Daftar Lengkap Jenis Obeng dan Fungsinya yang Wajib Diketahui



Obeng merupakan salah satu alat yang pastinya alat wajib ada dalam beberapa sektor, seperti di bengkel, service elektronik, dan lain sebagainya. Nah hal itu karena memang obeng bisa berguna untuk membuka dan memasang baut pemasang pada suatu benda atau objek yang ada. Namun satu obeng tentunya tidak bisa digunakan untuk semua baut atau sekrup, karena baut atau sekrup juga memiliki jenis dan ragamnya.


Nah karena baut atau sekrup memiliki jenis dan ragamnya, maka obeng pun juga demikian sama, hal itu agar obeng bisa digunakan sesuai dengan baut atau sekrup yang tepat. Oleh karena itu, bagi anda yang belum tahu jenis-jenis obeng yang ada saat ini, maka anda bisa mengetahuinya dengan menyimak artikel ini. Maka dari itu, yuk simak artikel kami ini selengkapnya!


Inilah Daftar Lengkap Jenis Obeng dan Fungsinya yang Wajib Diketahui


Obeng Plus

Obeng plus atau obeng kembang atau obeng philips, adalah obeng yang tentunya ujung sekrup pada obeng tersebut berbentuk seperti namanya, alias plus. Nah karena itu, maka sudah jelas obeng yang paling sering ditemukan ini pastinya obeng yang bisa digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut yang memiliki kepala ulir plus.


Obeng Minus

Berbeda dengan plus, obeng minus pastinya memiliki ujung yang memiliki sekrup berbentuk minus, sehingga dengan begitu ia bisa dikenal sebagai obeng flathead. Nah kegunaan dari obeng ini sama dengan plus, cuman perbedaannya adalah baut atau sekrup yang harus minus.


Obeng Ratchet

Obeng ini berbentuk seperti pistol, dengan gagangnya yang dapat menyimpan mata sekrup yang dilengkapi dengan sekrup pipih, sok dan kembang. Keunggulan sistem obeng ini, adalah penyetelan dan pemasangan satu arah cepat tuntas, sedangkan kekurangannya hanya pada bagian penyetelannya yang cepat aus.


Obeng Torx

Atau obeng bintang, adalah obeng yang digunakan untuk fungsi keamanan, dan juga cocok di bidang komersial. Namun dasarnya, obeng bintang tentunya memiliki kegunaan yang sama dengan obeng lain, yaitu mengencangkan dan mengendorkan baut atau sekrup yang sesuai dengan bentuk kepala sekrup obeng bintang.


Obeng Elektrik

Merupakan obeng yang mempunyai kegunaan yang sama dengan hampir semua obeng yang ada. Namun perbedaannya hanyalah kepraktisannya saja, itu karena obeng elektrik menggunakan tenaga elektrik dalam melakukan pengerjaan memasang dan mencopot suatu baut yang terpasang.


Obeng Hex

Adalah obeng yang memiliki pegangan atau tim. Nah jenis ini juga memiliki material logam dengan ukuran kecil dan enam sisi yang ditekuk menjadi bentuk-L dan tidak memiliki kepala. Obeng hex sendiri biasanya termasuk di dalam paket pembelian furniture dan juga pada perlengkapan perawatan sepeda.


Obeng Robertson

Nah obeng ini adalah obeng yang sebenarnya tidak umum ada di Indonesia, tetapi jenis ini banyak digunakan oleh orang Kanada. Itu karena obeng ini memiliki daya tahan yang hebat, lalu untuk sekrup kepala persegi yang mudah ditemukan di industri otomotif dan furniture.


Obeng Clutch Head

Merupakan obeng yang mempunyai slot menyerupai dasi kupu-kupu. Nah pada versi yang lebih lamanya, obeng satu ini memiliki reses melingkar di tengah, dan sering dijadikan alat untuk digunakan pada alat-alat yang sudah tua.


Obeng Fleksible

Ini merupakan obeng yang menyerupai pulpen, dengan desain yang simple dan unik. Obeng fleksibel dilengkapi dengan dua mata sekrup pipih dan kembang, dan obeng tersebut dapat digunakan keduanya dengan cara melepas mata sekrup dan membaliknya, hal itu karena mata obeng ini dipasang secara bolak-balik.

Daftar Lengkap Jenis Obeng dan Fungsinya yang Wajib Diketahui

Obeng Tri Point

Atau obeng segitiga, adalah obeng yang memiliki bilah bermata tiga yang menyerupai set Y pada sudut 120 derajat yang sama. Nah sekrup ini sendiri sangat populer di dunia elektro dan sulit untuk dimanipulasi tanpa driver yang benar.


Jadi itulah beragam jenis obeng yang bisa anda ketahui, begitu juga dengan ciri dan kegunaannya. Semoga bermanfaat untuk anda dan juga yang lainnya, dalam mengetahui segala macam obeng. Bilamana anda tertarik untuk mempunyai obeng terbaik dan berkualitas, maka perkakas tersebut adalah Tenka, yang mana bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com