Cara Mengecek Genset Bekas yang Masih Bagus Agar Tidak Tertipu



Genset adalah mesin yang tentunya sangat berguna sebagai alat alternatif untuk mendapatkan pasokan listrik saat keadaan memang tidak ada pasokan listrik. Nah dengan kegunaannya yang sangat berguna tersebut, Genset begitu dicari yang mana bahkan harga jualnya sudah menyentuh harga yang cukup mahal. Tidak hanya itu, banyak juga Genset bekas yang memang dijual cukup mahal, hal itu lantaran Genset memang sangat dibutuhkan.


Namun membeli Genset bekas dianggap sebagai pembelian yang sia-sia, itu karena bekas cenderung tidak berkualitas dan tidak layak lagi dipakai. Tentunya pengertian tersebut tidak salah dan juga tidak benar, karena faktanya masih banyak barang bekas yang tentunya layak dipakai lagi, dimana Genset adalah salah satunya. Nah bagi anda yang memang berniat ingin membeli Genset bekas, maka anda bisa cek terlebih dahulu Genset tersebut, dimana caranya ada di bawah ini!


Inilah Cara Benar Untuk Mengecek Genset Bekas yang Masih Bagus

Membeli barang bekas, tentunya anda harus perhatikan toko yang menjual barang bekas tersebut, dimana anda harus lihat review dari toko tersebut. Nah jika memang terpercaya, maka anda bisa membeli Genset bekas pada market tersebut. Namun jangan buru-buru membelinya, karena anda harus perhatikan juga Genset bekas itu sendiri.


Memeriksa Merk Genset Bekas

Pertama tentu adalah menentukan Genset-nya. Nah anda yang ingin membeli Genset bekas tentunya perlu menanyakan tentang merek dan sejarah produk Genset tersebut. Apabila produk tersebut adalah sebuah merek ternama, maka anda bisa mencari tahu lagi lebih jauh mengenai produk tersebut. Sehingga dengan itu, maka anda dapat mengetahui beberapa keunggulan dan kekurangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.


Namun untuk memeriksa itu adalah bagus atau tidak, tentunya anda perlu lihat juga kondisi fisik dari Genset tersebut, apakah itu mulus atau tidak. Coba bandingkan merk Genset bekas tersebut dengan Genset bekas lain tetapi dengan merk yang sama. Nah jika sama maka bisa disimpulkan Genset tersebut bagus, tetapi jika berbeda dalam artian Genset bekas tersebut buruk, maka bisa jadi Genset bekas tersebut sudah tidak bagus lagi.


Memeriksa Suara Mesin Genset Bekas

Jangan hanya mau memeriksa luarnya saja, karena dalamnya belum tentu bagus seperti yang ada di luar Genset bekas tersebut. Nah cobalah untuk meminta mesin Genset bekas untuk dinyalakan, lalu anda cobalah dengar suara mesin Genset tersebut. Jika ada kejanggalan yang mengeluarkan bunyi aneh, maka besar kemungkinan Genset bekas tersebut tidak bagus dan tidak pantas untuk dibeli.


Lalu apabila pemilik Genset bekas enggan untuk menyalakan Genset karena beberapa alasan yang ia lontarkan, maka jelas itu ingin menipu anda dengan menjual Genset bekas yang tidak bagus atau berkualitas. Maka dari itu jangan sungkan untuk mencoba menyalakan Genset bekas yang ingin anda beli, karena itu juga faktor penting dalam menilai Genset bekas itu bagus atau sebaliknya.


Memeriksa Detail Mesin Genset

Bukan tidak percaya, tetapi alangkah baiknya anda jangan bertanya dan lebih baik memeriksannya secara langsung. Anda dapat mencoba memeriksa beberapa komponen seperti arus kelistrikan, melihat perangkat mekanisnya, lalu pada bagian luar atau dalam apakah ada korosi, dan lain sebagainya yang memang sudah baik serta aman.


Jika memang memungkinkan, cobalah melakukan tes beban. Nah pemeriksaan tersebut tentunya penting, karena anda dapat melihat output frekuensi yang tepat, indikator apakah berjalan dengan baik, lalu bagaimana daya listriknya, dan sebagainya yang memang sudah sesuai standar.


Jadi itulah beberapa cara anda untuk melakukan pemeriksaan tepat pada Genset bekas, apakah itu bagus atau tidak. Nah semoga bermanfaat bagi anda dan yang lainnya, dimana terutama dalam membeli Genset bekas yang pastinya bagus dan tidak tertipu. Jika anda tertarik untuk memiliki Genset terbaik dan berkualitas, maka Tenka bisa menjadi pilihan utama anda yang dimana itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com