Berikut Ini Tips Membeli Genset Bekas yang Harus Anda Ketahui


Ketika perumahan Anda akhir-akhir ini sering mengalami pemadaman listrik oleh PLN, berdampak terganggunya aktivitas kerja saat Work From Home apalagi masa pandemi ini. Tentu tidak tinggal diam, Anda akan bisa memecahkan permasalahan tersebut dengan menyediakan mesin genset di rumah. Namun dengan membeli genset baru akan menambah beban keuangan Anda, tentunya rincian belanja bulanan menjadi terkendala. Anda tidak perlu ambil pusing, masih banyak solusi yang dapat dicari salah satunya jalan alternatifnya membeli genset bekas.

Terkait barang genset bekas, anda harus mempertimbangkan beberapa hal untuk membeli barang tersebut agar berfungsi dengan baik dan layak digunakan, beberapa tips seperti ini:

Nama Merek Mempengaruhi Kualitas

Sebelum membeli, Anda harus paham tentang genset serta mengumpulkan informasi yang jelas terlebih dahulu tentang nama merek dan spesifikasi genset itu sendiri melalui website resminya atau juga Anda bisa mencari melalui toko online. Sebagai contoh merek genset Tenka yang sudah berpengalaman, terpercaya, berkualitas dan terjamin tahan lama dengan pesaing produk merek lainnya. Selain itu juga anda bisa bertanya kepada orang yang berpengalaman untuk membuat list produk yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

Perhatikan Tipe Genset

Ketika sudah menjatuhkan pilihan produk brand yang ingin dibeli, Anda juga harus memperhatikan tipe genset karena ada 2 tipe yaitu Open dan Silent. Tipe Open memiliki tingkat kebisingan yang tinggi sedangkan, tipe Silent memiliki suara kebisingan yang relatif rendah karena sudah dilengkapi peredam suara. Jika melihat perbandingan tersebut, tentu tipe Silent menjadi genset yang cocok digunakan di perumahan Anda selain itu juga lebih aman karena diletakkan di tempat khusus Namun harganya cukup mahal.

Pertimbangkan Bahan Bakar untuk Genset

Ketika membeli genset bekas, perlu diperhatikan bahan bakarnya, karena ada beberapa tipe genset yang menggunakan bahan bakar yang berbeda-beda. Sebagai contoh ada genset menggunakan bahan bakar bensin, solar dan gas. Tak heran jika mesin genset berbahan bakar bensin paling banyak diminati karena bisa mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Selain harga yang terjangkau, mesin genset berbahan bakar bensin memiliki kelebihan lagi seperti sistem suara yang lebih halus karena mekanisme kompresinya sangat rendah saat proses pembakaran dan mesin genset berbahan bakar bensin memiliki performa horsepower yang besar.

Disesuaikan dengan Kebutuhan Listrik Rumah

Ini sangat penting sekali yang mencari genset bekas harus disesuaikan dengan kebutuhan daya rumah Anda. Ambil contohnya Genset Tenka dengan perbandingan genset 1000 watt dan genset 5000 watt. Jika rumah Anda daya listrik PLN yang terpasang 2200 watt maka Anda sebaiknya memilih genset yang kapasitas lebih besar dari 2200 watt sebagai hitungannya genset diberi beban sebesar 80% dari daya maksimal demi menjaga genset itu sendiri agar lebih awet dan tahan lama.

Lama Waktu Pemakaian

Anda perlu memperhatikan aspek dalam membeli genset bekas dari lama waktu pemakaian. Tanyalah kepada pemilik genset sebelumnya apakah selama digunakan mengalami kendala atau pernah ada perbaikan beberapa komponen genset serta jangan lupa untuk melihat fisik genset terawat atau tidak dan itu memberikan gambaran kepada Anda, apakah genset itu layak dibeli atau tidak.

Memiliki Garansi

Ketika ingin membeli genset bekas, sangat disarankan untuk mengecek garansi terlebih dahulu apakah masih tersedia atau sudah lewat masa garansi. Karena umur genset tidak bisa ditebak, saat Anda membelinya dan tidak memiliki garansi, sewaktu-waktu ada kerusakan komponen alat genset dan tidak bisa klaim garansi. Membuat Anda rugi harus mengeluarkan budget cukup banyak untuk perbaikan.

Itulah beberapa tips untuk membeli genset bekas yang harus Anda cermati. Semoga penjelasan di atas membuat Anda memiliki pengetahuan tentang genset yang pengen dibeli.

#genset#sewagenset#gensetmurah#gensetsilent#gensets#gensetjakarta#gensetberkualitas#gensetindonesia#gensetdiesel#jualgenset#gensetjogja#gensetbaru#gensetopen#gensetbali#gensetbalikpapan#gensetkalimantan#gensetbandung#gensetsupplier#gensetmalang#jualgensetmurah#gensethonda#gensetportable#gensetsolar#gensetpabrik#gensetmakassar#gensetpalembang#gensetbagus#mesingenset#gensetbekasi