top of page

Simak Beragam Limbah Berdasarkan Sumbernya yang Wajib Diketahuii



Dari proses produksi, tentunya bukan hanya bisa menghasilkan barang saja, melainkan itu pun juga ada yang menyebabkan limbah, zat yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri maupun domestik. Limbah bisa berupa sampah, air kakus, dan air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya. Sementara untuk limbah padat, biasanya itu adalah sampah yang sering kali tidak dikehendaki kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis.


Di dunia saat ini, limbah masih menjadi pokok masalah yang terus ada di berbagai tempat, yang mana itu menyebabkan suatu kerugian berupa penyakit, wabah, bencana alam, hingga lain sebagai yang memang disebabkan oleh limbah. Nah tentunya ada banyak cara dalam mengatasi limbah yang ada, yang mana itu semua tentunya harus sesuai dengan sumber limbah itu sendiri. Apa saja sumber limbah? Untuk mengetahuinya maka simak artikel ini!


Inilah Beragam Limbah Berdasarkan Sumbernya yang Wajib Untuk Diketahui

Limbah Rumah Tangga

Limbah rumah tangga merupakan limbah yang asalnya dari kegiatan manusia, yang mana memang itu ada dalam rumah atau lingkungannya yang saling berkaitan. Nah perlu Anda ketahui juga, limbah rumah tangga pun bisa disebut juga sebagai limbah domestik, yaitu seperti dari air cucian baju, piring, kendaraan, air sabun dari sehabis mandi, kotoran manusia, plastik yang sudah tidak digunakan, botol-botol plastik atau kaleng, dan lain sebagainya yang memang berasal dari rumah.


Limbah Industri

Limbah industri merupakan suatu limbah yang pastinya adalah limbah yang berasal dari sisa-sisa proses produksi pada suatu industri. Hal itu memang pasti terjadi, karena memang industri itu terdiri dari berbagai macam jenis, sehingga tiap prosesnya pun akan menghasilkan limbah. Kemudian limbah-limbah industri juga sangat beragam dan tergantung dari industri apa yang sedang dijalankan.


Sebagai contoh, seperti industri pakaian yang bisa menghasilkan limbah berupa sisa-sisa pakaian yang tidak dapat digunakan, kemudian ada juga pewarna dari pakaian yang memang dapat mencemari lingkungan. Lalu ada juga industri penghasil cat warna, yang memang kandungan cat dalam proses pembuatannya juga berbahaya bagi lingkungan sekitar atau pada alam sekitar.


Limbah Pertanian

Merupakan limbah yang sumbernya berasal dari aktivitas pertanian. Jenis limbah ini akan dihasilkan dari pemberian pupuk dan pembasmian hama yang memang itu berkaitan dengan pertanian. Nah dikatakan limbah, karena memang bahan tersebut diketahui mengandung banyak sekali zat-zat kimia yang dapat merusak ekosistem tanah sehingga kualitas tanah menurun.


Perlu Anda ketahui, tidak hanya ada ekosistem tanah saja yang rusak, melainkan pada pembasmian pupuk pun yang menggunakan pestisida bisa membuat sayur atau buah yang dihasilkan menjadi kurang baik untuk dikonsumsi, terlebih lagi jika memang pestisida digunakan secara begitu berlebihan.

Limbah Medis

Limbah ini pastinya bersumber dari fasilitas dan alat-alat medis. Limbah medis bisa Anda temukan pada rumah sakit, klinik, dan juga puskesmas yang ada. Nah limbah jenis ini jika dibiarkan secara terus-menerus sangatlah berbahaya, hal itu karena setiap alat-alat medis yang digunakan biasanya akan terkandung cairan tubuh seperti darah atau kontaminan lainnya, yang mana memang itu tidak baik bagi lingkungan. Sebagai contoh untuk Anda mengerti, limbah medis yaitu ada obat-obatan yang kadaluarsa, sisa-sisa kemoterapi, sisa jaringan tubuh atau otopsi, atau proses bedah, hingga alat-alat bekas perawatan, dan lain sebagainya.


Limbah Pertambangan

Sumber limbah ini pastinya berasal dari aktivitas pertambangan yang ada. Nah dengan limbah ini, maka pastinya lingkungan akan cepat tercemar, dikarenakan limbah pertambangan itu bisa berbahaya karena memang umumnya memiliki banyaknya jumlah logam dan air raksa yang berasal dari sisa-sisa proses pertambangan. Contohnya seperti arsenik, asap, asam sulfat, timbal, merkuri, raksa, dan sejenisnya.


Limbah Pariwisata

Limbah pariwisata merupakan limbah yang terbentuk dari aktivitas manusia ketika mereka melakukan jalan-jalan atau berwisata. Nah sebenarnya limbah ini berada di lokasi-lokasi yang sering dikunjungi oleh orang-orang ketika berwisata. Contohnya adalah asap dari sarana transportasi para wisatawan, sisa-sisa makanan dan minuman, hingga sejenisnya yang memang dari aktivitas wisata. Dengan adanya limbah pariwisata, maka itu akan memicu kemungkinan tempat wisata tersebut akan tercemar lingkungan.


Jadi itulah beragam limbah berdasarkan sumbernya. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua. Nah untuk mengolah limbah, maka pompa celup bisa Anda andalkan. Sehingga dengan begitu, maka pompa celup terbaik dan berkualitas untuk Anda adalah pompa celup Tsurumi yang berada di IndahJaya.com



Comments


bottom of page