top of page

Crane untuk Proyek Pembangunan: Mengoptimalkan Efisiensi dan Produktivitas



Pembangunan dikenal sebagai suatu proses perubahan sosial berencana, karena meliputi berbagai dimensi untuk mengusahakan kemajuan dalam kesejahteraan ekonomi, modernisasi, pembangunan bangsa, wawasan lingkungan dan bahkan peningkatan kualitas manusia untuk memperbaiki kualitas hidupnya. Tapi umumnya, pembangunan lebih dikenal sebagai suatu proses untuk menjadikan suatu konstruksi yang terencana dan terstruktur.


Dalam proses pembangunan yang ada di banyak proyek, maka selain persiapan dibutuhkan juga peralatan yang tepat, seperti salah satunya adalah crane. Memang pada dasarnya crane adalah alat yang dapat digunakan untuk lifting barang besar dan berat, sebagaimana itu sangat dibutuhkan dalam proses pembangunan di suatu proyek. Oleh karena itu, untuk proyek pembangunan, maka crane dibutuhkan untuk optimalkan efisiensi dan produktivitasnya.


Mengenal Crane untuk Proyek Pembangunan yang Optimal dan Efisien


Untuk optimalkan efisiensi kerja di suatu proyek pembangunan, atau untuk optimalkan produktivitas proyek pembangunan, maka pada proyek pembangunan pun harus dilengkapi dengan crane. Nah crane untuk proyek pembangunan yang bisa melakukan itu, antara lain itu adalah crane:


Tower Crane

Tentunya sudah umum jika memang crane satu ini adalah crane yang tepat di bidang proyek pembangunan. Alasannya karena crane satu ini memiliki tinggi yang cukup tinggi, yakni berkisar 70 sampai 80 meter. Kemudian dengan daya angkatnya yang bisa mengangkat material berat seberat 20 ton, maka tidak heran Tower Crane adalah crane yang bisa diandalkan di proyek pembangunan. Dengan crane ini maka proses pembangunan pun dapat terstruktur dengan benar, itu karena ciri dari crane ini yang berada di tempat pada pembangunan dikarenakan ditancapkan pada baut besar berkualitas tinggi.


Truck Crane

Truck crane atau mobile crane merupakan crane yang memiliki mobilitas yang sangat tinggi dan tepat untuk proyek pembangunan. Kelebihan dari truck crane atau mobile crane ini sendiri adalah dapat dibawa langsung ke lokasi proyek tanpa bantuan kendaraan pengangkut. Jadi dengan begitu maka tipe crane truck dapat dipasangkan langsung pada truk, sehingga dengan begitu bisa memiliki fleksibilitas untuk bergerak ke arah barang yang akan diangkut. Ciri khusus dari crane ini yaitu memiliki kaki (pondasi/tiang) yang dapat dipasangkan ketika beroperasi. Hal ini bertujuan agar ketika crane beroperasi, crane tersebut menjadi seimbang.


Crawler Crane

Sesuai dengan penamaan crane ini, Crawler Crane menggunakan roda-roda rantai (crawler), yang mana itu dapat berguna untuk melakukan mobilisasi. Dengan sistem kerja seperti itu, maka crane ini dapat digunakan di berbagai medan, bahkan medan yang sulit sekalipun. Namun walau sudah memiliki roda dan bisa bergerak, untuk sampai ke lokasi pembangunan pun crane ini sebenarnya masih perlu dibawa menggunakan kendaraan pengangkut seperti truk trailer atau yang lainnya yang kuat.


Hydraulic Crane

Karena tidak selalu berkaitan dengan pekerjaan berat, proyek pembangunan juga terkadang memiliki pekerjaan dengan skala yang mungkin cukup sederhana. Nah untuk itu, maka crane yang tepat adalah Hydraulic Crane. Jenis crane ini biasanya diletakkan pada satu titik dan tidak fleksibel untuk dipindah-pindahkan. Berbeda juga dengan crane lainnya, jangkauan dari crane ini sendiri tidak terlalu panjang dan hanya mampu berputar hingga 180 derajat saja.


Itulah artikel dari kami yang membahas crane untuk proyek pembangunan yang dapat optimalkan efisiensi dan produktivitas. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua. Bila Anda ingin memiliki crane dan hoist, maka yang terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane, Anda bisa mengetahui lebih lanjut hanya di IndahJaya.com


bottom of page