top of page

Generator Adalah Alat Multifungsi, Seperti ini Cara Rawatnya


Generator Adalah Alat Multifungsi, Seperti ini Cara Rawatnya

Generator adalah sebuah mesin yang digunakan untuk memastikan pasokan listrik tetap stabil atau sebagai pengganti pasokan listrik utama. Mesin ini dapat digunakan sehari-hari sesuai kebutuhan. Untuk ukurannya berbeda tergantung kapasitas daya dihasilkan.


Generaor atau disebut juga genset (generator set) memiliki fungsi dan manfaat utama menyediakan daya listrik. Mesin ini biasanya menggunakan bahan bakar atau tenaga pembangkit lainnya seperti gas, turbin atau tenaga surya.


Misalnya di rumah dapat menggunakan mesin yang berukuran kecil. Sedangkan, untuk penggunaan seperti di pabrik, perusahaan dan fasilitas umum lainnya, biasanya memiliki ukuran yang sangat besar.


Kelebihan yang akan didapatkan pada saat menggunakan genset ini adalah Anda akan tetap menikmati listrik meskipun sedang tindakan dan aliran dari PLN. Terdapat beragam jenis generator yang bisa digunakan.


Semakin canggihnya teknologi saat ini, jenis genset juga semakin bervariasi dengan fungsi yang semakin baik juga. Terdapat banyak jenis mesin yang satu ini mulai dari ukurannya raksasa hingga kecil. Dari penggunaan konvensional adapula yang portable. Ini dibagi dari bahan bakar yang digunakan.


Beberapa Cara Rawat Generator Adalah


Sebagai sebuah mesin, alat ini adalah alat yang perlu dirawat agar tahan lama dan awet dalam penggunaanya. Apalagi, jika dilihat harga dari alat cukup mahal. Untuk itu, sangat penting untuk memberikan perawatan yang tepat. Berikut ini cara perawatannya.


Taruh di Tempat Benar


Tempat untuk menaruh generator adalah hal penting untuk diingat. Kriteria tempat yang harus digunakan untuk menyimpan alat ini adalah tidak dekat dengan sumber air. Harus juga terlindung dari sinar matahari.


Selain itu, Anda perlu mempersiapkan tempat penyimpanan rata dan kuat untuk menopang mesin. Ini dimaksudkan agar tetap aman dan terjaga dari berbagai hal tidak diinginkan.


Sirkulasi Udara Saat Dioperasikan


Hal kedua untuk merawat generator adalah memastikan sirkulasi udara baik pada saat mengoperasikan mesin. Selain untuk menjaga mesin agar tidak memiliki suhu yang terlalu tinggi, hal ini juga berguna untuk kesehatan Anda.


Mesin menggunakan bahan bakar diesel yang akan mengeluarkan zat ke udara. Gas tersebut tidak baik untuk kesehatan. Jadi, jika ingin digunakan pastikan sirkulasi di tempat tersebut tetap terjaga.


Mengganti Spare Part Jika tidak Lagi Bekerja Optimal.


Jika mendapati generator bekerja tidak seperti biasanya dan terdapat keanehan seperti getaran terlampau kuat atau suara sangat bising perlu diperhatikan. Hal ini bisa saja terjadi masalah generator adalah pada spare partnya.


Agar lebih aman dapat segera menghubungi teknisi yang lebih berpengalaman untuk mengatasi masalah pada mesin. Jangan lakukan penggantian spare part seindiri jika tidak paham betul cara pemasangannya.


Membersihkan Generator Secara Rutin


Cara untuk menjaga kinerja dan tampilan generator adalah dengan rutin membersihkannya. Pembersihan sangat penting agar tidak ada komponen yang mengganngu alat tersebut. Lakukan pembersihan pada bagian radiator dan bagian lainnya dengan seksama.


Memanaskan Generator


Memanaskan mesin generator merupakan tindakan dapat dilakukan secara teratur agar mesin tetap awet. Lakukan pemanasan minimal 1 hingga 2 kali seminggu secara rutin. Dengan begitu, kualitas mesin akan lebih terjaga dan tahan lama digunakan. Tidak perlu memakan waktu terlalu lama dalam memanaskan mesin. Cukup lakukan dalam hitungan menit.


Memiliki mesin genset dapat membantu berbagai aktivitas sehari-hari. Misalnya Anda memiliki usaha dengan kebutuhan listrik terus menerus. Generator adalah solusi untuk mendapatkan pasokan listrik.

Comentários


bottom of page