Inilah 7 Cara dan Tips Pemasangan Selang Hidrolik yang Tepat!


Inilah 7 Cara dan Tips Pemasangan Selang Hidrolik yang Tepat!

Memasang selang hidrolik secara tidak tepat dapat membuat hal-hal buruk terjadi. Fatalnya dapat merusak dan terjadi adanya kebocoran. Maka dari itu Anda sebagai pengguna bijak harus tahu aturan dalam cara dan tips pemasangan selang hidrolik yang benar. Berikut ini penjabarannya!


Begini Cara dan Tips Pemasangan Selang Hidrolik


Dalam pemasangan selang hidrolik yang tepat, Anda tentunya harus memperhatikan banyak hal. Agar Anda bisa melakukan pemasangan selang hidrolik secara mudah, Anda bisa menyimak cara dan tips memasang selang hidrolik di bawah ini dengan seksama.


1. Pemasangan Selang Tidak Boleh Tegang dan Kaku

Pertama dalam melakukan pemasangan selang hidrolik, pastikan selang tidak kaku atau tegang. Sebab, pemasangan selang yang kaku dan tegang dapat memungkinkan terjadinya kebocoran pada selang.


Oleh sebab itu, pastikan dalam pemasangan selang terdapat celah atau jarak tertentu, sehingga saat mendapatkan tekanan suhu yang panas selang dapat mengembang dan saat mengalami penurunan suhu, selang dapat menyusut. Dengan begitu tidak menimbulkan kerusakan dan membuat pecah pada selang.


2. Pemasangan Selang Tidak Boleh Saling Menyimpul

Kedua, dalam pemasangan selang hindari selang untuk tidak membentuk simpul atau menyimpul.


Biasanya, permasalahan ini terjadi ketika memasang selang yang terlalu panjang ataupun selang yang tidak sesuai dengan standar. Hal ini akan membuat kerusakan pada selangnya, sebab saling memukul.


3. Pemasangan Selang Tidak Boleh Melintir

Selanjutnya, pastikan pula Anda tidak melakukan pemasangan selang yang membuatnya melintir. Jal ini dapat membuat selang terlepas dari fitting-nya saat beroperasi bahkan dalam proses pemasangannya. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan klem sebagai solusinya.


4. Pemasangan Selang Tidak Boleh Yang Bergesekan

Ketika melakukan pemasangan klem atau bracket pada selang dengan kondisi jauh dari bagian yang bergerak atau bagian yang memiliki ujung tajam, Anda bisa mengatasinya dengan melindungi selang menggunakan spiral selang, wire spring ataupun guard hose.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi adanya gesekan antara selang satu dan lainnya.


5. Jangan Melakukan Pemasangan di Area Panas

Jika Anda sedang melangsungkan pemasangan selang, sebaiknya Anda menghindari area yang panas, jauhkan selang dari area panas seperti benda muffler, engine exhaust manifold dan lainnya. Jika tidak dapat melakukannya, Anda bisa menghindarkan selang dari paparan panas secara langsung.


6. Pemasangan Selang Tidak Boleh Bengkok

Pastikan Anda melakukan pemasangan selang secara tepat, tidak bengkok ataupun selang yang menekuk tajam.


Sebab, jika selang dalam kondisi bengkok atau bertengkuk tajam ini dapat mengakibatkan aliran turbulen yang akhirnya membentuk sudut kecil.


Terkait radius kebengkokan selang tergantung pada konstruksi, ukuran serta tekanan pada sistem hidrolik.


Selang membengkok mungkin boleh saja, asal tidak melebihi radius yang ditentukan sehingga selang menekuk tajam. Khususnya selang fleksibel bukan selang dengan tipe fitting.


7. Mengikat Klem Pada Selang Hidrolik

Tahap terakhir dalam proses pengikatan selang dengan menggunakan klem atau media lain. Pastikan Anda mengikat klem pada selang yang sudah terpasang dengan kencang.


Sebab tadi, jika Anda tidak memasang klem secara tepat dapat membuat selang bergerak dan tersentak karena mendapati tekanan atau beban tinggi.


Demikianlah cara dan tips memasang selang hidrolik yang dapat Anda lakukan. Dengan ini Anda bisa menggunakannya dengan aman dan nyaman. Nah, jika Anda membutuhkan selang hidrolik yang berkualitas Anda bisa mendapatkannya sekarang juga dari PT. Indah Jaya selaku perusahaan distributor alat teknik di Indonesia. Klik tautan berikut ini untuk info lebih lanjutnya INDAHJAYA.COM