top of page

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Pompa Centrifugal Rusak



Pompa Centrifugal atau Sentrifugal, adalah jenis pompa tekan dinamis yang mengubah energi mekanik ke dalam energi hidrolik melalui aktivitas sentrifugal. Untuk prinsip kerjanya, ia adalah pompa tekan dinamis dengan mengubah energi mekanis dari poros menjadi energi fluida, yang mana energi tersebut akan menyebabkan pertambahan head tekanan, head kecepatan, dan head potensial pada fluida yang mengalir secara kontinyu.


Prinsip kerja dari pompa sentrifugal ini yaitu bisa digerakkan oleh motor, yaitu daya dari motor yang diberikan kepada poros pompa untuk memutar impeller yang dipasangkan pada poros tersebut. Penggunaan pada pompa Sentrifugal, biasa nya akan disertai dengan beberapa kerusakan yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Namun masalah-masalah tersebut masih bisa diatasi, yaitu dengan cara yang ada di artikel ini!


Inilah Beberapa Cara atau Solusi Tepat Untuk Mengatasi Pompa Centrifugal yang Rusak

Berikut adalah beberapa masalah kerusakan pada pompa Centrifugal dan juga cara penanganannya yang tepat dan benar serta perlu Anda semua ketahui, yang mana itu biasa atau umum ada pada beberapa pompa jenis Centrifugal yang ada:


Impeller yang Rusak

Penyebab impeller rusak pada pompa Centrifugal, yaitu diantaranya seperti terkena korosif, macet, dan aus. Untuk korosi ia disebabkan oleh jenis fluida yang dipompa, yang dimana Impeller mengalami erosif, karatan, dan berkerak. Fluida tersebut tentunya dapat mengikis Impeller dan casing yg mengakibatkan aus, menipis, berlubang, dan keropos sehingga flow fluida menurun. Untuk mengatasinya, maka saran dari kami, Anda sebaiknya menggunakan Impeller atau casing berbahan Stainless Steel. Jadi dengan demikian, maka segera ganti Impeller lama pompa Centrifugal Anda dengan yang berbahan terbaik dan berkualitas, seperti bahan Stainless Steel.


Kerusakan Pada Bearing

Bearing pada pompa Centrifugal biasanya akan mengalami beberapa kerusakan, yang mana faktor kerusakan tersebut bisa diatasi dengan cara-caranya masing-masing. Jika kerusakan bearing akibat dari lifetime oli, maka untuk mengatasinya Anda bisa melakukan flushing atau menuang oli baru beberapa kali untuk membersihkan kotoran atau dengan penyemprotan udara kedalam housing bearing. Untuk masalah oli under level, maka atasinya adalah dengan Anda melakukan pengisian pada oli sesuai dengan tingkatnya, hal itu agar bearing bisa terlumasi dan tidak menimbulkan panas yang berlebih. Adanya kualitas oli yang buruk, bisa juga membuat bearing pompa rusak, sehingga atasinya adalah ganti seutuhnya oli lama tersebut dengan yang baru dan terbaik.


Shaft Putus dan Bending

Shaft putus tentunya itu akibat dari Impeller yang macet, sementara Shaft Bending disebabkan oleh ketidak sumbuan putaran Shaft yang dapat menimbulkan missalignment. Untuk perbaikan Shaft, maka Anda hanya perlu melakukan Major Overhaul. Kemudian, untuk mencegah agar tidak terjadi misalignment, maka Anda perlu melakukan tindakan runout shaft pompa setelah overhaul.


Shaft Sleeve dan Packing Menjadi Aus

Penyebab Shaft Sleeve aus pada pompa Centrifugal, yaitu bisa karena lifetime packing yang sudah terlalu lama digunakan atau sistem sealing buntu atau macet. Packing yang semakin lama semakin mengeras dapat mengikis Shaft Sleeve, kemudian pengikisan yang terlalu lama dapat memperlebar celah pada Shaft Sleeve, sehingga loses dan semburan fluida semakin deras. Untuk mengatasinya, maka Anda jangan biarkan semburan fluida terlalu lama, hal itu karena akan menyebabkan fluida proses masuk kedalam housing bearing sehingga dapat merusak kualitas oli, oil seal, dan bearing.


Oil Seal Leak

Ketika terjadi rembesan oli di sekitar oil seal dan Shaft akibat kerapatan seal berkurang. Maka cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan lem Devcon untuk mengurangi gap atau celah keluaran oli. Penggunaannya adalah dengan mengoleskan lem Devcon pada sisi oil seal yang bocor, kemudian pada saat pengeleman usahakan oil seal dan Shaft tidak menyatu atau merekat.


Jadi itulah beberapa cara mengatasi masalah yang umum terjadi pada pompa Centrifugal. Semoga bermanfaat untuk Anda semua, terutama dalam memberikan pengetahuan cara memperbaiki masalah yang ada pada pompa Centrifugal. Jika Anda ingin memiliki pompa, maka yang terbaik dan berkualitas adalah pompa celup merk Tsurumi yang berada di IndahJaya.com


bottom of page