top of page

Beberapa Bahan Kimia Untuk Pipa Macet yang Bisa Digunakan Secara Efektif



Berbeda dengan selang, pipa adalah saluran berbentuk tabung atau selongsong bundar yang tidak bisa digerakan, yang mana kegunaannya untuk mengalirkan cairan atau gas. Dalam sistem perpipaan dan penggunaannya, pipa cenderung bisa terkena beberapa masalah, salah satunya yang paling umum terjadi adalah mampet. Mungkin masalah tersebut bisa diatasi dengan memanggil jasa pembersih, tetapi nyatanya Anda bisa memperbaikinya sendiri.


Bagi Anda yang memang sedang mengalami masalah pipa tersumbat atau macet, maka Anda bisa memperbaikinya sendiri secara mudah dan efektif. Nah caranya yaitu dengan mengandalkan bahan kimia tertentu, yang mana tidak semua bahan kimia aman untuk saluran pipa yang macet. Oleh karena itu agar tidak salah memilih bahan kimia, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya, dikarenakan kami akan berikan rekomendasi bahan kimia yang tepat untuk pipa macet.


Inilah Beberapa Bahan Kimia Untuk Pipa Macet yang Bisa Digunakan Secara Efektif

Ammonia

Amonia adalah senyawa kimia dengan rumus NH₃, yang mana biasanya senyawa ini didapati berupa gas dengan bau tajam yang khas. Walaupun bahan kimia amonia memiliki sumbangan penting bagi keberadaan nutrisi di bumi, tetapi amonia sendiri adalah senyawa kaustik dan dapat merusak kesehatan. Namun tidak apabila digunakan untuk saluran pipa mampet atau macet.


Bahan kimia ammonia nyatanya sangat ampuh untuk mengangkat kotoran membandel dari berbagai permukaan, termasuk dengan pipa. Produk beramonia sebaiknya tidak dicampur dengan produk pembersih lain, hal itu karena akan bereaksi menghasilkan gas yang beraroma kuat dan juga berbahaya. Jadi saran dari kami, Anda jangan menghirup udara dari bahan kimia ini ketika Anda mau melancarkan pipa yang macet.


Surfaktan

Bahan kimia surfaktan adalah senyawa kimia yang dapat menurunkan tegangan permukaan. Selain itu, senyawa ini juga berfungsi untuk menurunkan tegangan antarmuka antara dua cairan, antara gas dan cairan, atau antara cairan dan zat padat. Surfaktan sendiri dapat bertindak seperti deterjen, atau bahan pembasah, pengemulsi, bahan pembusa, dan bahkan juga bisa pendispersi.


Surfaktan terbentuk dari dua jenis bahan kimia, yaitu molekul yang menyukai minyak dan molekul yang menyukai air. Pada detergen, surfaktan bekerja merasuk ke serat-serat kain, mengangkat noda dan mencegahnya menempel kembali. Jadi bahan kimia dalam deterjen ini justru sangat membantu dalam proses pencucian termasuk mengatasi kotoran pada pipa yang macet. Tips dari kami, Anda perlu memakai sarung tangan ketika menggunakan bahan kimia satu ini.


Soda Api

Soda api atau natrium hidroksida, yang juga dikenal sebagai lindi dan soda kaustik, adalah suatu senyawa anorganik dengan rumus kimia NaOH. Senyawa ini merupakan senyawa ionik berbentuk padatan putih yang tersusun dari kation natrium Na⁺ dan anion hidroksida OH⁻. Soda api juga adalah bahan kimia yang bersifat korosif atau merusak.


Jadi dengan demikian, maka bahan kimia ini tentunya akan sangat efektif dalam menghancurkan kotoran yang menyumbat pada pipa yang macet. Untuk menggunakan soda api, maka Anda bisa menyiapkan air panas untuk memicu reaksi soda api menjadi lebih efektif. Lalu tuangkan soda api pada pipa yang tersumbat, kemudian tuang air panas dalam jumlah sedang secara perlahan-lahan.


Klorin

Klorin adalah unsur kimia dengan simbol Cl dan nomor atom 17. Senyawa ini adalah halogen kedua paling ringan, dimana itu berada di antara fluor dan bromin dalam tabel periodik, dengan sifat-sifatnya sebagian besar di antara mereka. Klorin adalah bahan kimia yang berwujud gas berwarna kuning-hijau, yang mana ia bersifat antibakteri.


Karena bersifat antibakteri, maka ia dapat digunakan untuk mengontrol perkembangan bakteri di air kolam renang atau dalam produk disinfektan. Selain itu, klorin juga bermanfaat untuk mengatasi jamur di dinding, serta mampu mengatasi kotoran yang berada di pipa macet secara perlahan-lahan. Sama dengan semua bahan kimia, menggunakan klorin juga membutuhkan perlindungan, seperti masker ataupun sarung tangan.


Jadi itulah beberapa bahan kimia untuk pipa macet. Semoga bermanfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda ingin memiliki perkakas yang berkualitas serta terbaik, maka pilihan yang tepat ada pada produk perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


コメント


bottom of page