top of page

Daur Ulang Limbah: Cara Terbaik untuk Membuang Limbah dengan Bertanggung Jawab dan Berkelanjutan



Tidak dipungkiri lagi, masalah limbah sudah menjadi masalah yang tak kunjung selesai, hal itu wajar karena memang kehidupan manusia masih erat dengan banyak proses produksi, yang mana itu bisa menghasilkan limbah. Nah limbah yang tercipta pun tidak selalu sama, melainkan terdiri dari 3 jenis, yaitu ada limbah organik, ada limbah anorganik, hingga limbah yang terkenal berbahaya dan beracun, yaitu limbah B3.


Ketiga jenis limbah yang ada pun sebenarnya perlu di daur ulang dengan tepat dan benar, hal itu agar limbah tidak mencemari lingkungan. Nah proses daur ulang pun pada dasarnya juga membutuhkan proses pembuangan pada limbah yang memang tidak bisa di daur ulang, yang mana caranya bisa Anda ketahui di artikel ini. Cara terbaik membuang limbah dengan benar dan tepat serta sangat bertanggung jawab, bisa Anda ketahui di bawah ini!


Inilah Cara Terbaik untuk Membuang Limbah yang Sejalan dengan Proses Daur Ulang


Proses daur ulang limbah juga turut menghadirkan pembuangan limbah, tapi bukan pembuangan yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Nah pembuangan limbah, perlu dilakukan dalam proses daur ulang, karena daur ulang akan menggunakan beberapa limbah, jadi yang tidak digunakan oleh proses daur ulang maka limbah tersebut harus dibuang. Nyatanya, limbah yang bisa digunakan kembali dalam daur ulang, adalah limbah anorganik yang memang padat dan keras, yakni dengan reuse, reduce, dan recycle.


Kemudian untuk organik, pastinya tiap komponen pada limbah tersebut memang sangat bisa berguna kembali untuk dijadikan sesuatu, seperti pupuk, pakan, hingga kerajinan tangan yang memang bernilai. Jadi proses pembuangan bagi limbah yang memang diperlukan dalam daur ulang, adalah dari limbah berbahaya dan beracun, yakni limbah B3. Nah untuk membuang limbah B3 atau mungkin limbah lainnya, maka cara yang benar dan tepat serta sangat bertanggung jawab adalah dengan melakukan:


Dengan Sumur Dalam

Merupakan metode pembuangan limbah yang memanfaatkan sumur dalam atau sumur injeksi yang digali hingga mencapai bagian bawah lapisan air tanah dangkal ataupun air tanah dalam.

Hal ini berguna untuk memastikan limbah tidak merembes dan mencemari air tanah, yang mana itu bisa menggunakan pipa yang kuat untuk mencapai lapisan batuan dalam.


Pipa tersebutlah yang nantinya bisa dijadikan sebagai jalur pembuangan limbah. Karena harus menggali sangat dalam, pembuatan sumur injeksi atau sumur dalam bisa sangat sulit. Contohnya seperti adanya beberapa pertimbangan sebelum pengeboran, begitu juga dengan rancangan sumur itu agar cukup kuat sehingga risiko terjadinya kebocoran bisa ditekan dengan sesuai.


Dengan Kolam Penyimpanan

Tentunya melakukan ini adalah dengan memanfaatkan kolam penyimpanan yang cukup banyak, yang mana itu bisa dilakukan oleh pabrik pengolahan limbah B3. Beberapa perusahaan yang sudah memiliki sistem pengolahan limbah sendiri juga memilikinya. Nah meski disebut kolam, kolam penyimpanan memiliki arsitektur yang berbeda jika dibandingkan dengan kolam biasa, yakni seperti ada lapisan khusus untuk mencegah merembesnya limbah.


Pengolahan limbah dengan menggunakan metode kolam penyimpanan ini akan semakin efektif jika ditempatkan di luar ruangan. Itu karena air limbah yang menguap akan menyisakan konsentrat senyawa B3 di bagian dasar. Namun meski demikian, air limbah yang menguap juga berpotensi mencemari udara. Jadi hal inilah yang harus diantisipasi saat menggunakan metode kolam penyimpanan limbah.


Dengan Landfill Khusus Limbah

Ini sebenarnya adalah metode pembuangan limbah dengan landfill yang dapat dilakukan dengan cara menimbun limbah B3 ke dalam lubang yang telah didesain secara khusus.

Lubang yang akan digunakan pun harus cukup kuat dan mampu menahan rembesan limbah. Nah limbah-limbah yang akan ditimbun pun sebelumnya harus dimasukkan ke dalam tong atau drum terlebih dahulu.


Selain memperhatikan arsitekturnya, landfill juga harus dilengkapi dengan peralatan monitoring. Peralatan monitoring tersebut haruslah cukup lengkap agar kondisi limbah bisa selalu terpantau. Sayang, karena biaya yang cukup mahal, maka metode ini hanya ada pada perusahaan-perusahaan besar atau perusahaan pengolahan limbah B3 yang ada.


Itulah daur ulang limbah yang membutuhkan proses pembuangan limbah yang tepat serta bertanggung jawab. Kiranya Anda pahami dan menjadi manfaat bagi semuanya. Dalam membuang beberapa jenis limbah, Anda bisa andalkan pompa celup Tsurumi, yang mana itu ada di IndahJaya.com


bottom of page