top of page

Ternyata Ini Daftar Peralatan Bengkel AC Mobil yang Harus Disiapkan Sebelum Buka Usaha



AC atau air conditioner, adalah sistem atau mesin yang memang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembaban suatu area yang memang menggunakan sistem pendinginan maupun pemanasan, alias yang tergantung pada sifat udara di waktu tertentu. Nah selain pada ruangan, AC juga ada diterapkan pada mobil, yang mana itu berguna untuk memberikan kesejukan bagi para penumpangnya.


Nah layaknya AC pada ruangan, AC pada mobil pun juga harus dirawat, yang mana tentunya itu bisa dilakukan di suatu bengkel yang memang mengkhususkan AC mobil. Bengkel AC mobil dan AC biasanya sebenarnya cukup berbeda, seperti salah satunya adalah peralatannya yang memang agak berbeda dengan AC biasa. Nah peralatan yang memang tepat untuk AC mobil adalah peralatan yang akan kami jelaskan di bawah ini!


Daftar Peralatan Bengkel AC Mobil yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuka Usaha

Flushing Machine

Adalah mesin yang berfungsi untuk menguras saluran sistem AC mobil dari kotoran dan sisa sisa oli. Hal itu penting, karena saluran dalam AC mobil akan menjadi bersih seperti layaknya kondisi baru.


Cooling Machine

Merupakan mesin yang berfungsi untuk membersihkan evaporator pada semua mobil tanpa melakukan pembongkaran dashboard. Sehingga dengan begitu maka tidak perlu memakan waktu lama. Kemudian alat ini bisa dilengkapi dengan alat ozonisasi yang bisa membunuh bakteri dan serangga yang ada di mobil.


Kunci Pas

Kunci pas adalah kunci dengan poros logam berbentuk segi enam yang ditekuk menjadi bentuk L untuk memberikan daya ungkit. Gunanya jelas untuk memasang atau melepas komponen mur segi enam pada AC mobil.


Kunci Ring

Merupakan kunci yang bentuknya berupa gabungan antara shank kunci pas dan ring yang keduanya memiliki ukuran sama. Nah guna dari kunci sangat penting pada beberapa pembongkaran yang ada di AC mobil.


Obeng

Karena biasanya di AC mobil terdapat beberapa komponen yang tersambung dengan baut atau sekrup, maka bengkel AC mobil pun juga harus memiliki obeng, alias obeng dari beberapa jenis serta ukurannya yang sesuai.


Tang

Gunanya untuk menjepit atau memberikan momentum yang keras dalam menarik atau melepas sesuatu. Walaupun kurang begitu dibutuhkan, tetapi tang sebenarnya harus ada di bengkel AC mobil. Karena besar kemungkinan alat ini akan digunakan untuk beberapa masalah yang ada di AC mobil.


Cutter

Cutter memang berguna untuk memotong, jadi adanya cutter di bengkel AC mobil sebenarnya penting adanya. Kegunaannya bisa untuk memotong kabel atau sambungan yang ada di AC mobil, ataupun sebagainya.


Pompa Vacuum

Seperti namanya, ia adalah sebuah alat yang berguna untuk mengeluarkan molekul-molekul gas dan uap air dari dalam sebuah ruangan AC mobil yang tertutup untuk mencapai tekanan vakum.


Alat Press Pipa

Namanya adalah alat press pipa, pasti jelas kegunaan dari alat ini adalah untuk press pipa. Karena AC mobil berkaitan dengan pipa, maka alat ini tentunya harus wajib ada di semua bengkel AC mobil.


Leak Detector

Dalam bahasa Indonesia, leak detector adalah alat yang berguna mendeteksi kebocoran. Nah karena umumnya AC mobil juga rentan mengalami kebocoran, maka dengan alat ini kebocoran apapun dapat teridentifikasi, yang mana itu bisa dengan mudah mengantisipasinya atau mengatasinya.


Thermometer

AC mobil berkaitan dengan suhu, jadi jika dingin maka dapat disimpulkan ada masalah. Nah cara mengukurnya adalah dengan alat yang bernama thermometer, yaitu alat pengukur suhu untuk mengukur suhu.


Multitester

Atau multimeter, adalah suatu alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur lebih dari 1 besaran listrik dan itu penting ada di bengkel AC mobil, mengingat AC mobil memang akan berkaitan dengan listrik.


Flaring dan Swaging Tool

AC mobil akan berkaitan dengan pipa, maka 2 alat ini juga perlu ada di bengkelnya. Flaring tool berguna untuk mengembangkan ujung pipa agar dapat disambung dengan sambungan berulir, sementara swaging tool adalah alat pengembang pipa.


Itulah berbagai peralatan penting yang harus ada di bengkel AC mobil, begitu juga perlu dipersiapkan sebelum membuka usaha bengkel AC mobil. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Jika Anda mencari perkakas yang bisa diandalkan, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami adalah Tenka yang ada di IndahJaya.com


Commentaires


bottom of page