Cara Perawatan Hoist Crane untuk Kinerja Maksimal


Cara Perawatan Hoist Crane untuk Kinerja Maksimal

Melakukan perawatan hoist crane secara berkala sangat penting dilakukan, agar hoist tersebut tidak mengalami kerusakan, dan daya tahannya semakin lama. Selain itu, hal ini juga menjadi bagian dari keselamatan kerja.


Jika Anda bagian hoist tersebut yang sudah memburuk, kemampuan angkutnya bisa bermasalah. Tentu sangat membahayakan jika beban berat yang diangkat tiba – tiba terjatuh, karena ada komponen hoist tersebut yang mengalami kerusakan.


Oleh sebab itu, setiap produsen hoist tersebut biasanya membuat SOP terkait perawatan dan harus dipatuhi. Bahkan di dalam bidang industri atau konstruksi, ada petugas khusus yang melakukan perawatan pada hoist tersebut.


Hoist yang mendapatkan perawatan dengan baik akan membuat pekerjaan lancar, dan memastikan keselamatan kerja. Pengabaian terhadap perawatan alat berat ini, dapat mengancam nyawa para pekerja.


Cara Perawatan Hoist Crane yang Benar


Setiap hoist tentu memiliki cara perawatan yang berbeda – beda. Namun secara umum, ada beberapa langkah perawatan yang harus diterapkan pada setiap jenis hoist. Jika hal ini Anda abaikan, maka akibatnya bisa sangat fatal. Berikut sistem perawatan umum pada hoist untuk semua jenis.


Lakukan Pemeliharaan dan inspeksi Harian


Hoist crane ini harus dilakukan pemeliharaan harian dan juga inspeksi harian. Inspeksi harian ini sangat penting, terutama sebelum hoist tersebut dioperasikan. Ada beberapa komponen yang penting dicek, seperti mengecek cross travelnya, mengecek panel hoist, rel girder, dan yang lainnya.


Pastikan juga tidak ada kelonggaran pada setiap mesin, terutama bagian komponen hoist, runeway, dan juga sistem elektricalnya. Pastikan pemeliharaan dilakukan dengan baik, agar hoist tersebut dapat dioperasikan secara normal untuk hari tersebut.


Lakukan Service Hoist Setiap Bulannya


Selain melakukan inspeksi harian, service hoist crane secara berkala juga sangat penting. Service ini fungsinya untuk membersihkan kotoran yang menempel pada hoist, yang berpotensi merusak komponen jika dibiarkan begitu saja.


Sebaiknya, lakukan service setiap bulannya ke ahli service. Service tersebut perlu dilakukan terutama untuk bagian panel long travel, hook block, dan juga control panelnya. Jika hoist tersebut jarang dipakai, service juga perlu dilakukan, minimal 6 bulan sekali. Tujuannya adalah untuk memperpanjang umur hoist dan memastikan keamanan kerja.


Lakukan Pengujian Setiap 3 Bulan


Setiap 3 bulan sekali, pengujian seluruh komponen juga harus dilakukan, tujuannya adalah untuk memastikan setiap komponen masih berfungsi dengan maksimal. Kerusakan pada salah satu komponen dan mengganggu seluruh kinerja dari hoist crane tersebut.


Pengujiannya bisa dilakukan terhadap rantai derek, atau juga melakukan tes beban pada kapasitas angkut maksimum. Jika komponen dari hoist tersebut sudah berumur, sebaiknya ganti dengan yang baru, karena daya tahannya pasti lebih baik.


Komponen Hoist yang Perlu Diberikan Perhatian Khusus


Semua komponen pada hoist crane sangat penting, oleh karena itu perawatannya harus dilakukan secara maskimal. Hanya saja, ada beberapa komponen yang perlu diberikan perhatian khusus, karena komponen tersebut yang paling sering dimanfaatkan fungsinya.


Salah satu komponen hoist yang tidak boleh diabaikan adalah bagian rem drum. Rem drum ini fungsinya untuk menahan laju, sehingga operator dapat mengoperasikannya dengan baik. Jika rem drum bermasalah, pekerjaan pasti terhambat.


Selain rem drum, tali kawat baja juga menjadi salah satu komponen yang harus diperhatikan. Tali kawat ini yang bertugas menahan beban, oleh sebab itu, pastikan data tahannya maksimal. Jika tali kawat baja sudah mulai mengalami korosi, sebaiknya segera diganti.


Perawatan untuk hoist ini sebenarnya tidak rumit, hanya saja perlu dilakukan secara telaten. Pengabaian terhadap inspeksi harian atau perawatan hoist crane dapat menganggu kinerja sekaligus membahayakan keselamatan.