top of page

Inilah Beragam Tipe Kolam Renang yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Membuatnya



Kolam yang biasanya banyak ditemukan, adalah kolam air yang berisikan ikan, hal itu tentunya bisa membuat suatu tempat menjadi indah dan natural. Tidak hanya kolam ikan, kolam renang juga pastinya bisa ditemukan di beberapa tempat, seperti di hotel, tempat wisata, atau bahkan pada beberapa rumah yang ada.


Namun kolam renang yang bisa ditemukan pun, pada dasarnya tidak memiliki tipe yang sama, karena kolam renang banyak sekali jenis atau tipe yang ada. Nah bagi anda yang memang ingin berencana membuat kolam renang, alangkah lebih bagusnya anda simak artikel ini terlebih dahulu. Itu karena kami disini akan menjelaskan berbagai tipe kolam renang yang cocok untuk anda gunakan dan terapkan pada calon kolam renang anda.

Inilah Berbagai Tipe Kolam Renang yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Membuatnya

Kolam Renang Outdoor

Kolam renang outdoor atau luar ruangan, adalah konsep kolam renang yang sering ditemukan di beberapa tempat, seperti pada hotel, tempat wisata, ataupun rumah dengan halaman atau taman yang ada. Konsep kolam renang ini tentunya bisa memberikan sensasi sendiri, karena anda bisa menggunakan kolam tersebut sebagai tempat untuk berenang, tetapi juga bisa sebagai tempat untuk berjemur di sinar matahari.

Kolam Renang Indoor

Jika ada outdoor maka ada juga indoor. Kolam renang konsep indoor atau dalam ruangan, adalah kolam renang yang pastinya membutuhkan tempat luas di dalam ruangan. Untuk kolam renang ini cocok bagi anda yang memang ingin fokus untuk belajar berenang, itu karena memang kolam konsep ini cenderung digunakan pada beberapa tempat kompetisi renang ataupun tempat untuk berlatih renang.

Kolam Renang Lap Pool

Ada kata Lap, maka berarti kolam tersebut berkaitan dengan lintasan. Nah kolam konsep Lap Pool, adalah kolam renang yang mempunyai karakter berbentuk memanjang dan sempit. Biasanya konsep kolam tersebut, akan dibuat dan juga dilengkapi dengan sebuah arus yang memakai mesin khusus. Jadi bisa juga dibilang kolam arus yang memanjang dan tidak henti.

Kolam Renang Private

Seperti namanya Private, maka kolam renang ini adalah kolam renang yang dikhususkan pada tempat tertentu. Biasanya kolam renang jenis ini akan menggunakan tempat seadanya, dan biasanya juga berada pada tempat tertentu yang bukan umum, seperti di kamar, ataupun sebagainya yang sangat tertutup dan tidak terlihat.

Kolam Renang Atas Tanah

Kolam renang atas tanah akan menggunakan konsep di atas tanah, dan biasanya konsep ini digunakan apabila tanah sulit digali karena beberapa faktor. Kolam atas tanah atau bisa juga dibilang above ground pool, adalah kolam yang dapat anda rancang menggunakan banyak material. Disamping itu, untuk ukurannya juga bisa menyesuaikan dengan luas lahan di halaman rumah dan bisa anda bongkar pasang.

Kolam Renang Plunge Pool

Kolam renang Plunge pool adalah kolam yang biasanya ada di hotel atau tempat berendam air panas. Hal itu karena memang plunge pool hanya difungsikan untuk berendam saja, dan itu cocok sekali dibuat jika tempat halamannya kecil. Tetapi sayangnya walaupun bisa di tempat kecil, plunge pool ternyata memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Kolam Renang Anak

Kolam renang anak bisa juga dibilang sebagai play pool. Kolam renang ini biasanya akan dibuat sesuai dengan standar anak-anak, seperti kedalamannya yang tidak dalam, ataupun dilengkapi dengan beberapa atribut seperti seluncuran ataupun sebagainya yang aman bagi anak-anak bermain air.

Kolam Renang Freeform

Untuk kolam renang ini bisa anda buat sesuai dengan keadaan yang tersedia pada tempat anda, hal itu karena memang kolam renang freeform pool memiliki khas bentuk bebas tak beraturan, yaitu anda bisa dengan sesuka hati membuatnya, dan itu akan cenderung terlihat sangat natural dan efisien.


Jadi itulah beberapa tipe kolam renang yang perlu diketahui sebelum anda berniat ingin membuat kolam renang. Semoga beberapa tipe diatas menjadi inspirasi bagi anda dalam membuat kolam renang, dan juga bisa menjadi inspirasi bagi orang lain dengan cara anda share artikel ini kepada yang lainnya. Tentunya kolam akan berkaitan dengan pompa, maka dari itu anda harus mempunyai pompa seperti pompa celup Tsurumi. Dan mengenai produk tersebut, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.

bottom of page