top of page

Inilah Cara Cek Rem Cengkeraman Pada Crane Agar Selalu Prima



Crane merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk mengangkat benda secara horizontal. Mesin ini dilengkapi dengan kawat atau rantai yang digerakkan dengan banyak katrol atau pulley, sehingga dengan begitu bisa memberikan keuntungan mekanis melebihi yang bisa dilakukan manusia. Nah walaupun digunakan untuk lifting, tetapi layaknya kendaraan ternyata Crane memiliki mekanisme rem pada jalurnya.


Rem pada Crane tentunya memiliki kegunaan atau fungsi yang sama dengan kendaraan pada umumnya, yaitu berguna untuk menghentikan jalur, ataupun untuk memperlambat jalurnya. Nah karena memiliki fungsi yang sama, rem pada Crane pun juga perlu dicek mengenai masalah cengkeramannya, hal itu agar rem berfungsi dengan optimal serta prima. Bagaimana cara cek cengkraman rem pada Crane? Semuanya bisa Anda ketahui dengan menyimak artikel ini!


Inilah Cara Cek Rem Cengkeraman Pada Crane Agar Selalu Prima

Fungsi rem pada Crane memanglah sangat penting, karena tanpa rem di derek jembatan, maka hal itu bisa menimbulkan masalah yang cukup serius. Nah tentunya ada banyak jenis rem yang bisa digunakan pada Crane, yang dimana memang semuanya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk digunakan dalam mengendalikan putaran motor dan gerakan inersia di suatu Crane.


Nah di kendaraan, rem pada dasarnya digunakan yang berjenis tromol dan juga rem cakram. Namun dari semua itu, cakram adalah rem yang paling umum ditemukan di banyak kendaraan, baik itu di bagian depan atau di bagian belakang. Hal itu karena rem cakram merupakan rem modern yang cara kerjanya adalah dengan menjepit cakram yang dipasangkan pada roda. Lalu untuk menjepit cakram digunakanlah caliper yang bisa digerakkan oleh piston untuk mendorong kampas rem ke cakram.


Karena rem Crane pada dasarnya banyak yang menggunakan sistem cengkeraman atau cakram, maka pemeliharaannya pun juga perlu diperhatikan, begitu juga dengan tingkat cengkeramannya. Nah agar tidak kehilangan sistem pengeremannya, maka rem cengkeraman pada Crane perlu di cek, yaitu dengan cara seperti berikut ini:

  • Periksa minyak rem pada rem cengkeraman yang ada di Crane, hal itu karena minyak rem berguna untuk mendorong piston di kaliper rem agar kampas bisa menjepit cakram sesuai tekanan saat tuas master rem ditarik. Apabila minyak rem di Crane sudah berwarna gelap, maka Anda bisa menggantinya dengan yang baru agar sistem rem cengkeraman pada Crane tidak macet.

  • Cek apakah kampas dan cakram rem Crane itu bersih atau tidak? Karena kotoran pada cengkraman rem yang ada di Crane sangat berpengaruh dalam sistem kerja rem yang ada di Crane. Jika kotor, maka Anda bisa membersihkannya dengan benar dan hati-hati, lalu pastikan Anda juga rutin dalam membersihkannya agar rem cengkeraman Crane tidak macet karena kotoran yang tidak dibersihkan.

  • Periksalah kampas rem, yang mana yang terbaik adalah kampas yang masih dalam keadaan tebal. Hal itu karena jika kampas rem sudah tipis, maka sistem pengereman rem cakram pada Crane menjadi tidak presisi, sehingga dengan begitu Anda perlu mengganti kampas rem Crane dengan yang masih tebal.

Jadi itulah cara dari kami mengenai cara cek rem cengkeraman yang ada pada Crane, hal itu agar rem Crane bisa bekerja secara optimal dan juga bisa selalu presisi serta prima. Sekian dari kami, semoga artikel ini jadi manfaat untuk Anda semua. Jika Anda ingin memiliki Hoist dan Crane, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami adalah Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Commentaires


bottom of page