Mengenal Lebih Jauh Tentang Traction Block Serta Kegunaannya



Mengendarai kendaraan bukan hanya sekedar handal di jalan lurus saja, melainkan perlu juga skill dalam kepresisian mobil saat macet, berhenti, dan bahkan kemampuan dalam jalanan yang memiliki tanjakan. Kebanyakan kendaraan ataupun pengendara, mereka akan lemah ketika harus menanjak, apalagi jika tanjakan tersebut sangat curam. Nah ketika itu terjadi, maka ban pastinya akan spin, lalu tidak jarang itu akan stuck.


Untuk menghadang atau mengantisipasi ban spin atau stuck saat tanjakan atau pada lubang, maka diperlukan sistem yang bisa membantu akan masalah tersebut. Nah sistem tersebut adalah topik yang akan kami jelaskan kepada anda di artikel ini, ya dia adalah Traction Block. Mengenai apa itu Traction Block dan apa saja kegunaannya, semua itu bisa anda ketahui dengan menyimak artikel ini selengkapnya!


Apa Itu Traction Block?

Traction block merupakan suatu sistem komunikasi yang biasa ada pada kendaraan, dimana ia memiliki cara kerja yang akan mengeluarkan sensor untuk mendeteksi apakah kendaraan ada satu roda atau lebih yang jalannya lebih cepat daripada roda yang lainnya. Jika memang ada, maka sistem alat tersebut akan menentukan kecepatannya, sehingga sistem tersebut sangat dibutuhkan bagi suatu kendaraan, terutama di keadaan kendaraan yang berada dalam suhu iklim subtropis.


Untuk lebih jelasnya kami akan berikan contohnya, yaitu jika ada sebuah mobil yang berhenti di tanjakan tetapi roda belakang sebelah kanan terhambat dan hanya bisa spin karena akibat tanah yang licin atau lain sebagainya. Nah tentunya masalah tersebut akan membuat roda yang satunya yaitu roda belakang sebelah kiri, pastinya tidak bisa berputar karena semua tenaga akan dialirkan ke roda bagian kiri mobil tersebut, tetapi lain cerita jika kendaraan tersebut adalah 4WD.


Nah ketika masalah tersebut terjadi, maka peran Traction Block disini sangat diperlukan. Itu karena Traction Block memiliki fungsi atau kegunaan yang berguna untuk membagi tenaga kendaraan lebih ke roda yang memang bermasalah untuk berjalan, dimana ia akan memberi tenaga lebih pada roda kiri semetara kanan hanya sedikit saja. Tentunya dengan konsep tersebut, maka kendaraan bisa menstabilkan putaran roda sesuai dengan tenaga yang memang dibutuhkan.


Inilah Fungsi dan Kegunaan dari Traction Block

Berikut adalah fungsi dan kegunaan dari Traction Block yang sudah kami rangkum, dimana itu agar anda lebih jelas dan tahu tentang Traction Block.


  • Tentunya anda yang sudah tahu apa itu Traction Block, pastinya anda akan sadar bahwa memang fungsi utama dari Traction Block adalah sistem yang bisa membagi tenaga pada roda yang memang membutuhkan. Sehingga dengan begitu putaran roda akan terbagi sesuai dengan putaran yang saling membantu.

  • Fungsi dan kegunaannya jelas adalah untuk tanjakan, itu karena sistem pada Traction Block akan membuat putaran roda tepat pada suatu tanjakan, sehingga dengan begitu tidak akan menciptakan spin yang berlebih pada suatu roda, baik itu FWD atau RWD.

  • Traction Block bisa menyeimbangkan tenaga pada putaran roda, jadi dengan begitu maka suatu kendaraan akan stabil pada putaran roda yang benar, dimana itu cocok sekali untuk jalanan bebatuan.

  • Traction Block juga dapat menahan roda yang kehilangan kendali melalui rem, sehingga dengan begitu maka tenaganya dapat menyebar secara merata ke bagian roda penggerak suatu kendaraan.

  • Selain itu perlu anda ketahui, traction block pada kendaraan akan berfungsi sebagai pengerem langsung ke sistem pengereman roda, itu karena rem roda belakang itu sendiri akan mencegah understeer dan rem roda depan akan mencegah oversteer.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui tentang sistem traction block, baik pemahamannya maupun fungsi serta kegunaannya. Semoga bermanfaat bagi anda dan juga yang lainnya, dengan cara anda share artikel ini melalui media yang ada. Bilamana anda tertarik dengan Crane, maka rekomendasi kami adalah Elephant Crane and Hoist, yang dimana itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com