Jenis Pompa Celup Sesuai Kegunaan


Jenis Pompa Celup Sesuai Kegunaan

Air merupakan sumber kehidupan bagi seluruh umat manusia, tidak heran jika keberadaan air menjadi poin utama bagi setiap orang. Kebutuhan air di masyarakat tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari namun juga berbagai kegiatan seperti pertanian maupun kegiatan industri. Namun, faktor geografis menjadi salah satu penyebab sulitnya mencukupi kebutuhan air. Sehingga alat pompa menjadi pilihan masyarakat. Hal ini menyebabkan banyaknya jenis-jenis pompa celup yang hadir di kalangan masyarakat.


Pompa celup atau biasa dikenal dengan pompa submersible merupakan salah jenis pompa yang cara menggunakannya dibenamkan ke dalam air. Pompa ini dapat bekerja dengan cara mendorong air ke permukaan dengan perangkat impeller yang berputar. Untuk dapat berputar harus menggunakan motor listrik yang berada di dalam bodi pompa. Pompa jenis ini memiliki berbagai jenis sesuai kegunaan. Bagi anda yang ingin membeli simak terlebih dahulu jenis-jenis pompa celup yang sesuai dengan kebutuhan anda.


Jenis-Jenis Pompa Celup Sesuai Kegunaan


Pompa Sumur Dalam

Salah satu jenis pompa celup yang banyak digunakan dimasyarakat adalah jenis pompa sumur dalam. Pompa jenis ini mudah untuk diperbaiki dan diperbaharui. Agar dapat bekerja pompa ini harus dicelupkan kedalam air sepenuhnya.


1. Pompa Stainless Steel

Pompa jenis ini terbuat dari bahan stainless steel dan titanium sehingga pompa ini mampu mengatasi cairan yang dapat menyebabkan korosi atau karat seperti air laut karena jenis ini memiliki ketahanan yang lebih kuat dibanding pompa jenis lainnya.


2. Pompa Hisap Bawah

Jenis pompa celup yang satu ini cocok digunakan untuk danau, penambangan dewatering, kolam dan sungai karena mereka telah dirancang dengan pelindung lengan di bawah pompa. Untuk pemasangan pompa ini cenderung lebih mudah untuk dievaluasi dibandingkan dengan jenis pompa lain.


3. Pompa Minyak Isi

Bagi anda yang membutuhkan pompa yang dapat digunakan dalam pengangkatan air di sumur, irigasi lahan pertanian, bukit perumahan maupun sistem drainase pasokan air industri pompa jenis ini sangat cocok untuk digunakan. Karena pompa jenis ini diisi dengan oli menggunakan motor imersi yang juga diisi oleh oli.


Pompa ini juga dapat digunakan di daerah dingin karena minyak yang terdapat di bagian dalam tidak dapat beku. Pompa ini dapat memindahkan air bersih dari danau, kolam ataupun sungai.


4. Pompa Aliran Campuran Dan Aksial

Untuk jenis pompa yang satu ini banyak digunakan dalam bidang drainase baik drainase selokan, ataupun kontrol luapan pembuangan kotoran. Untuk kebocoran dapat diperpanjang dengan sistem triple seal.


3 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Pompa Celup


Bagi anda yang ingin membeli atau sedang mencari tau tentang pompa celup ada beberapa hal yang anda harus perhatikan sebelum membelinya


1. Motor Pompa

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah mesin motor penggerak dari pompa tersebut. Motor yang berfungsi sebagai penggerak mengubah energi listrik menjadi energi mekanis untuk memutarkan impeller. Sehingga anda harus memperhatikan kualitas motor pompa tersebut agar tidak sering terjadi kerusakan.


2. Impeller

Hal lain yang harus anda perhatikan adalah impeller. Impeller merupakan sebuah alat yang berbentuk menyerupai baling-balik dan berfungsi untuk menciptakan energi kinetis pada air melalui putaran yang disalurkan dari motor. Ketika impeller bergerak maka secara otomatis air akan tersalurkan melalui bagian sisi hisap setelah itu akan disalurkan ke bagian pembuang.


3. Volute

Alat satu ini berfungsi sebagai tempat berputarnya impeller selain itu juga berfungsi sebagai pengarah air agar mengalir kebagian sisi pembuang.


Itulah jenis-jenis pompa celup dan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum anda membeli pompa celup. Bagi anda yang ingin membeli pompa celup terbaik dan terpercaya bisa kunjungi Indahjaya.com. Anda dapat berkonsultasi sebelum membeli.