Istilah Working Load Limit dalam Crane yang Apa Saja Bahayanya?



Dalam dunia kerja, pastinya akan banyak pengertian yang berbeda dengan pekerjaan lain pada umumnya, jadi pengertian di tempat kerja satu tidak sama dengan pengertian di tempat kerja dua, dan seterusnya. Selain pengertian, keadaan kerja juga berbeda dan perlu untuk masing-masing pekerja pertimbangkan, dimana salah satunya adalah keadaan yang bernama “Working Load Limit”.


WLL atau Working Load Limit juga bisa diartikan sebagai istilah ataupun pengertian, dimana biasanya WLL atau Working Load Limit akan bersangkutan dengan alat bernama Crane. Tentunya bagi yang mempunyai Crane atau belum, masih banyak ditemukan yang belum mengerti istilah dari Working Load Limit, padahal tentunya itu adalah istilah yang sangat perlu diketahui. Maka dari itu bagi anda yang ingin tahu atau belum tahu, maka simak artikel ini agar anda tahu apa itu Working Load Limit.

Mengenal Istilah dari Working Load Limit yang Perlu Anda Ketahui Lebih Jelasnya

Working Load Limit atau WLL, bisa anda bilang juga sebagai suatu batas beban kerja, yaitu batas dari suatu beban Statis maksimum yang ditentukan oleh Standard yang tertera. Dan standar tersebut bisa dari Manufaktur atau fabricator, atau bisa juga dari sebuah alat atau perangkat yang digunakan untuk mengangkat, menurunkan atau menggantung sesuatu beban. Tentunya kapasitas WLL akan ditujukan dan ada, dimana sebagai sebuah ukuran untuk penyeragaman atas batas umum beban kerja.


Jadi pada Batas beban Kerja atau WLL tersebut harus dipatuhi dan tidak boleh dilampaui, sehingga dengan begitu maka kekuatan kerja dapat dikontrol, dimonitor dan aman untuk digunakan oleh siapa saja. Pada setiap alat bantu untuk angkat berat, sebenarnya memang sudah dirancang untuk menaikkan, menurunkan atau menggantung suatu beban, tetapi itu harus dalam beberapa standar dengan ukuran yang memang sudah ditentukan oleh dokumen dan sebagainya. Dan jika dilanggar maka akan ada berbagai masalah, baik untuk anda hingga juga orang lain.

Bahaya Jika Melanggar Working Load Limit yang Perlu Anda Ketahui

Tentunya setiap standar harus di sesuaikan, dan jangan sampai melebihi dari ukuran yang sudah ditentukan, layaknya pada Working Load Limit. Nah apabila anda dengan sengaja atau tidak sengaja melanggar Working Load Limit atau WLL pada suatu Crane, maka bahayanya adalah sebagai berikut:

  • Crane yang melebihi Working Load Limit atau WLL, bisa membuat Crane terbalik dengan berat yang sedang di angkut, dimana itu jelas bisa membuat kerusakan pada batang laju Crane ataupun bisa pada tumpuan Crane itu sendiri.

  • Selain Crane bisa terbalik, rantai, tali, ataupun yang mengangkut bisa saja terputus karena beban yang berlebih dari Working Load Limit.

  • Jelas bahaya paling berbahaya dari Working Load Limit atau WLL yang berlebih, adalah kerugian. Dimana WLL yang berlebih bisa berpotensi besar pada lifting yang gagal, sehingga objek lifting akan jatuh tertimpa Crane atau jatuh rusak karena gravitasi yang jatuh dari atas.

  • Working Load Limit atau WLL yang berlebih, bisa berpotensi pada bahaya kecelakaan bagi manusia, terutama pada sekitar Crane. WLL yang tidak sesuai dengan standar, akan membuat lifting jatuh dan bisa berpotensi melukai banyak orang, dan bisa juga merenggut nyawa orang-orang yang ada di sekitar Crane itu sendiri.

Jadi itulah Working Load Limit atau WLL yang perlu anda ketahui dan juga ikuti dengan benar. Tentunya mengetahui beberapa pemahaman WLL diatas, pastinya tidak akan membuat anda tidak tertarik untuk menggunakan Crane bukan? Nah bagi anda yang ingin mengganti Crane atau sekedar ingin memiliki Crane, maka kami rekomendasikan yang terbaik yaitu Elephant Hoist and Crane. Dan untuk produk tersebut, maka kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Selesai sudah artikel kami kali ini, yang mana membahas tentang Working Load Limit atau WLL, yang tentunya jelas bisa sebagai penambah wawasan anda tentang Crane dan juga WLL. Untuk semakin bermanfaat maka anda bisa bagikan artikel ini kepada yang lainnya, dimana bisa anda share melalui media yang ada dan tersedia.