Cara Merawat Genset Bensin untuk Penggunaan Jangka Panjang


Cara Merawat Genset Bensin untuk Penggunaan Jangka Panjang

Keberadaan genset bensin selalu menjadi alat yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi listrik disaat situasi darurat terjadi. Penggunaan genset selalu memberikan keuntungan bagi pengguna karena dapat menjamin aktivitas tetap lancar.


Genset berguna untuk menggantikan energi listrik saat sedang dipadamkan oleh PLN. Bagi Anda yang bekerja di perusahaan, restoran, mall, atau acara-acara penting, pasti tahu pentingnya kehadiran genset.


Seiring berjalannya waktu, genset selalu ada di setiap aktivitas penting tersebut demi mencegah kerugian tercipta. Misalkan ada pemadaman listrik secara tiba-tiba, Anda tidak perlu khawatir terjadi kerugian sebab terdapat genset.


Penggunaan genset bensin semakin dibutuhkan apalagi di daerah yang listriknya tidak stabil. Sekarang, genset telah memakai bahan bakar berupa bensin, sehingga lebih hemat dan mudah diisi ulang.


Setelah Anda memiliki genset sendiri pastikan dirawat dengan baik supaya tidak mudah rusak, sebab akan berdampak buruk nantinya. Sebagus apapun kualitas genset akan cepat rusak ketika Anda tidak pernah merawatnya.


Jangan khawatir, bila ingin merawat sebuah genset agar awet jangka panjang, kami sarankan mulai melakukan perawatan secara rutin. Inilah penjelasan cara lengkap untuk merawat genset bertenaga bensin tanpa sulit.


Cara Tepat untuk Merawat Genset Bensin


Genset menjadi alat yang penting bagi setiap perusahaan dan rumah tangga karena bisa menghasilkan energi listrik. Saat ini, penggunaan energi listrik yang dihasilkan dari genset memberikan banyak keuntungan bagi pemilik.


Jika Anda ingin menggunakan genset bensin tetap awet jangka panjang, tentunya perawatan harus dilakukan secara benar. Khusus bagi Anda, inilah cara merawat sebuah genset bertenaga bensin dengan mudah dan tepat.


1. Mengecek Sparepart Secara Rutin

Demi mencegah kerusakan terjadi, selama genset aktif digunakan ada baiknya selalu mengecek sparepart secara rutin. Pengecekan yang dilakukan secara rutin membuat genset memiliki performa maksimal dalam jangka lama.


Bila terdapat kerusakan pada bagian tertentu, selama pengecekan selalu dilakukan akan mudah mengganti langsung. Tentunya hal tersebut penting untuk mencegah kerusakan fatal terjadi di setiap penggunaan genset.


2. Bersihkan Bagian Luar dan Dalam

Adapun cara merawat genset bensin yaitu dengan membersihkan bagian luar dan dalam sekaligus. Tujuan membersihkan bagian luar genset supaya cat body selalu mulus meskipun sudah digunakan sejak lama.


Ketika membersihkan body bagian luar, tidak lupa sebaiknya bersihkan bagian dalam genset. Mesin yang dibersihkan secara baik akan bekerja maksimal tanpa ada penyumbatan akibat terkena debu atau kotoran lain.


3. Tidak Pernah Mengosongkan Tangki

Di dalam genset, ada sebuah tangki sebagai penampung bahan bakar berupa bensin. Supaya tidak mengalami masalah, usahakan selalu mengisi tangki pada genset dengan bensin sampai setengah atau penuh.


Kebiasaan ini bisa membuat genset lebih terawat, karena tangki yang selalu terisi bahan bakar tidak mudah berkarat. Meskipun merk genset sebagus apapun, tetap saja perlu diisi bensin sampai penuh.


4. Periksa Aki

Supaya tidak mengalami kendala disaat genset bensin akan digunakan, jangan lupa selalu memeriksa aki yang terpasang. Pemasangan aki berguna untuk menghidupkan mesin dengan menyambungkan ke bahan bakar agar menghasilkan energi listrik.


Periksa aki secara berkala mulai sekarang demi memastikan bahwa genset sedang dalam kondisi baik-baik saja. Karena percuma bila genset diisi bahan bakar penuh tetapi aki mati, maka tidak bisa digunakan.


5. Merawat Sistem Pendingin dan Pelumas

Pada genset terdapat bagian sistem pendingin dan pelumas yang harus dirawat mulai sejak dini. Jangan sampai kedua sistem tersebut rusak, sebab berperan vital setiap genset digunakan untuk aktivitas sehari-hari.


Pemakaian genset bisa Anda manfaatkan mulai sekarang untuk berbagai kebutuhan yang ada di lingkungan perusahaan, rumah tangga. Genset bensin dijamin awet lama jika Anda rawat menggunakan cara di atas.