Inilah Inspirasi Kolam Ikan Nila yang Bisa Anda Tiru dan Modifikasi



“Nile Tilapia” atau biasa disebut sebagai ikan Nila, merupakan sejenis ikan air tawar yang bisa di konsumsi. Nila sendiri diintroduksi dari Afrika, tepatnya Afrika bagian timur di tahun 1969. Dan kini Nila menjadi ikan peliharaan yang populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia sekaligus hama di setiap sungai dan danau di Indonesia.


Banyak masyarakat yang memelihara ikan Nila, tetapi tidak sedikit juga yang menjadikan ikan Nila sebagai usahanya untuk dibudidayakan. Pada kesempatan kali ini, kami memiliki beberapa inspirasi kolam ikan Nila yang bisa anda tiru ataupun modifikasi, dimana inspirasi dari kami cocok untuk anda yang ingin memelihara ikan Nila ataupun membudidayakan ikan Nila.


Inilah Beberapa Inspirasi Kolam Ikan Nila yang Bisa Anda Tiru dan Juga Modifikasi

1. Kolam Ikan Nila dengan Menggunakan Tembok

Ikan Nila adalah ikan yang sangat bisa bertahan pada beberapa lingkungan, sehingga desain kolam ikan simple saja mampu menjadi lingkungan yang baik bagi ikan Nila. Seperti dengan menggunakan kolam ikan Nila yang terbuat dari tembok, dimana anda bisa membuat kolam ikan berbentuk persegi atau persegi panjang, dan itupun masih bisa anda modifikasi sesuai dengan yang anda mau.

2. Kolam Ikan Nila dengan Menggunakan Terpal

Terpal kini menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan sebagai kolam ikan, dan terutama untuk budidaya ikan. Kolam ikan Nila dari Terpal sebenarnya adalah pilihan yang terbaik, karena selain hemat biaya, kolam ikan Nila dari terpal juga mudah untuk dibuat, dan pastinya mudah dipindahkan karena air tertampung dalam terpal. Meski begitu, kolam ikan Nila dari terpal juga beresiko tinggi pada kerusakan, dan juga pencurian ikan Nila.

3. Kolam Ikan Nila di Sawah

Karena ikan Nila adalah ikan air tawar, dan juga ikan yang mudah beradaptasi, maka ikan Nila bisa hidup di lingkungan sawah. Namun bukan pengertian menaruh ikan Nila di sawah, melainkan membuat kolam ikan Nila di dekat lingkungan sawah. Nah pada sawah yang anda punya, anda bisa membuat kolam ikan dari beberapa petak pada sawah, tetapi perlu diingat anda juga perlu membatasi batas antara sawah dan juga kolam ikan Nila.

4. Kolam Ikan Nila Menggunakan Aquarium

Sudah seharusnya memang ikan ditaruh dalam akuarium, jadi bukanlah hal yang aneh apabila anda mengandalkan konsep aquarium pada kolam ikan Nila yang ingin anda buat. Kolam ikan Nila dengan menggunakan kaca atau aquarium sebenarnya terlalu biasa, tetapi hal tersebut bisa anda modifikasi dengan banyak kreasi yang anda inginkan. Selain itu, dengan konsep tersebut maka anda juga bisa melihat ikan Nila anda yang ada dalam air.

5. Kolam Ikan Nila dengan Menggunakan Bebatuan

Kolam ikan Nila bisa anda buat dengan mengandalkan bahan-bahan dari alam, seperti yang paling sering adalah dengan mengandalkan bebatuan. Nah anda bisa membuat kolam ikan Nila dari bebatuan, dimana bentuk dan ukurannya bisa anda sesuaikan sesuai yang anda inginkan. Selain itu, kolam ikan Nila dari bebatuan adalah kolam yang bisa anda tingkatkan ataupun modifikasi sesuka anda, karena memang pada dasarnya saja kolam ikan dari bebatuan adalah sesuatu yang sudah indah.


Jadi itulah beberapa inspirasi kolam ikan Nila yang bisa anda tiru dan juga modifikasi, baik untuk budidaya ataupun kolam peliharaan. Tentunya setiap inspirasi kolam ikan Nila, pastikan anda gunakan pompa seperti pompa celup, yang mana rekomendasi terbaiknya adalah pompa celup Tsurumi tipe Landscape. Kalian bisa coba kunjungi IndahJaya.com untuk detail dan keterangan lebih lanjut pompa Tsurumi.