Cara Memperbaiki Pompa Celup 3 Phase Rusak Tanpa Teknisi


Cara Memperbaiki Pompa Celup 3 Phase Rusak Tanpa Teknisi

Pompa celup 3 phase dikenal dengan daya tahan dan kemampuannya yang maksimal, sehingga banyak orang lebih memilih tipe pompa air jenis ini. Harganya juga bersing dengan pompa lain, jadi wajar jika pompa celup ini sangat populer.


Adanya 3 phase pada pompa celup tersebut membuat tenaganya semakin maksimal, sehingga walaupun ditempatkan pada air keruh, tetap bisa berfungsi dengan normal. Pompa ini juga mendukung kebutuhan air untuk pabrik atau hal lainnya. Berkat tenaga besar tersebut.


Memilih pompa memang perlu disesuaikan dengan kebutuhan, tetapi pompa celup 3 phase selalu tepat untuk dipilih. Hal ini karena pompa tersebut sudah memenuhi standar internasional, serta fitur – fiturnya juga terus dikembangkan.


Pompa celup jenisnya juga banyak, dan yang terpenting adalah manfaatnya begitu besar. Jika Anda bingung memilih jenis pompa yang dibutuhkan, sebaiknya pompa celup yang dipilih, karena hasilnya tidak pernah mengecewakan. Walau harganya murah, daya tahannya sangat lama.


Cara Mengatasi Pompa Celup 3 Phase Mati


Ketika digunakan secara sembarangan atau tidak dirawat secara baik, mungkin saja pompa celup ini mengalami kerusakan. Bisa saja karena alasan tertentu pompa mati tiba-tiba, dan tidak mau lagi menyala. Ketika hal ini terjadi, Anda tidak perlu panic, karena cukup lakukan hal berikut.


1. Cek Arus yang Masuk ke Pompa


Salah satu penyebab pompa mati biasanya karena arus listrik yang masuk tidak wajar. Misalnya ketika arus listriknya melebihi 10 Amper, hal ini pertanda bahwa pompa sedang mengangkat beban yang terlalu berat. Artinya tidak hanya air yang diangkat pompa celup 3 phase tersebut, tetapi ada benda lain.


Biasanya yang paling sering adalah pada air tersebut terdapat kandungan tanah menggumpal, sehingga mesin dipaksa bekerja lebih berat dari biasanya. Hal ini kerap terjadi ketika volume air yang ditarik sudah mulai mongering, sehingga tanah ikut. Jadi solusinya tinggal bersihkan pompa tersebut.


2. Capasitor Sudah Harus Diganti


Penyebab pompa air mati biasanya karena bagian kelistrikannya mengalami masalah. Salah bagian yang bermasalah biasanya bian capasitornya yang sudah harus diganti. Jadi saat pompa listrik Anda manti, coba ganti capasitor tersebut terlebih dahulu.


pompa celup 3 phase umumnya menerapkan system kelistrikan dengan pengamanan maksimal. Bagian ini sebenarnya jarang bermasalah, tetapi setelah digunakan selama bertahun-tahun, mungkin saja ada kerusakan. Jadi sebaiknya cek bagian ini terlebih dahulu.


3. Cek Bagian Motor Penggerak


Terkandang pompa air tidak bekerja ketika bagian motor penggeraknya mengalami kerusakan. Jika hal ini terjadi, Anda sebaiknya mengangkat pompa tersebut ke permukaan terlebih dahulu. Periksa apakan motor penggeraknya masih bekerja dengan normal atau tidak.


Jika terdapat sumbatan, dapat menyebabkan motor penggerak tidak mampu lagi berjalan normal. Jadi perlu dilakukan cleaning terhadap pompa celup 3 phase sehingga fungsinya normal kembali. Pompa celup ini tidak mudah mengalami kerusakan, jadi Anda tidak perlu khawatir.


Service Pompa ke Teknisi Resmi


Jika Anda takut memeriksa pompa tersebut seorang diri, lebih baik minta bantuan teknisi untuk menanganinya langsung. Keuntungan membeli pompa celup bergaransi adalah ada teknisi berpengalaman yang selalu siap menangani masalah ketika pompa mati.


Jadi Anda tidak menyerahkan tugas service atau pengecekan tersebut kepada ahlinya dan pompa akan diperbaiki seperti semula. Jika ada komponen yang harus diganti, biasanya tidak perlu biaya mahal untuk menggantinya, karena relative murah.


Hal ini yang menjadi alasan banyak orang mengapa lebih memilih pompa celup berkualitas, karena terbukti bisa bertahan lama. Jika Anda butuh pompa air yang mampu memberikan tekanan air yang kuat, maka pompa celup 3 phase merupakan yang terbaik.