Jangan Sampai Salah! Inilah Fungsi AVR pada Genset


Jangan Sampai Salah! Inilah Fungsi AVR pada Genset

Sekarang ini, mesin-mesin genset umumnya sudah dilengkapi dengan AVR di dalamnya. Namun masih banyak orang yang tidak mengetahui fungsi AVR pada genset terutama bagi orang-orang non teknik. Sehingga wajar jika banyak yang tidak tahu atau kurang akrab dengan jenis komponen pada genset yang satu ini.


Padahal, AVR merupakan bagian yang sangat penting dan menjadi salah satu jantung komponen dari mesin genset.


Sehingga keberadaan komponen yang satu ini tidak boleh diabaikan jika Anda ingin mendapatkan genset yang berkinerja maksimal.


Apa Itu AVR pada Genset?


Sebelum membahas lebih jauh terkait dengan fungsi-fungsi AVR pada mesin genset, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui apa itu AVR. Tujuannya adalah agar bisa lebih mengenal dan mengetahui komponen yang satu ini secara lebih lengkap.


AVR merupakan akronim dari Automatic Voltage Regulator atau pengatur tegangan otomatis pada genset. Perlu Anda ketahui bahwa komponen ini merupakan bagian paling penting yang mengatur tentang kinerja dan juga usia dari generator itu sendiri.


Ketika AVR tidak berfungsi secara maksimal maka komponen-komponen lainnya pun akan bisa terpengaruh. Bahkan komponen lainnya pun bisa saja mati dan tidak berfungsi yang pada akhirnya mengakibatkan mesin genset menjadi rusak.


Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga dan merawat bagian komponen bernama AVR ini. Pastikan kalau generator set yang Anda miliki tersebut dilengkapi dengan teknologi AVR yang berkualitas agar kinerjanya pun optimal.


Fungsi AVR pada Genset


Setelah mengetahui apa itu AVR pada genset, Anda pun perlu tahu tentang fungsi yang dimiliki komponen genset tersebut. Sebagai informasi, berikut adalah Fungsi AVR pada Genset yang perlu Anda ketahui.


1. Fungsi AVR pada Genset: Menyeimbangkan Voltage Generator

Fungsi utama dari AVR adalah melakukan penyeimbangan tegangan listrik dalam suatu genset ketika alat tersebut dihadapkan pada beban listrik yang selalu berubah.


Jadi ketika genset tersebut dihadapkan pada beban kerja dengan tegangan yang tidak stabil maka genset pun akan menyesuaikan tegangan secara otomatis.


Sehingga tegangan yang dimiliki oleh genset pun bisa menjadi lebih stabil dalam operasionalnya. Ketika beban daya listrik yang dihasilkan tidak stabil maka bisa memberikan dampak yang sangat negatif.


Dampak negatif tersebut tidak hanya bisa berdampak pada generator set saja namun juga pada perangkat elektronik yang lainnya. Sehingga alat-alat tersebut pun bisa semakin rentan mengalami kerusakan akibat daya yang tidak stabil.


Dengan adanya AVR maka penggunaan genset akan lebih aman karena daya yang dihasilkan pun menjadi lebih stabil. Sehingga tegangan yang masuk ke perangkat elektronik pun sesuai dengan kebutuhan dan juga spesifikasinya.


2. Membuat Operasional Genset Lebih optimal

Secara tidak langsung, AVR juga bisa membuat operasional genset menjadi semakin optimal. Ketika AVR berada dalam kondisi yang masih baik maka kinerja mesin genset pun akan menjadi lebih stabil dan juga optimal.


Selain itu, ketika AVR berfungsi dengan baik dan normal maka daya tahan genset pun akan menjadi lebih lama. Sehingga usia pemakaian alat tersebut pun menjadi lebih maksimal tanpa perlu harus khawatir dengan kestabilan daya yang dihasilkan.


Itulah beberapa Fungsi AVR pada Genset yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang membutuhkan mesin generator set, Indah Jaya Group adalah solusi terbaik yang bisa dipertimbangkan. Jadi tunggu apa lagi? Kunjungi Indah Jaya sekarang juga dan dapatkan genset terbaik untuk kebutuhan Anda.