top of page

Inilah Beberapa Cara Efektif Menghindari Genset Overheat



Apa itu overheat? Nah overheat itu adalah sebuah istilah, yang mana menandakan tentang kondisi ketika suhu mesin sedang mengalami kenaikan di atas normal. Overheat atau dalam bahasa Indonesia adalah kepanasan yang berlebih, adalah suatu keadaan yang memang menandakan mesin dalam keadaan panas diatas normal, yang mana tentunya itu akan sangat berbahaya bagi mesin dan juga komponen-komponennya.


Sebenarnya walaupun sudah banyak mesin yang dirancang agar mampu mengatur suhu agar tidak mengalami overheat, tetapi itu bukan jaminan bahwa mesin tersebut benar-benar bisa bebas dari namanya overheat. Layaknya mesin lain, mesin Genset pun juga cenderung bisa mengalami overheat, yang mana itu memang masalah pada Genset yang harus segera dihindari dan diatasi. Overheat pada Genset bisa efektif dihindari dengan cara di bawah ini!


Inilah Beberapa Cara Efektif Untuk Menghindari Genset Agar Tidak Mengalami Overheat


Melepaskan Beban Pada Genset Jika Kondisi Sudah Mulai Menjadi Panas

Bukan beban dalam artian berupa beban dari benda, melainkan beban arus pada Genset. Jadi ketika Anda tahu atau merasa Genset sedang mau mulai panas karena, maka sebelum terkena overheat Anda disarankan segera matikan switch yang menghubungkan Genset dengan beban Anda. Oleh karena itu, Anda harus sebisa mungkin lakukan langkah tersebut, karena jika tidak berhasil maka Anda bisa mematikan Genset tersebut.


Apabila memungkinkan, biarkan mesin Genset berjalan idle tanpa beban. Dikarenakan hal tersebut jauh lebih baik daripada harus mematikan mesin sama sekali, karena memang pada sistem pendinginan mesin akan membawa temperatur turun dengan lebih cepat daripada jika mesin mati. Perlu Anda ingat dan catat, bahwa mesin Genset yang mati mendadak, tentunya bisa membuat temperatur mesin akan naik drastis karena panas di dalam tubuh mesin tidak dibawa keluar oleh sistem pendinginan, jadi pertimbangkan untuk mematikan Genset secara mendadak.


Membantu Membangun Suhu yang Dingin Pada Genset

Apabila sistem pendinginan masih berjalan, maka ada baiknya Genset yang panas tidak boleh dimatikan karena memang ada sistem cooling. Namun apabila cooling pada Genset masih kurang begitu efektif, maka Anda dapat membantu pembuangan panas di Radiator dengan cara mengucurkan air terus menerus di permukaan radiator.


Ketika Anda melakukannya, maka cobalah evaluasi pergerakan temperatur air, apakah tetap tidak terkendali atau menjadi stabil. Jika pergerakannya tetap tidak terkendali, maka beban perlu dikurangi dan dilepas sama sekali hingga matikan mesin Genset setelahnya.


Maintenance selalu Sistem Pendingin Pada Genset

Masalah Genset yang menjadi overheat bisa terjadi dari adanya radiator atau kepala silinder yang rusak, hingga memang ada kemungkinan terjadinya kebocoran dalam sistem pendingin. Nah untuk mengatasinya, maka Anda bisa perbaiki sistem pendingin pada Genset, baik itu memperbaiki kebocoran, dan lain sebagainya yang berkaitan.


Mengganti Oli Mesin Genset yang Berkualitas Secara Rutin dan Juga Berkala

Oli mesin Genset pada dasarnya bisa mencegah terjadinya gesekan antar suku cadang seperti piston dan dinding silinder. Tidak hanya itu, oli mesin Genset yang memang berkualitas tentunya akan memiliki efek yang lebih signifikan untuk menjaga suhu mesin ketika sedang bekerja. Nah oleh karena itu, dengan menggunakan oli yang berkualitas, maka itu adalah salah satu cara untuk mencegah terjadinya overheat pada mesin Genset. Jadi pastikan Anda ganti oli Genset secara rutin dan berkala dengan oli yang terbaik serta berkualitas.


Nah itulah beberapa cara efektif untuk menghindari Genset tidak menjadi overheat. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua, terutama bagi para pemilik Genset. Bilamana Anda tertarik dengan Genset yang memang terbaik serta berkualitas, maka rekomendasi terbaik kami adalah Genset Tenka. Jika Anda tertarik dengan Genset Tenka dan ingin mengetahuinya lebih lanjut, maka Anda bisa kunjungi di IndahJaya.com


Comentarios


bottom of page