Cara Memperbaiki Mesin Diesel Genset yang Rusak dengan Benar


Cara Memperbaiki  Mesin Diesel Genset yang Rusak Dengan Benar

Diesel genset harus dirawat dengan benar, selain itu pemakaiannya juga harus berhati-hati dan tidak sembarangan dalam penggunaannya. Genset merupakan salah satu sumber listrik alternatif yang bersumber dari bensin atau diesel.


Mesin ini sangat berfungsi saat listrik padam atau menambah pasokan listrik dalam jumlah besar. Saat ini hampir semua orang atau instansi memiliki genset sebagai daya tambahan atau pengganti. Cara memakainya juga cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga.


Namun, ada berbagai macam masalah yang bisa saja muncul, diantaranya adalah mesin tidak dapat digunakan, mesin tidak dapat dinyalakan, atau lain sebagainya. Kerusakan yang terjadi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal.


Beberapa hal yang bisa menyebabkan diesel genset tidak berfungsi dengan baik adalah oli mesin sudah habis atau keruh, spare part sudah usang, kabel instrument bermasalah, dan masih banyak lainnya.


Segera lakukan perbaikan jika mesin tidak berfungsi dengan maksimal. Namun, jika kerusakan genset ini sudah parah, sebaiknya segera bawa ke ahli genset. Dengan begitu kerusakan tidak semakin parah.


Kerusakan dapat digolongkan ke dalam kerusakan ringan dan kerusakan berat. Jika masih tergolong ringan Anda dapat melakukan perbaikan sendiri, namun jika tergolong berat sebaiknya bawa ke ahli reparasi.


Jika mesin tidak dapat dihidupkan ada beberapa kemungkinan, diantaranya adalah aki dalam keadaan lemah atau habis, terdapat kabel listrik yang terputus, atau kondisi motor starternya rusak.


Cara Memperbaiki Mesin Diesel Genset Rusak


Ada beberapa cara memperbaiki mesin ini yang rusak. Perbaikan ini harus disesuaikan dengan permasalahan yang ada. Maka dari itu, lakukan identifikasi masalah terlebih dahulu, sehingga Anda dapat melakukan perbaikan dengan tepat.


1. Mesin Tiba-tiba Mati Ketika Genset Dinyalakan.


Jika Anda mengalami diesel genset yang tiba-tiba mati saat mesin sudah dalam keadaan menyala, jangan panik. Hal ini bisa saja diakibatkan saliran pada tangki bahan bakar bermasalah. Lakukan pemeriksaan pada tangki bahan bakar, selain itu pastikan semua saluran tangki sudah aman.


Jika terdapat sumbatan, Anda dapat mengambilnya, namun jika terjadi kebocoran atau lainnya, segera bawa ke ahli perbaikan genset. Sehingga kerusakan tidak semakin parah.


2. Mesin Genset Tidak Dapat Dihidupkan.


Kendala berikutnya yang sering terjadi adalah mesin diesel genset yang tidak tidak dapat dinyalakan atau dihidupkan. Ada beberapa hal yang mengakibatkan mesin tidak dapat menyala dengan baik, seperti masalah pada kabel listrik, aki, hingga motor starternya.


Pahami terlebih dahulu bagaimana kondisi mesin genset Anda, setelah itu lakukan perbaikan sesuai dengan kerusakan yang terjadi. Jika terdapat masalah pada akinya, maka Anda dapat mengisi ulang atau mengganti aki dengan yang baru.


Sedangkan jika masalah terdapat pada kabel listrik yang putus atau tidak tersambung, maka sambung kembali kabel instrument tersebut. Selain itu, mesin yang tidak dapat menyala juga bisa dikarenakan masalah pada starter motor.


3. Hilangnya Daya Pada Mesin Genset


Kendala berikutnya adalah diesel genset yang kehilangan daya, jika mengalami masalah ini biasanya mesin tidak dapat hidup dengan optimal. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkannya, diantaranya adalah kondisi plunger yang sudah haus.


Jika plunger dalam kondisi haus, segera lakukan pengecekan di bagian pompa dan penyetelan. Selain bagian plunger, bisa saja terdapat masalah pada bagian pegas katub. Jika pegas katub kotor segera bersihkan atau lakukan perbaikan.


Dengan memperhatikan bagaimana permasalahan pada genset Anda, permasalahan akan segera teratasi serta mesin dapat digunakan dengan baik. melakukan perawatan dengan tepat akan memjaga diesel genset dapat bekerja dengan performa maksimal.