Beragam Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Menggunakan Pompa Celup atau Submersible



Dalam setiap penggunaan teknologi dan mesin atau alat, pastinya perlu diketahui cara pengoperasiannya yang tepat, hal itu agar tidak timbul masalah atau kerusakan yang lebih lanjut pada suatu objek pengoperasian tersebut. Namun sebelum dioperasikan, ternyata perhatian pada suatu objek yang ingin digunakan juga tidak kalah penting dan berguna dari cara pengoperasiannya yang tepat.


Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum beroperasi, adalah pada alat atau mesin pompa celup atau pompa submersible. Dan untuk mengetahui hal wajib yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan pompa celup atau pompa submersible, bisa anda ketahui lebih lengkapnya di bawah ini. Oleh karena itu silahkan anda simak artikel ini selengkapnya!

Hal Wajib yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Pompa Celup

  • Sebelum menghidupkan pompa submersible atau pompa celup, maka pastikan pompa celup benar-benar berada sepenuhnya terendam di dalam air. Hal itu karena memang pompa submersible atau pompa celup memang didesain untuk direndam di dalam air, jadi apabila digunakan ketika dalam keadaan kering dalam waktu yang lama maka itu dapat merusak pompa.

  • Perhatikan lampu indikator pada pompa celup anda, karena lampu indikator yang ada di pompa berguna untuk memberikan informasi tentang kinerja pompa. Apabila pompa celup anda bekerja normal ataupun ada masalah, maka nantinya akan ada lampu indikator yang menyala untuk memberikan tanda atau informasi awal tentang kondisi sistem pompa celup tersebut.

  • Jangan lupa untuk selalu periksa besar tegangan yang keluar dari rangkaian panel surya, pastikan tegangan sesuai dengan batas yang bisa diterima oleh controller. Meski controller pompa sudah dilengkapi dengan perlindungan dari over voltage, alangkah lebih baik jika tetap diperiksa manual untuk memastikannya. Tentunya itu dilakukan untuk memastikan apakah rangkaian panel surya bekerja normal atau tidak.

  • Ketika hendak menyalakan pompa celup, maka perhatikan untuk beberapa saat indikator controller yang menunjukkan pompa bekerja normal atau tidak.

  • Apabila anda menemukan adanya indikator yang menyala merah atau indikasi lain pompa tidak bekerja baik, maka hentikan dan matikan pompa lalu segeralah perbaiki dengan menggunakan teknisi dari produk masing-masing.

  • Panel kontrol pada pompa biasanya dirancang hanya untuk digunakan bersama mesin penggerak/ motor yang sejenis. Jadi anda jangan gunakan motor pompa jenis lainnya, ketika menggunakan controller yang tidak sama. Karena jika demikian, maka pompa bisa berpotensi tidak bekerja dengan baik atau normal.

  • Gunakan aksesoris pengaman tambahan untuk perlindungan sistem pompa submersible atau pompa celup yang anda punya. Aksesoris tambahan yang kami maksud bisa berupa sensor sumur, sensor tandon, breaker DC, sun sensor, dan lain sebagainya.

  • Jauhkan sistem pengontrol dari air atau objek berbahaya, meskipun controller bawaan memang sudah kuat dan didesain sedemikian rupa.

  • Pastikan anda jangan pernah melepaskan kabel, apalagi jika mesin pompa sedang menyala dan beroperasi. Anda yang ingin cabut kabel, maka terlebih dahulu matikan pompa terlebih dahulu, dan pastikan kabel dalam kondisi kering saat mau dimatikan atau dinyalakan.

  • Periksa apakah sumber air bebas dari berbagai macam benda padat seperti kayu, pasir, lumpur, atau bahkan besi dan sebagainya yang keras.

  • Anda perlu gunakan konektor jenis MC4, dimana itu untuk penyambungan kabel panel surya agar sambungan lebih aman. Namun untuk sambungan kabel lainnya pastikan menggunakan pengaman seperti lem kabel atau metode yang lain.

  • Anda perlu sekali usahakan agar sistem pengontrol terhindar dari sinar matahari langsung, dan pastikan juga sirkulasi udaranya bagus agar pompa tidak terlalu panas.

Itulah beragam hal yang wajib anda perhatikan sebelum menggunakan pompa celup atau pompa submersible. Anda tertarik ingin memiliki pompa celup? Jika anda tertarik, maka kami rekomendasikan untuk miliki pompa celup merk Tsurumi. Nah pompa Tsurumi adalah pompa berkualitas dan juga terbaik, yang mana bisa anda miliki dan ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Sekian artikel pada kesempatan kali ini, besar harapan kami agar anda mengerti dan paham tentang beberapa hal wajib yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan pompa celup atau submersible pump. Anda bisa bagikan artikel bermanfaat dari kami ini kepada yang lainnya, dengan harapan agar mereka dan yang lainnya juga dapat manfaat dari artikel ini.