Cara Membuat Air Mancur Gentong di Kolam dengan Mudah



Pada kolam renang atau kolam ikan, tentunya untuk menambah kesan mewan dan menarik serta natural, maka perlu ditambahkan dengan air mancur. Namun air mancur tidak selalu harus berada di kolam, karena kenyataannya air mancur bisa diterapkan pada taman atau halaman, ataupun di ruangan indoor atau outdoor.


Air mancur sendiri memiliki banyak jenis dan variasinya, dimana salah satunya yang paling menarik dan juga sering digunakan konsepnya, adalah air mancur gentong. Tentunya membuat air mancur gentong membutuhkan beberapa tahapan dan cara, dan bagi anda yang memang berniat ingin membuatnya maka anda bisa simak artikel ini terlebih dahulu. Oleh karena itu, yuk simak artikel ini selengkapnya!

Inilah Cara Membuat Air Mancur Gentong di Kolam dengan Mudah yang Bisa Anda Tiru

Kumpulkan Perlengkapan Air Mancur Gentong

Jelas yang paling awal dan utama adalah dengan mempersiapkan beberapa perlengkapan dalam membuat air mancur gentong, dan perlengkapannya adalah sebagai berikut:

  • Tentunya wadah air berupa gentong karena konsep air mancur yang akan kami jelaskan ini adalah air mancur gentong. Anda bisa siapkan beberapa gentong sesuai yang anda inginkan, dan tentunya siapkan beberapa gentong.

  • Berikutnya adalah pompa air, dan pompa air terbaik maka kami sarankan anda gunakan pompa celup, itu karena pompa tersebut lebih unggul dalam konsep air mancur dibanding dengan pompa lain pada umumnya.

  • Jika ada pompa, maka berikutnya jelas harus ada pipa dan tabung. Pipa atau tabung akan mengantar air dari penampungan ke puncak air mancur.

  • Fondasi dari air mancur gentong tentunya bisa beragam sesuai dengan yang anda inginkan, oleh karena itu pastikan anda punya perlengkapan yang sesuai untuk membuat pondasi dari air mancur gentong, seperti batu, semen, pasir dan sebagainya.

  • Atribut lainnya, bisa bebatuan alam, tanaman, ataupun sebagainya.

Tahapan dalam Membuat Air Mancur Gentong di Kolam

Berikut adalah tahapan atau tutorial dalam membuat air mancur gentong di kolam, yang mana beberapa tahapan atau cara dari kami adalah yang terbaik dan pastinya termudah untuk anda semua.

  1. Apabila anda ingin membangun air mancur gentong yang pondasinya ada di bawah tanah, maka anda perlu gali lubang. Dengan gali lubang juga sebenarnya cocok untuk anda yang ingin menaruh pompa celup, berserta juga dengan kabelnya agar itu terhindar dari kontak langsung dengan yang ada di luar.

  2. Lalu berikutnya anda cocokkan pompa celup yang sudah anda persiapkan sebelumnya itu dalam penampungan sebelum memasukkan air.

  3. Pastikan semua tabung dan hubungan listrik pada pompa celup tersebut cocok dan juga bisa bekerja dengan baik.

  4. Tambahkan elemen desain yang ingin anda gunakan. Namun pastikan hal itu tidak membuat pompa air sulit diakses untuk penyesuaian, perbaikan dan pembersihan, dan sebagainya.

  5. Selanjutnya anda tinggal isi air mancur dengan air yang cukup untuk merendam pompa celup, dan selain itu juga bisa berguna dalam penjagaan tetap pada pompa yang terendam saat beroperasi ketika air akan berputar melalui bagian-bagian atas air mancur.

  6. Setelah semua dirasa sudah benar dan beres, maka tahap terakhir anda hanya perlu untuk hidupkan pompa air. Pada tahap ini juga anda bisa sesuaikan tekanan bila diperlukan, dan juga bisa susun elemen desain untuk memastikan air kembali ke penampungannya. Lalu untuk tampilan dan suara air mancur juga bisa disesuaikan dengan menyesuaikan sudut kepala air mancur dan halangan-halangan lain di jalur yang dilalui air mancur pada gentong.

  7. Selesai, anda bisa tambahkan atribut hiasan lain yang anda suka atau anda inginkan untuk air mancur gentong anda.

Itulah cara buat air mancur gentong di kolam dengan mudah, yang mana tentunya sangat berguna dan bisa menambah wawasan anda tentang pembuatan air mancur gentong. Anda bisa share artikel ini kepada yang lainnya, agar mereka juga tahu cara mudah dalam membuat air mancur gentong. Untuk pompa celup dalam pembuatan air mancur gentong, maka anda bisa miliki dan ketahui lebih lengkapnya di IndahJaya.com