top of page

Simak Beberapa Fungsi HCL Untuk Kolam Renang yang Wajib Diketahui



Tidak hanya penting bagi kehidupan, air pun dapat juga dijadikan sebagai sesuatu yang dapat membawa kesenangan, yakni air dalam kuantitas banyak yang diubah menjadi suatu kolam. Konstruksi buatan yakni kolam renang, merupakan konstruksi yang memiliki banyak manfaat, yaitu untuk kesehatan karena bisa digunakan untuk berenang, hingga bisa dijadikan sesuatu pelengkap keindahan di suatu tempat.


Namun kolam renang yang sudah jadi pun tentunya harus dirawat dan diberikan perawatan yang tepat, hal itu agar kolam renang bisa menjadi suatu kolam renang yang memang layak pakai. Salah satu yang sangat penting ada di air kolam renang, yaitu adalah HCL untuk kolam renang. Apa itu HCL untuk kolam renang dan apa fungsinya bagi kolam renang? Untuk mengetahui itu semua, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Mengenal HCL Untuk Kolam Renang

Apa itu HCL? HCL itu adalah larutan akuatik dari gas Hidrogen Klorida, yang dikenal juga dengan Asam Klorida. HCl bisa dianggap sebagai senyawa yang memiliki berbagai fungsi untuk kehidupan. Perlu Anda ketahui juga, HCL juga merupakan bahan kimia yang harganya relatif murah di pasaran. Tetapi jika memang Anda menggunakan produk-produk yang mengandung HCl, maka sebaiknya Anda harus selalu berhati-hati dan menghindari kontak langsung, dikarenakan adanya sifat korosifnya.


Namun meski begitu, ada HCL yang memiliki fungsinya tersendiri yang sangat baik untuk kolam renang. HCL untuk kolam renang merupakan HCL bahan kimia yang berasal dari struktur molekul atom. Dimana struktur tersebut terdiri dari atom Hidrogen yang dilambangkan huruf H dan klorin atom yang disimbolkan Cl. Dikarenakan reaksi kimia yang terjalin antara H dan Cl bersifat elektronegatif, maka HCL pun akan larut di dalam air pada kolam renang.


Inilah Beberapa Fungsi dari HCL Untuk Kolam Renang

Berikut adalah beberapa fungsi dari HCL untuk kolam renang yang perlu Anda ketahui, terutama bagi Anda yang memang mempunyai kolam renang atau bertugas dalam merawat kolam-kolam renang yang ada.

  • Kegunaan HCL untuk kolam renang yang paling pertama adalah untuk menjaga kejernihan air pada kolam renang. Hal itu bisa terjadi karena memang HCL mampu menurunkan pH di dalam air. Tetapi pemberian HCL itu digunakan ketika treatment atau dalam kondisi kelebihan chemical.

  • Perlu diketahui, kolam air renang bisa tetap bersih dan terjaga kelembaban airnya apabila memiliki stabilitas (pH). Sementara pH ini dipengaruhi oleh cuaca dan chemical yang kurang seimbang. Jadi dengan begitu, maka dengan HCL yang digunakan untuk menstabilkan pH akan membuat airnya tak akan keruh dan bisa kembali jernih. Untuk mewujudkannya, maka HCL bisa dicampur bersama air kolam renang di sebuah wadah lalu dituangkan di kolam renang tersebut.

  • HCL pun secara tidak langsung menjadi faktor penting bagi perawatan kolam renang yang baik, karena memang kolam renang yang baik dinilai dari adanya perawatan menggunakan HCL. Pada kolam renang, HCL bisa digunakan untuk menjaga airnya supaya tetap bersih dan jernih. Seperti yang diketahui, kolam renang yang tak terawat seringkali menjadi keruh dan kotor dikarenakan lumut, alga atau ganggang, dedaunan, dan lain sebagainya.


Jadi itulah yang perlu Anda ketahui mengenai HCL untuk kolam renang. Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda semua. Nah kolam renang yang bersih dan sehat pun juga terjaga dengan pompa celup, yang mana rekomendasi terbaik dan berkualitasnya adalah pompa celup Tsurumi yang ada di IndahJaya.com


bottom of page