Cara Termudah Membedakan Selang Industri yang Berstandar dan yang Tidak


Cara Termudah Membedakan Selang Industri yang Berstandar dan yang Tidak

Cara membedakan selang industri yang berstandar dan yang tidak harus diketahui supaya tidak tertipu ketika membeli. Terlebih di dunia mesin terdapat beberapa jenis selang salah satunya hidrolik dimana selangnya membutuhkan tekanan liquid untuk membuahkan gerakan.


Komponen terpenting dalam sebuah selang harus diperhatikan. Pasalnya dengan menggunakan selang yang baik menjadi awal keselamatan kerja dan penggunaan mesin bisa maksimal. Syarat selang yang baik setidaknya dilihat dari spesifikasi, ukuran, ketentuan, suhu dan tekanan kerja serta tekanan ledakan.


Untuk lebih jelasnya lagi akan dirincikan di bawah ini. Nantinya Anda akan tahu bagaimana kondisi selang yang tidak baik dan tidak layak jika dipakai khususnya dalam jangka panjang.


Cara Membedakan Selang Industri yang Berstandar dan yang Tidak Untuk Dipakai


Karena sebelumnya sudah dijelaskan apa saja yang harus diperhatikan untuk menentukan jenis selang yang baik, maka akan lebih dirincikan setiap komponennya di bawah ini:


1. Ukuran Selang

Untuk pengukurannya sendiri akan dituliskan satuan diameternya (I.D) untuk bagian dalam selang dan (O.D) untuk bagian luar selang. Ukuran luar ini juga disebut dengan ukuran secara keseluruhan yang penting dipakai sebagai acuan ketika ingin memilih sambungan atau fitting. Tulisannya akan memakai satuan mm atau inch.


Selang yang baik adalah selang yang ukurannya sesuai dengan alat yang akan digunakan. Biasanya ada logo SNI yang jadi acuan, namun untuk kualitasnya sendiri bisa dilihat lagi secara rinci di bagian deskripsi selang mulai ukurang hingga fungsinya harus disesuaikan.


2. Tekanan Kerja atau Working Pressure

Setiap selang memiliki tekanan kerjanya sendiri ketika berfungsi. Tekanannya akan ditulis dengan satuan MPa, PSI ataupun Bar. Selang yang tidak baik, biasanya tidak menyertakan rinci tekanan kerja yang sanggup dibebankan.


3. Tekanan Ledak atau Burst Pressure

Ini yang tak kalah penting. Cara membedakan selang industri yang berstandar dan yang tidak karena efek selang bisa meledak atau pecah sangat tinggi. Satuan tingkat tekanan ledaknya sama dengan satuan tekanan kerja.


4. Radius Tekukan

Minimum sebuah tekanan ketika selang bisa ditekuk akan dituliskan menggunakan satuan mm ataupun inch. Untuk melihat kualitas selang yang punya standar bagus biasanya memiliki daya tekuk yang tinggi dibandingkan selang yang tidak berstandar.


Tekukan pada selang sangat penting karena jika selang tidak ditekuk dengan benar bisa saja membuat kerusakan. Kerusakan selang inilah yang berakibat fatal bahkan bisa sampai meledak jika dipakai di industri skala besar.


5. Berat dan Suhu Pengoperasian

Mengarah kepada berat selang biasanya akan ditulis memakai satuan g/m. Sedangkan untuk suhunya ditulis dengan memakai Celcius atau Fahrenheit. Usahakan memilih standar selang yang bisa dipakai dengan suhu sesuai di wilayah Indonesia.


Nah, itu dia beberapa komponen penting yang harus diperhatikan ketika memilih selang industri yang umumnya menimbulkan dampak besar jika terjadi kecelakaan. Setelah tahu cara membedakan selang industri yang berstandar dan yang tidak, selanjutnya pilih toko terbaik yang menyediakan selang berstandar asli bukan tipuan. Salah satu toko yang direkomendasikan adalah Indah Jaya, atau Anda bisa langsung masuk ke link Indahjaya.com