Jenis Selang Air Berdasarkan Bahan Serta Tips Memilihnya


Jenis Selang Air Berdasarkan Bahan Serta Tips Memilihnya

Sebagian besar orang, di rumahnya pasti mempunyai selang air untuk mengalirkan air dari satu tempat ke tempat lain. Walaupun mempunyai fungsi yang sama, namun selang memiliki berbagai macam jenis berbeda.


Setiap jenisnya juga memiliki kekurangan serta kelebihannya sendiri-sendiri. Mulai dari sisi keefektifan, sisi harga. Serta sisi kegunaan dan lain sebagainya. Anda tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget Anda.


Namun, tips memilih selang tidak hanya itu saja. Ada beberapa hal lain yang harus dipertimbangkan sebelum memilih. Agar tidak salah pilih, dan bisa sesuai dengan yang diinginkan.


Jenis Selang Air Berdasarkan Bahan


Sebelum memilih selang, ketahui dulu berbagai macam jenis berdasarkan bahannya. Sebab meskipun terlihat sama, semuanya memiliki berbagai macam jenis yang berbeda. Anda cukup menyesuaikan dengan kebutuhan.


1. Jenis selang PVC

Jenis selang satu ini bisa dibilang paling banyak digunakan oleh sebagian besar orang. Bahan PVC ini hampir mirip dengan karet. Namun PVC lebih ringan dibandingkan karet, harganya juga lebih murah.


Tidak hanya itu kelebihan PVC, PVC juga ringan dibawa dan mudah dirapikan. Jadi tidak heran apabila banyak yang menggunakannya. PVC ini mempunyai 2 jenis, yaitu berwarna dan juga transparan.


2. Jenis vinyl

Jenis selang air kedua adalah vinyl. Sama halnya seperti PVC, vinyl ini juga sering digunakan oleh sebagian besar orang. Karena harganya murah dan juga ringan, jadi mudah dibawa kemana saja.


Walaupun tidak sekuat karet, jenis vinyl ini terbilang cukup kuat dan juga awet untuk penggunaan yang tidak terlalu sering. Namun, hal itu tergantung dari bagaimana perawatannya.


3. Bahan stainles steel

Bila dibandingkan dengan bahan lain, stainles steel ini lebih kuat. Bahan stainlis steel ini sering dipakai untuk mengalirkan air bertekanan tinggi. Hal itu disebabkan karena bahannya yang sangat kuat.


Selang air berbahan stainlis ini mudah dijumpai di berbagai tempat. Meskipun tergolong bahan paling kuat, stainles steel ini sangat ringan dan elastis. Seperti pada pencucian kendaraan dan pemadam kebakaran.


Tidak berkarat walaupun dialiri air dalam jangka waktu cukup lama. Sering digunakan untuk mengalirkan air hangat atau panas dari water heater. Namun apabila terkena benturan dan penyok, harus ganti baru.


4. Berbahan karet

Seperti diketahui, karet adalah bahan yang mudah sekali diaplikasikan dengan alat apapun termasuk selang air. Sama seperti bahan vinyl dan PVC, bahan karet ini juga paling banyak digunakan sebagian besar orang.


Disebabkan karena bahannya yang awet, lentur serta kuat. Namun berbeda dengan kedua bahan tersebut. Bahan karet ini mempunyai bobot yang berat dan harganya juga lebih mahal.


Selang jenis ini sering kali digunakan pada daerah yang iklimnya mudah sekali berubah. Sehingga, bisa dibilang jenis satu ini lebih efisien bila dibandingkan dengan jenis lainnya.


Tipa Memilih Selang Air yang Sesuai


Anda kini sudah mengerti jenis selang berdasarkan bahannya. Sekarang, Anda perlu mengetahui juga, bagaimana tips yang benar dalam memilihnya. Karena, Anda tidak bisa serta merta memilih hanya karena menarik saja.


1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Tips pertama, ketahui dulu fungsi dari masing-masing jenis tersebut. Apabila Anda telah mengetahuinya, pilihlah jenis yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun pastikan bahwa yang Anda pilih sesuai dengan budget.


2. Perhatikan ukurannya

Setelah Anda sudah menentukan jenisnya, sekarang perhatikan ukurannya. Namun terlebih dahulu, ukurlah panjang yang dibutuhkan. Mulai dari sumber air menuju tempat yang diinginkan. Jangan lupa perhatikan ukuran lubangnya.


Lubang selang air mempunyai berbagai macam ukuran. Antara lain ukuran 1 per 8 inci, 1 per 4 inci, hingga 1-3 inci. Pastikan bahwa ukurannya sesuai dengan ukuran kran milik Anda.


3. Perhatikan bahannya

Anda kini telah mengerti berbagai macam bahan selang. Pastikan bahwa yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya seperti bahan venyl dan juga PVC. Biasa digunakan untuk segala kebutuhan sederhana.


Sementara bahan karet, biasanya digunakan untuk kebutuhan fleksibel dan untuk menjamah medan yang sulit. Sedangkan bahan stainles steel, dipakai untuk mengalirkan air dengan jarak tidak terlalu panjang.


Kini Anda sudah mengerti berbagai macam jenis sesuai dengan bahannya serta bagaimana tips memilih yang benar. Jadi, Anda sudah tidak perlu bingung lagi memilih mana selang air yang akan digunakan.