top of page

Gunting Besi Tajam: Mengapa Kegunaannya Tak Bisa Diabaikan dalam Proyek Kerajinan?



Kerajinan atau kriya adalah hobi atau pekerjaan yang membutuhkan kemampuan dan pengetahuan tertentu untuk menciptakan karya secara terampil. Orang yang menggeluti bidang ini disebut perajin atau pengrajin, tetapi pada zaman sekarang banyak juga disebut sebagai artisan. Nah tentunya dalam proses proyek kerajinan, bukan hanya pengetahuan dan keterampilan saja yang dibutuhkan, melainkan juga ada peralatan.


Dalam melakukan proyek kerajinan untuk menciptakan suatu karya tangan, maka dibutuhkanlah beberapa peralatan, seperti salah satunya yang memang sangat penting adalah gunting. Gunting merupakan alat yang memang tajam, itu karena memang alat tersebut yang memang diperuntukan untuk memotong bagian atau benda tertentu menjadi beberapa bagian. Untuk memahami dan mengenal gunting tajam, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Informasi Mengenai Gunting Tajam yang Sangat Berguna dalam Proyek Kerajinan


Mengenal Gunting Tajam

Gunting adalah alat pemotong yang tentunya sudah umum atau banyak orang tahu, itu karena memang alat tersebut adalah alat yang dapat digunakan dengan tangan untuk tugasnya. Gunting digunakan untuk memotong bahan yang tipis, seperti kertas, kertas karton, kertas logam, tekstil, tali, kabel, atau lain sebagainya yang memang memungkinkan gunting untuk bisa memotongnya. Tentunya gunting akan lebih baik daripada pisau untuk beberapa penggunaan, seperti memotong artikel koran maupun gambar, berbeda dengan pisau yang kemungkinan memotong dengan hasil yang berantakan.


Ada banyak ukuran, jenis, serta variasi gunting tajam yang bisa Anda dapatkan atau peroleh, yang mana tiap bentuk, ukuran, dan mata pisaunya dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan. Contohnya seperti untuk tanaman adalah gunting besar, begitu juga gunting kecil yang memang khusus untuk medik, atau sebagainya yang dapat disesuaikan dengan cara kerja serta fungsinya.


Kegunaan Gunting Tajam yang Berguna dalam Proyek Kerajinan

Banyak alat potong yang ada saat ini, seperti pisau, golok, cutter, bahkan gunting. Namun yang paling efektif, efisien untuk digunakan adalah gunting. Alasanya karena gunting dapat digunakan secara 1 tangan dengan melibatkan 2 jari secara menjepit agar gunting dapat bisa memotong. Gunting bisa memotong dikarenakan gunting memiliki 2 mata pisau yang pastinya tajam, yang mana ketika 2 mata pisau tersebut saling bertemu maka itu akan memotong bagian benda yang bisa dipotong.


Dengan penggunaannya tersebut, maka tidak heran jika gunting sangat diandalkan di proyek kerajinan. Hal tersebut karena umumnya kerajinan yang menghasilkan karya merupakan kerajinan yang melibatkan benda-benda masuk akal untuk dipotong, layaknya kertas, karton, dan sebagainya. Apabila pada proyek kerajinan menggunakan pisau, maka pastinya hasil potongan dari pisau tidak akan baik, karena memang pisau hanya diperuntukan pada pemotongan tertentu, seperti di dapur atau lain sebagainya yang tidak memerlukan presisi potongan yang tepat.


Jadi alat potong yang paling diandalkan dan tak bisa diabaikan di suatu proyek kerajinan adalah gunting, itu karena selain ringan dan dibawa kemana saja, gunting ternyata cenderung lebih aman bahkan daripada cutter. Mengapa demikian? Karena ujung gunting cenderung tumpul dibandingkan dengan cutter yang memang tajam, sehingga dengan begitu ujung tumpul tersebut tidak akan bisa melukai. Begitu juga dengan mata pisaunya yang terhalang dengan arah lawan dari mata pisaunya sendiri.


Itulah artikel dari kami yang membahas mengenai gunting tajam yang ternyata berguna dalam proyek kerajinan. Sekian dari kami semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas untuk Anda adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


bottom of page