top of page

Crane Bengkel Beroda: Kecepatan dan Mobilitas yang Dibutuhkan di Lingkungan Konstruksi



Crane adalah alat angkat yang sangat diperlukan dalam lifting benda atau barang yang notabene memiliki beban yang berat, umumnya bisa mencapai berton-ton. Namun apakah alat tersebut memerlukan roda? Tentunya iya, karena objek berbentuk lingkaran yang bersama dengan sumbu tersebut dapat menghasilkan suatu gerakan dengan gesekan kecil dengan cara bergulir. Sehingga dengan begitu, maka jelas perannya juga cukup penting ada pada crane.


Meskipun ada juga crane yang tidak dilengkapi dengan roda alias permanen, tapi jelas crane dengan roda adalah crane yang lebih banyak diandalkan di banyak tempat. Alasannya karena crane dengan roda adalah crane yang bisa mudah dipindahkan, atau bisa dengan mudah diaplikasikan di banyak pengerjaan. Untuk lebih jelasnya mengenai crane bengkel roda, rekomendasi, hingga sebagainya, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Mengenal Segalanya dari Crane Bengkel Roda yang Memang Dibutuhkan Konstruksi


Crane yang dilengkapi dengan roda atau crane beroda, adalah crane yang memang pastinya memiliki kecepatan dan mobilitas tinggi yang dibutuhkan di banyak lingkungan konstruksi yang ada. Sehingga dengan begitu, crane roda adalah crane yang banyak juga dipilih banyak orang ketimbang crane tanpa roda atau crane permanen. Tidak semua crane dengan roda adalah yang terbaik, karena hanya beberapa saja yang terbaik dan memang sesuai untuk kebutuhan lingkungan konstruksi yang membutuhkan crane dengan roda agar bisa memperoleh kecepatan dan mobilitas yang dibutuhkan oleh konstruksi.


Nah beberapa rekomendasi crane dengan roda yang memang bisa memberikan kecepatan dan mobilitas yang dibutuhkan oleh lingkungan konstruksi, adalah crane roda seperti berikut ini:


Crawler Crane

Crawler crane merupakan pesawat pengangkat material yang biasa digunakan pada lokasi proyek pembangunan dengan jangkauan yang tidak terlalu panjang. Crane ini pastinya memiliki roda-roda rantai (crawler) yang dapat bergerak ketika digunakan pada berbagai medan di lingkungan konstruksi. Nah untuk bisa sampai ke lokasi, maka crawler crane akan diangkut menggunakan truk trailer ke tempat lokasi dengan membongkar bagian “Boom”, yang mana itu akan menjadi beberapa bagian kemudian dipasang kembali pada lokasi proyek.


Telescopic Crane

Berikutnya ada crane teleskopik atau Telescopic Crane. Telescopic Cranes dirancang sampai kapasitas 6 ton meter dengan konstruksi berbagai type dan aplikasi pemakaian kapal dengan mengacu kepada standar nasional (BKI) dan standar internasional (IACS member). Crane ini dapat dioperasikan secara simultan dua atau beberapa gerakan disertai sistem emergency sebagai pengaman, selain itu dapat dioperasikan secara manual (Emergency Hand Pump) untuk melepas rem pada winch dan slewing gear. Meski tidak memiliki roda, tapi crane ini jelas bisa memiliki roda bisa digabungkan dengan landasan yang sesuai yang ada pada truk.


Mobile Crane

Mobile crane adalah crane yang bisa menggunakan sistem internal hidrolik dan memungkinkan crane tersebut untuk mengangkut beban yang lebih berat. Biasanya, jenis derek ini digunakan untuk memindahkan trailer traktor atau peti kemas dengan beban yang berat. Derek ini bekerja dengan memanfaatkan kekuatan yang diberikan cairan di bawah tekanan. Cairan ini biasanya berbentuk oli ringan atau air. Sama dengan teleskopik, crane ini memiliki roda yang berada pada truk yang terpasang dengan crane ini.


Nah itulah crane bengkel beroda yang memang perlu Anda ketahui, baik pemahamannya, kelebihan, hingga beberapa rekomendasinya yang memang tepat dalam memberikan kecepatan dan mobilitas yang dibutuhkan di lingkungan konstruksi. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk crane hoist terbaik, Anda bisa dapatkan itu di produk Elephant Hoist and Crane yang ada di IndahJaya.com


bottom of page