top of page

Hoist Rantai Manual: Alat Sederhana dengan Kegunaan Luar Biasa



Manual dikenal sebagai suatu dokumen komunikasi teknis yang bertujuan memberikan bantuan untuk penggunaan suatu sistem, terutama dikaitkan dengan peranti elektronik serta perangkat keras dan lunak komputer. Namun manual dalam artian di suatu pengemudi atau penggerak, adalah sistem yang digerakan secara sendiri, berbeda dengan sistem otomatis yang segalanya berjalan dengan sendirinya dari tenaga mesin atau sistem.


Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, sistem manual pun kini sudah mulai tergantikan dengan sistem otomatis, seperti pada kendaraan, internet, bahkan juga pada alat-alat layaknya hoist. Namun meski begitu, masih banyak sistem manual yang masih menjadi pilihan utama banyak orang, seperti salah satunya adalah hoist dengan rantai manual. Hoist rantai manual adalah alat sederhana yang ternyata masih memiliki banyak kegunaannya.


Informasi Mengenai Hoist Rantai Manual yang Menjadi Alat dengan Banyak Kegunaan


Mengenal Hoist Rantai Manual

Hoist rantai manual adalah hoist yang cara menggunakannya mengandalkan cara manual, yakni dengan rantai. Nah alat ini merupakan alat angkat yang dapat mengangkat atau menurunkan barang menggunakan rantai sebagai tali pengangkat. Meski dikenal dengan manual, bukan berarti pengerjaan dari alat ini sepenuhnya manual alias dengan tenaga sendiri. Hoist rantai manual merupakan perangkat mekanis sederhana yang bisa diaplikasikan oleh Anda dan tim untuk menarik atau mengangkat objek/benda.


Alat ini sendiri bahkan terdiri dari berbagai macam ukuran dan bentuk yang mencakup bentuk canggung, berat, tajam, dan besar. Produk ini bisa diaplikasikan untuk industri konstruksi, minyak dan gas, serta juga bisa untuk sektor pertambangan. Hoist ini menggunakan sistem transmisi roda gigi dan rantai untuk mengangkat beban dalam memastikan proses pengangkatan berjalan lancar. Tentunya itu akan adanya gesekan yang mencegah terjadinya beban tergelincir atau menyebabkan cedera pada operator.


Sistem Kerja Hoist Rantai Manual yang Memiliki Kegunaan Luar Biasa

Hoist rantai manual merupakan peralatan yang sederhana tapi efektif digunakan oleh Anda dan tim di banyak pekerjaan. Itu karena alat ini memiliki cara kerja yang berbeda dari electric chain hoist dengan perbedaan utama yaitu dioperasikan secara manual. Hoist manual biasanya dijalankan dengan menggunakan tenaga manual, yakni dengan tarikan dalam memakai bantuan tenaga manusia. Dalam hoist ini ada rantai tertutup yang bentuknya melingkar sehingga bisa mengangkat beban atau benda, mirip seperti roda. Selain itu, ada juga sejumlah katrol besar dan kecil, yang mana saat menarik beban maka rantai mesti ditarik.


Untuk lebih jelasnya, maka berikut adalah panduan dalam menggunakan hoist rantai manual yang benar agar Anda tidak salah dalam menggunakannya dalam pekerjaan Anda:


  • Menggunakan hoist ini bisa dengan teknologi gigi, yang mana itu berfungsi untuk menggandakan kekuatan pada chain hoist.

  • Saat rantai yang Anda gunakan dioperasikan memakai tangan, maka diperlukan operator yang akan menarik rantai. Itu adalah mekanisme dari operasi gigi ketika mengubah rantai pada katrol.

  • Ketika katrol sudah berubah, maka rantai pun akan menjadi terasa berat. Umumnya rantai tersebut memiliki pengait atau hook yang ada di bagian ujungnya dan akan bergerak turun.

  • Saat hendak menarik rantai di lingkaran yang berukuran kecil, maka hoist rantai manual akan meningkatkan kekuatan atau tenaga. Hal tersebut dikarenakan rasio gigi yang terdapat pada sistem kerja manual hoist itu sendiri.

  • Untuk pekerjaan mekanis seorang operator memiliki sistem kerja yang serupa seperti yang dilakukan pada sistem rantai angkat beban.


Sekian sudah artikel dari kami yang membahas mengenai hoist rantai manual yang memiliki kegunaan yang luar biasa. Kiranya Anda pahami serta jadi manfaat bagi semuanya. Untuk hoist atau crane terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane, Anda bisa mengetahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page