Berbagai Tipe Fitting Hydraulic System serta Aplikasinya


Berbagai Tipe Fitting Hydraulic System serta Aplikasinya

Fitting hydraulic system hadir dalam berbagai jenis dan aplikasi yang digunakan untuk menghubungkan selang hidrolik ke komponen seperti silinder hidrolik, pipa, tabung, atau berbagai jenis selang hidrolik dalam sistem hidrolik. Fitting ini harus mampu membuat segel ketat dan mencegah kebocoran dalam aplikasi.


Apa saja jenis fitting yang banyak tersedia di pasaran? Berikut tipe-tipenya!


Tipe Fitting Hydraulic System

Jenis tipe fitting hidrolik berikut digunakan secara luas di pasar Eropa dan AS:


ORFS

Fitting ORFS (O-Ring Face Seal) memiliki alur O-ring pada permukaan datar fitting. Penyegelan untuk alat kelengkapan tersebut didapatkan dengan menghubungkan cincin-O dengan permukaan datar konektor socket. Fitting ini ideal untuk aplikasi tekanan tinggi dan memiliki sambungan bebas kebocoran dengan kelengkapan sebagai berikut:


1. Pemasangan ORFS Lurus

Sambungan sekrup lurus dengan titik sambungan ORFS plug ke ulir NPT, G atau metrik plug


2. Pemasangan ORFS Siku

Sambungan sekrup siku dengan satu sambungan socket ORFS dan sambungan plug ORFS lainnya pada suatu sudut


3. Tee ORFS Fitting

Koneksi sekrup berbentuk T dengan satu port koneksi ORFS socket dan dua port koneksi ORFS plug


4. Pemasangan ORFS Silang

Empat port koneksi ORFS plug dalam orientasi silang, berguna untuk mendistribusikan atau menggabungkan media


DIN/BSP

Fitting DIN (Deutsches Institut für Normung) dan BSP (British Standard Pipe) adalah jenis fitting hidrolik yang umum digunakan di Eropa. Fitting DIN memastikan dapat dipertukarkan dengan berbagai merek fitting dan digunakan dalam industri, konstruksi, dan industri minyak, dan tas. Fitting BSP sesuai dengan standar BSP untuk ulir sekrup. Fitting jenis ini digunakan untuk menyegel dan menghubungkan pipa dan dapat digunakan dengan menghubungkan ulir eksternal (plug) dengan ulir internal (socket). Aplikasinya sering dalam industri pipa ledeng dan diterima secara luas kecuali untuk Amerika Utara, di mana standar NPT digunakan.


Kriteria Pemilihan Fitting Hydraulic System

Kriteria berikut harus dipertimbangkan sebelum memilih jenis fitting hidrolik yang tepat untuk aplikasi Anda:


1. Ukuran

Diameter internal dan eksternal fitting ini harus sesuai dengan diameter selang. Fitting yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat menyebabkan kebocoran atau sambungan gagal.


2. Bahan

Bahan fitting hidrolik harus kompatibel dengan cairan hidrolik dan lingkungan operasi. Bahan fitting yang paling umum digunakan adalah kuningan, aluminium, baja, atau baja tahan karat dengan cincin-O NBR (Nitrile) yang paling banyak digunakan.


3. Suhu

Alat kelengkapan hidrolik harus sesuai dengan kisaran suhu Anda.


4. Tekanan

Fitting hidrolik harus sesuai dengan rentang tekanan Anda, termasuk paku tekanan. Pengoperasian di luar kisaran ini dapat menyebabkan kerusakan pada fitting.


5. Aplikasi

Jenis aplikasi juga menentukan jenis pemasangan yang akan digunakan. Tee atau cross-fitting digunakan untuk aplikasi pencampuran atau distribusi.


6. Perakitan

Jika sistem hidrolik memerlukan penyambungan dan pemutusan selang atau tabung, fitting sambungan cepat hidrolik dapat digunakan. Demikian pula, fitting kompresi hidrolik dapat digunakan untuk menghilangkan kebutuhan akan pengelasan atau penyolderan fitting. Desain yang aman sangat mempengaruhi perakitan, sehingga diperlukan penyedia alat fitting hydraulic yang terpercaya seperti http://indahjaya.com


Itu adalah berbagai jenis fitting hydraulic system yang ada di pasaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kriteria pemilihan yang tepat.