paling tinggi dari mobil derek ini.

  1. Collar Frame

Collar frame akan menjaga keamanan mobil derek meskipun kendaraan telah melewati batas free standing. Collar frame memiliki sabuk pengaman yang dipasang disetiap section yang dikaitkan pada bangunan.

  1. Climbing Frame

Bagian kabin pada kendaraan ini biasnya memiliki letak yang cukup tinggi untuk dijangkau. Untuk itu diperlukan sebuah bagian untuk menjangkau bagian kabin pada operator’s cab. Komponen inilah diberi nama climbing frame.

Bagian dari mobil derek membentuk kendaraan dan memiliki fungsi masing-masing untuk menjalankan kendaraan tersebut. Jenis kendaraan mobile crane banyak digunakan oleh pekerja kontruksi untuk membantu mengangkat berbagai beban dengan bobot berat.