Harga Klem Selang Berbeda-beda, Ini Penyebabnya


Harga Klem Selang Berbeda-beda, Ini Penyebabnya

Klem selang atau clamp selang menjadi salah satu komponen yang mudah ditemukan sekarang ini. Penggunaannya sekarang ini bukan hanya digunakan untuk masyarakat luas, namun juga digunakan untuk industry pabrik.


Jika dulunya untuk mendapatkan clamp selang berkualitas Anda harus melakukan pemesanan di pabrik, sekarang ini clamp selang bisa dengan mudah dibeli secara online. Clamp selang sebenarnya merupakan pengikat yang memiliki peran menjaga sambungan.

Dengan menggunakan clamp selang ini, sambungan tidak akan mudah dilepaskan, sehingga air atau cairan dapat mengalir dengan lancar. Clamp selang sendiri bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Komponen ini juga bisa digunakan di sector industry, pelabuhan bahan di dunia otomotif.


Penyebab Harga Klem Selang Berbeda-beda


Ketika Anda ingin melakukan pembelian clamp selang, pasti Anda sering melihat harga yang berbeda-beda. Selisihnya juga bisa dikatakan sangat lumayan. Sebenarnya, ada berbagai macam hal yang menjadi penyebab harga clamp selang ini berbeda-beda, berikut beberapa diantaranya:


Ukuran


Hal pertama yang menjadi pembeda harga klem selang adalah masalah ukuran. Berbeda ukuran, akan berbeda juga harga yang dimiliki.


Seperti yang kita ketahui, ada berbagai macam ukuran dari clamp selang ini. Ada clamp selang dengan ukuran ½”, ada juga clamp selang dengan ukuran 5/8”, bahkan ada clamp selang yang memiliki ukuran 7/8”.


Perbedaan ukuran ini digunakan agar clamp selang bisa disesuaikan penggunaannya. Semakin besar ukuran clamp selang yang akan Anda beli, tentu saja harga yang dimiliki akan menjadi semakin mahal.


Sayangnya, tidak sedikit orang yang memilih clamp selang dengan ukuran besar, karena beranggapan clamp selang ini dapat diatur ukurannya.


Padahal, meskipun clamp selang bisa diatur ukurannya, akan lebih baik memilih clamp selang yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan, sehingga nantinya harga juga akan lebih murah.


Spesifikasi


Bukan hanya masalah ukuran. Spesifikasi yang dimiliki klem selang juga menjadi pembedanya. Contohnya saja seperti clamp selang yang menggunakan bahan stainless steel dengan baja.


Clamp selang dengan menggunakan bahan stainless steel biasanya harganya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan baja.


Selain itu ketahanan clamp selang juga menjadi pembedanya. Tidak sedikit pabrik yang berani menjamin jika klem selang yang mereka miliki mampu bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.


Tentu saja dengan klaim ini, harga yang mereka berikan bisa lebih mahal dibandingkan dengan clamp selang yang hanya memberikan garansi beberapa tahun saja.


Banyaknya pembelian


Banyaknya pembelian klem selang juga akan memberikan pengaruh harga. Semakin banyak jumlah clamp selang yang akan Anda beli, harga yang diberikan pada Anda akan menjadi semakin murah.


Tempat melakukan pembelian juga berpengaruh. Jika Anda membeli di toko, tentu saja harganya akan berbeda dengan melakukan pembelian secara langsung di distributor, atau bahkan di website perusahaan.


Merek


Hal terakhir yang menjadi pembeda harga klem selang adalah masalah merek. Ada berbagai macam merek clamp selang yang ada sekarang ini.


Jika ingin mendapatkan harga yang murah, Anda bisa memilih merek baru atau merek standar. Biasanya merek standar memberikan harga yang bersaing.


Namun, jika ingin benar-benar mendapatkan kualitas yang terbaik, Anda dapat memilih merek yang terkemuka, namun tentu saja harga yang harus dibayarkan akan lebih mahal.


Sebenarnya, untuk pemilihan harga ini, yang paling penting adalah clamp selang tersebut nantinya harus terstandar SNI. Sehingga, keamanan penggunaannya akan terjamin dengan baik.


Memilih harga memang harus diperhatikan dengan baik. Namun jangan sampai hanya karena memperhatikan harga, Anda tidak memperhatikan kualitas yang dimiliki klem selang.