Informasi Lengkap Tentang Fungsi Obeng Ketok dan Digunakan Untuk Apa Saja



Dalam menggabungkan beberapa komponen, pastinya baut bisa digunakan. Itu karena baut memang adalah alat yang dapat menggabungkan beberapa komponen dan menjadi satu bagian yang memiliki sifat tidak permanen. Baut juga bisa dianggap sebagai batang atau tabung yang membentuk alur heliks atau tangga spiral di bagian permukaan. Namun untuk memasang baut, diperlukan dudukan baut dan juga pastinya obeng.


Nah bicara mengenai obeng, tentunya obeng itu memiliki banyak jenis dan ragamnya, itu karena baut juga tidak hanya terdiri dari 1. Namun obeng tidak selalu harus berkaitan dengan baut yang sama, karena ada obeng yang bisa digunakan untuk baut tertentu saja, yaitu seperti contoh pada obeng yang bernama obeng ketok. Anda yang penasaran ingin tahu lebih mengenai obeng ketok, maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Apa Itu Obeng Ketok?

Obeng ketok bukan obeng yang menyerupai ketokan, tetapi itu adalah obeng yang berkaitan dengan cara pakainya, yaitu memang diketok. Jelasnya, obeng ketok atau bisa dipanggil dengan Impact driver, adalah alat yang digunakan untuk mengencangkan atau melepas sekrup atau baut dengan kekencangan yang lebih. Obeng tersebut juga dapat diaplikasikan dengan cara memutar gagang obeng ke arah mengencangkan atau mengendorkan, lalu kemudian menahan dengan tetap menekan, selanjutnya ujung gagang obeng dipukul dengan alat pukul seperti palu.


Kegunaan Obeng Ketok yang Perlu Anda Ketahui

Obeng ketok merupakan obeng yang terbuat dari material logam dan juga berukuran lebih besar, dimana pasti itu akan membuatnya cenderung lebih berat daripada obeng lain. Nah selain kegunaannya yang dapat digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut atau sekrup, obeng ketok juga dapat digunakan untuk sesuatu yang besar. Nah sesuatu besar tersebut tentunya masih berkaitan dengan baut atau sekrup, dimana obeng ketok memang dikhususkan untuk melepaskan atau mengencangkan sekrup atau baut yang besar.


Mengapa ia bisa digunakan untuk mengencangkan atau melepaskan sekrup atau baut yang besar? Itu karena obeng ketok memiliki mekanisme penggerak yang dapat memberikan gaya rotasi yang juga kuat, sehingga tidak heran obeng tersebut lebih bertenaga daripada obeng lain. Selain itu, apabila ada baut atau sekrup yang memang sulit dibuka karena keras atau adanya korosi yang menahan, maka obeng satu ini bisa dijadikan sebagai obeng alternatif yang bisa digunakan untuk hal tersebut.


Obeng ketok memang menarik, karena perlu anda tahu bahwa obeng tersebut juga terdapat socket khusus yang dapat membuatnya mengganti mata obeng dengan mudah dan pastinya bisa sesuai untuk kebutuhan. Nah oleh karena itu, obeng ini sering juga ditemukan di beberapa tempat, seperti bengkel misalnya, itu karena obeng ini memiliki kemudahan yang dapat dibongkar pasang mata obeng secara kebutuhan, seperti ukuran obeng minus atau plus.


Nah itulah yang perlu anda pahami mengenai obeng ketok, baik itu pemahaman obeng itu sendiri dan juga pengenalan fungsinya. Menyimak artikel ini pastinya bisa membuat anda semakin tertarik untuk mempunyai obeng, oleh karena itu jika memang demikian, maka obeng terbaik dan berkualitas yang akan kami rekomendasikan adalah produk dari Tenka. Mengenai Tenka, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Sekian dari kami, tentunya artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dalam memahami serta mengenal lebih lagi mengenai Obeng ketok. Oleh karena itu, jangan lupa share artikel ini kepada yang lainnya, hal itu agar mereka juga bisa dapat paham mengenai obeng ketok dan juga kegunaannya obeng ketok.