top of page

Inilah Beragam Penyebab Kapasitor Pompa Celup Menjadi Sering Rusak



Apa itu kapasitor? Nah kapasitor atau juga bisa disebut sebagai kondensator, adalah komponen listrik yang digunakan untuk menyimpan muatan listrik. Bahan penyusun kapasitor sendiri yaitu terdiri dari dua keping atau dua lembaran penghantar listrik yang dipisahkan menggunakan isolator listrik berupa bahan dielektrik. Kapasitor juga merupakan komponen penting pada beberapa alat atau mesin, seperti salah satunya pada pompa air.


Kapasitor adalah komponen penting pada pompa air, begitu juga dengan pompa celup yang merupakan jenis pompa air dengan kelebihan dan keunggulan lebih dibandingkan pompa air pada umumnya. Namun sama dengan pompa air, kapasitor yang ada pada pompa celup juga bisa berpotensi mengalami kerusakan, yang mana itu disebabkan oleh beberapa penyebab. Nah penyebab-penyebabnya bisa Anda semua ketahui di bawah ini!


Inilah Beragam Penyebab Kapasitor Pompa Celup Menjadi Sering Rusak

Kapasitor pada pompa celup dapat rusak, yang mana jika rusak dapat Anda ketahui dengan melakukan pengukuran Avometer (ohm meter). Jika Anda melakukan pengukuran, lalu jarum bergerak naik lalu kembali lagi, maka bisa dipastikan kapasitor pompa celup Anda masih dalam keadaan baik. Namun jika jarum bergerak naik namun tidak kembali lagi, maka kapasitor pompa celup Anda sedang mengalami kerusakan. Lalu sama jika jarum tidak bisa naik sama sekali, maka kapasitor pompa celup Anda bisa disimpulkan telah rusak.


Nah Anda sudah mengetahui cara mengetahui kapasitor pompa celup rusak atau tidak, lalu apa penyebabnya yang bisa membuat kapasitor pompa celup rusak? Nah untuk mengetahuinya Anda bisa mengetahuinya di berikut ini:


Adanya Perbedaan Tegangan Pada Kapasitor

Apabila kapasitor pompa celup Anda mengalami kerusakan, maka bisa jadi itu terjadi dari adanya ketidaksesuaian tegangan yang ada pada kapasitor pompa celup Anda. Hal itu dapat terjadi karena memang komponen kapasitor itu tersedia dalam berbagai macam bentuk serta tegangan yang berbeda di pasaran.


Jadi jika tidak sesuai dengan yang diinstruksikan, maka itu akan bisa membuat kapasitor pompa celup rusak. Alhasil kapasitor yang tidak sesuai, maka itu akan membuat tegangannya tidak sesuai seperti terlalu rendah, yang mana itu akan berdampak pada tekanan mesin yang akan menjadi lebih berat dan pastinya kapasitor menjadi lebih cepat rusak dengan sendirinya.


Terjadinya Overheat Pada Pompa Celup

Nyatanya masalah overheat bisa terjadi pada pompa celup, yaitu dari banyaknya faktor yang memang bisa berdampak membuat pompa celup dapat mengalami overheat. Jadi apabila terjadi overheat pada mesin pompa celup Anda, maka itu bisa berdampak pada komponen mesin pompa celup yang akan lebih cepat rusak dan bahkan bisa aus, yang mana itu bisa terjadi walaupun Anda belum lama menggunakan pompa celup. Jadi agar tidak mengalami overheat, maka Anda harus hindari masalah-masalah atau penyebab yang bisa membuat pompa celup mengalami overheat.


Pompa Celup yang Digunakan Sangat Berlebihan

Penggunaan pompa celup yang secara berlebihan juga bisa berdampak membuat kapasitor pada pompa celup rusak dengan sendirinya. Sehingga hal itu akan membuat komponen mesin pompa celup juga dapat berpotensi mengalami overheat. Lalu dari tegangan yang naik turun, juga bisa membuat dampak dari penggunaan pompa celup yang berlebihan akan semakin memperburuk keadaan dari kapasitornya. Maka dari itu, Anda wajib sekali memperhatikan pengoperasian dari pompa celup Anda, yang mana itu agar komponennya aman dari kerusakan, seperti salah satunya adalah kapasitornya.


Jadi itulah beberapa penyebab yang bisa menyebabkan kapasitor pompa celup menjadi sering rusak. Semoga bermanfaat bagi Anda semua, terutama dalam menambah wawasan Anda semua mengenai komponen penting dalam pompa celup. Apabila Anda tertarik ingin memiliki pompa celup, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah pompa celup Tsurumi. Anda bisa memiliki serta ketahui lebih lanjut mengenai pompa celup Tsurumi di IndahJaya.com


Comentarios


bottom of page