Berikut Cara Efektif Untuk Merawat Genset Open yang Wajib Dilakukan



Genset Open atau biasa disebut dengan Genset tipe terbuka, adalah Genset yang tidak dilengkapi oleh box, alias rumah Genset atau bisa dibilang canopy. Nah Genset ini tentunya bisa digunakan untuk pengguna yang mempunyai powerhouse sendiri, itu karena memang Genset ini sudah dirancang khusus untuk penempatan Genset di dalam ruang atau gedung yang kedap suara.


Genset open memang memiliki banyak kelebihan daripada Genset pada umumnya, tetapi bukan berarti Genset tersebut tidak dirawat sedemikian rupa. Layaknya Genset pada umumnya, Genset open perlu dirawat, yang mana itu bermanfaat bagi Genset tersebut, seperti performanya yang tidak menurun, hingga masa pakai yang bisa tahan lama atau awet. Nah anda yang ingin tahu cara merawat Genset open, maka anda bisa ketahui itu di artikel ini!


Inilah Berbagai Cara Efektif dalam Merawat Genset Jenis Open

Agar masa pakai dari Genset bisa semakin tahan lama dan awet, maka Genset seperti Genset open perlu dirawat. Namun bukan perawatan yang sembarangan, melainkan perawatan yang efektif yang dapat berpengaruh baik bagi kondisi Genset tersebut. Untuk caranya, maka silahkan simak di berikut ini:


  • Untuk merawat Genset open dengan benar dan efektif, maka yang paling utama adalah penempatan Genset itu sendiri. Genset open jangan pernah ditaruh di tempat yang lembab, karena lembab apalagi sering terkena air bisa membuat Genset open mudah terkena korosi atau karat. Maka dari itu, tempat terbaik menaruh Genset open adalah di tempat kering, tetapi juga jauh dari terik sinar matahari.

  • Selalu rajin membersihkan Genset, apalagi tipe open itu mudah terkena kotoran atau debu karena tidak adanya rumah Genset. Namun Genset tipe open juga mudah untuk dibersihkan, sehingga anda akan mudah memasukan alat pembersih yang kering pada sela-sela Genset open.

  • Memperhatikan kabel-kabel pada Genset open. Jangan sampai kabel melilit begitu keras pada komponen Genset atau pada kabel lainnya. Hal itu karena bisa berdampak pada kabel yang akan mengelupas karena tertempel dekat dengan Genset, hingga putus dengan sendirinya.

  • Walau bisa dalam ruangan, tetapi bukan berarti Genset open tidak memperhatikan penempatan yang tanpa udara. Anda perlu sekali menaruh Genset open pada tempat yang memang ada sirkulasi udara, tetapi perhatikan juga tidak terlalu dekat atau terpapar sinar matahari.

  • Rajin atau berkala dalam memanaskan Genset. Jadi walau tidak digunakan, anda perlu rajin hingga berkala memanaskan Genset, bisa 1 minggu 2 kali atau lebih sesuai dengan kerja Genset yang dipakai atau tidak. Tentunya dengan memanaskan Genset, maka Genset open akan memiliki kinerja mesin yang optimal, lalu juga tidak sulit untuk dinyalakan.

  • Periksa aki, bahan bakar, hingga oli pada Genset. Apabila oli sudah waktunya ganti maka ganti, lalu untuk bahan bakarnya jangan sampai kering sekali. Nah untuk aki, anda juga perlu periksa aki Genset secara rutin, hal itu agar aki tidak soak secara tiba-tiba.

  • Apabila ada sparepart yang perlu diganti, maka ganti dengan yang asli. Itu karena yang asli tidak akan membuat dampak buruk bagi performa ataupun sebagainya yang berkaitan dengan Genset open.

  • Jangan menggunakan Genset sembarangan, apalagi terus menyalakan Genset open ketika ada kejanggalan. Hal itu karena jika dipaksakan, maka Genset open lama-kelamaan akan rusak secara permanen.


Nah itulah berbagai cara yang efektif dalam merawat Genset jenis open. Semoga bermanfaat bagi anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana anda tertarik dengan Genset open atau Genset jenis lainnya yang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami ada pada produk Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, tentunya anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.