top of page

Crane and Hoist Gantry vs Tower: Mana yang Lebih Cocok untuk Kebutuhan Anda?



Manusia merupakan makhluk hidup yang membutuhkan banyak kebutuhan untuk hidup, seperti makanan, minuman, dan kesehatan. Selain untuk kebutuhan diri sendiri, orang-orang pun juga memerlukan kebutuhan untuk pekerjaan atau kegiatannya dalam sehari-hari, seperti pada alat atau benda yang menunjang mereka dalam beraktivitas atau untuk keamanan serta pencapaian mereka. Nah faktanya, crane dan hoist pun termasuk sebagai bagian kebutuhan banyak orang.


Tujuan adanya crane dan hoist, merupakan alat bantu yang bisa membantu manusia dalam mengangkat berat benda berat dan juga banyak, yang mana itu sangat tidak memungkinkan dilakukan oleh 1 atau beberapa orang saja. Dengan perannya yang penting, crane hoist pun lahir dengan banyak jenis dan tipe, seperti yang akan kami jelaskan di artikel ini, yaitu perbandingan antara crane hoist gantry dengan crane hoist tower.


Perbandingan Antara Crane and Hoist Gantry VS Crane and Hoist Tower

Crane dan hoist memiliki banyak tipe yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, jadi antara crane hoist gantry dan tower, tentunya mereka memiliki cara kerjanya sendiri yang memang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Nah agar Anda tahu mana yang tepat untuk Anda andalkan, maka simak perbandingan kedua crane hoist tersebut di bawah ini dari informasi lengkap yang kami berikan!


Informasi Lengkap Mengenai Crane and Hoist Gantry

Gantry crane merupakan crane hoist yang terdiri dari rangkaian kerekan dan derek dengan support legs dengan roda yang cocok digunakan di luar ruangan. Gantry crane bisa Anda butuhkan jika Anda ingin crane hoist yang bisa berjalan di atas landasan rail di lantai. Namun perlu Anda perhatikan, bahwa pergerakan dari crane hoist ini sama dengan EOT Crane. Gantry crane sendiri tersedia dalam 2 tipe girder, yakni ada double girder dan single girder. Nah keduanya dapat dipasangkan dengan cantilever (penopang) pada sisi kiri dan kanan girder.


Jelasnya, crane hoist ini berupa seperti portal tinggi berkaki tegak, yang mana itu mampu dalam mengangkat benda dengan hoist yang dipasang di sebuah troli hoist dan dapat bergerak secara horizontal pada rel atau sepasang rel dipasang di bawah balok atau lantai kerja. Gantry crane juga memiliki jenis lain yang berbeda, seperti ada semi gantry crane rangkaian gantry crane tapi hanya memiliki satu support legs, lalu RTG crane yang memiliki rangkain hoist crane yang menggunakan support leg yang dilengkapi roda ban.


Informasi Lengkap Mengenai Crane and Hoist Tower

Tower Crane tentunya adalah alat pengangkat dan pemindahan material, yang mana ia bisa bekerja dengan prinsip kerja tali. Jika Anda berniat memilih tower crane, maka Anda memerlukan pertimbangan perencanaan yang matang, itu karena tower crane hanya bisa diletakkan secara tetap pada suatu lokasi selama aktivitas konstruksi akan atau sedang dikerjakan. Tower crane bisa menyesuaikan tinggi hingga mencapai lebih dari 100 meter sehingga tidak heran jika alat berat yang satu ini sangat berperan penting dalam pembangunan gedung-gedung tinggi.


Jadi intinya, tower crane merupakan alat berat yang berfungsi untuk memindahkan dan mengangkat material atau alat lainnya dengan jangkauan luas dan tinggi hingga 100 meter. Nah perannya tersebut nyatanya juga ada di beberapa jenisnya, yakni rail mounted tower crane yang bagian bawahnya di pasangkan pada rel, lalu ada juga tied-in tower crane yaitu crane yang memiliki tinggi mencapai 200 meter yang memiliki ciri khas pasa mast sectionnya. Kemudian ada jenis umum yang sering digunakan, yaitu free standing tower crane.


Nah itulah perbandingan crane and hoist gantry vs tower, yang mana bisa Anda simpulkan sendiri mana yang paling Anda butuhkan untuk kebutuhan Anda. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Jika Anda ingin memiliki atau mengganti crane hoist lama Anda dengan yang terbaik serta berkualitas, maka rekomendasi kami adalah Elephant Hoist and Crane yang ada di IndahJaya.com


Comments


bottom of page