top of page

Inilah Jenis Kayu yang Digunakan Sebagai Perkakas yang Wajib DIketahui



Perkakas pada dasarnya adalah alat yang bisa untuk digunakan dalam memahat, mengukir, memasang komponen atau melepasnya, ataupun sebagainya yang tidak bisa dilakukan dengan tangan kosong. Nah dari kegunaannya tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa perkakas itu adalah alat yang terbuat dari material yang keras, seperti besi, logam, dan sebagainya yang biasa ada pada obeng, palu, atau jenis perkakas lainnya.


Namun selain terdapat bahan material keras, beberapa perkakas pun ada yang terbuat dari kayu. Bukan perkakasnya, tepatnya untuk grip atau gagang dari suatu perkakas, contoh gagang palu, obeng, sekop, dan lain-lain. Beberapa perkakas yang dilengkapi dengan gagang, biasanya akan menggunakan gagang yang terbuat dari kayu, yang mana kayu-kayu tersebut bisa Anda ketahui jenisnya di artikel ini!


Inilah Jenis Kayu yang Biasa Digunakan Sebagai Bahan untuk Membuat Perkakas

Kayu Jati

Merupakan kayu bermutu tinggi dari jenis pohon besar, berbatang lurus, yang dapat tumbuh mencapai tinggi 50-70 m. Selain itu, pohon ini berdaun besar, yang luruh di musim kemarau. Jati dikenal dunia dengan nama teak, yaitu nama yang berasal dari kata thekku dalam bahasa Malayalam, bahasa di negara bagian Kerala di India selatan.


Kayu Pulai

Adalah kayu yang berasal dari jenis tanaman pulai, yang mana itu bernilai cukup tinggi karena memiliki kayu berwarna putih polos, lunak, dan ringan. Pulai merupakan jenis tanaman kehutanan yang termasuk dalam kategori fast growing species dan termasuk tanaman yang toleran terhadap berbagai jenis tanah dan habitat.


Kayu Ramin

Kayu ramin tentunya adalah kayu yang dipanen dari tanaman bernama ramin. Nah tanaman tersebut hanya dapat tumbuh di hutan tropis, hal itu karena tanaman ramin hanya dapat tumbuh subur di dataran rendah atau rawa dan campuran antara tanah gambut dan rawa.


Kayu Sungkai

Sungkai merupakan salah satu jenis kayu yang saat ini sudah mulai cukup banyak diminati oleh masyarakat. Dikarenakan kayu ini bisa dimanfaatkan oleh pabrik perabot rumah tangga seperti lemari, meja, kursi hingga lantai kayu ataupun pada perkakas. Selain itu, kayu sungkai juga bisa digunakan untuk membuat kusen, daun pintu, daun jendela, pintu garasi, dan lain-lain.


Kayu Sonokeling

Kayu sonokeling bisa digunakan untuk membuat perkakas seperti gagang perkakas, hal itu karena kayu tersebut adalah salah satu jenis kayu keras. Berat dari kayu sonokeling berada di kisaran 0.77 hingga 0.86, sehingga dari berat tersebut terdapat kurang lebih sekitar 15 persen kandungan air. Nah untuk teksturnya, kayu sonokeling memiliki bentuk yang cukup halus.


Kayu Keruing

Kayu keruing atau keruing Gunung (Dipterocarpus retusus), adalah salah satu jenis kayu khas dari daerah tropis. Faktanya, tumbuhan ini menyebar dari India, Burma, Vietnam sampai Indonesia. Di negeri ini dapat ditemukan di Aceh, Bali, Lombok, Sumbawa dan Jawa bagian barat. Keruing umumnya berupa pohon berukuran sedang sampai besar.


Kayu Bayur

Bayur, bayor atau wadang (Pterospermum javanicum) adalah sejenis pohon penghasil kayu pertukangan berkualitas baik, sehingga tidak heran jenis kayu ini bisa diandalkan untuk pembuatan perkakas dan sangat diandalkan untuk pertukangan yang ada di Indonesia. Pohon ini nyatanya hanya biasa didapati di dataran rendah.


Kayu Durian

Adalah kayu dari pohon durian, yaitu kayu yang bersifat ringan, rapuh, serta memiliki tingkat keawetan dan kekuatan rendah, tapi sayangnya kayu ini sangat mudah diserang oleh rayap. Umumnya kayu durian dimanfaatkan untuk pembuatan peralatan rumah tangga, bahan pengemasan, dan juga konstruksi ringan karena mudah dipotong dan dibentuk, serta tidak lupa juga bisa untuk pembuatan perkakas.


Kayu Suren

Kayu suren atau yang memiliki nama ilmiah Toona Sureni, merupakan salah satu jenis kayu yang cukup disukai oleh masyarakat. Bisa diandalkan untuk pembuatan perkakas, hal itu karena Surian atau suren adalah beberapa jenis tumbuhan anggota genus Toona, suku Meliaceae, yang mana ia dikenal sebagai penghasil kayu berkualitas baik.


Kayu Mahoni

Mahoni adalah anggota suku Meliaceae yang mencakup 50 genera dan 550 spesies tanaman kayu. Lalu kayu mahoni sendiri merupakan salah satu jenis kayu yang tak asing lagi di Indonesia, terutama dalam penggunaannya sebagai material furniture, serta untuk pembuatan perkakas.


Jadi itulah beberapa jenis kayu yang bisa digunakan untuk pembuatan perkakas. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki perkakas terbaik dan berkualitas, maka perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com bisa menjadi pilihan utama Anda semua.


Comentários


bottom of page