Kelebihan dan Kekurangan Gantry Crane Penting Anda Ketahui


Kelebihan dan Kekurangan Gantry Crane Penting Anda Ketahui

Gantry Crane merupakan jenis alat pengangkat beban berat yang dibangun di atas sebuah gawang. Alat berat tersebut banyak digunakan untuk mengangkat benda berat dengan struktur dapat berdiri sendiri.


Bentuknya terdiri dari tiga kaki tinggi dan tegak. Dilengkapi dengan rel terpasang pada bagian disebut troli hoist. Serta pergerakannya dalam mengangkat beban secara horizontal pada jalur rel.


Fungsi awal dari penggunaan jenis alat ini adalah untuk membantu dalam pembongkaran muatan peti kemas pada kapal. Namun, seiring berjalannya waktu, penggunaannya tidak hanya terbatas pada bidang tersebut.


Sekarang, gantry crane sudah banyak dimanfaatkan pada proyek pembangunan atau proyek kontruksi. Alat tersebut memiliki fungsi untuk memindahkan girder dari posisi bawah ke atas maupun sebaliknya.


Ukuran dari benda cukup besar. Penggunaanya dapat di pasang di tempat terbuka maupun tempat tertutup dengan luas area tertentu. Secara umum, jenisnya dibedakan menjadi dua yakni gantry dan semi gantry.


Dari beberapa penjelasan di atas, benda tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal penggunaannya. Berikut merupakan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki benda raksasa ini.


Beberapa Kelebihan dari Gantry Crane


Sebagai alat bangunan bisa dibeli maupun disewa, maka alat iniini memiliki kelebihan tersendiri. Di bawah ini adalah kelebihannya :


Gantry crane sebagai katrol pengangkat memiliki kelebihan untuk penggunaan di lokasi kontruksi. Alat ini bisa dibeli langsung ataupun disewa di jasa-jasa penyewaan. Adapun kelebihan dari alat ini adalah:


Pertama dapat mengefisienkan waktu. Proyek kontruksi yang sedang dikerjakan dapat lebih cepat selesai dengan penggunaan alat ini. Ini karena pemidahan material berat tidak memerlukan tenaga manual.


Untuk memindahkan material tersebut hanya diperlukan gantry crane dan seorang operator

yang mampu menjalankan fungsinya. Untuk pemasangannya sendiri dapat dibantu oleh layanan jasa pasang gantry.


Kelebihan kedua tentu saja kemampuannya dalam memindahkan dan mangangkat barang. Sama dengan jenis lainnya, fungsi utamanya adalah mengangkat benda berat yang bobotnya hingga berton-ton.


Bayangkan jika pengangkatan harus dikerjakan tenaga kerja manusia, maka berapa banyak pekerja yang harus disiapkan dan berapa lama waktu diperlukan. Dengan menggunakan gantry crane maka pengerjaan proyek menjadi lebih efektif.


Kelebihan selanjutnya adalah dapat membantu pada aktivitas bongkar muata kapal. Alat ini cukup banyak ditemukan diarea pelabuhan dekat kapal-kapal pengangkut container atau peti kemas berukuran cukup besar.


Selanjutnya Kekurangan dari Gantry Crane


Jika suatu alat memiliki kelebihan, tentu saja ada kekurangan yang mengikuti. Di bawah ini adalah kekurangan dari penggunaan perangkat gantry ini.


Kekurangan pertama adalah butuh wilayah yang luas. Ini karena komponennya terdiri dari sebuah rel. Rel inilah yang membutuhkan area cukup luas untuk diletakkan. Area yang ditempati tidak bisa dipakai untuk aktivitas lainnya.


Sebaiknya penggunaan alat ini jangan pada area kurang luas. Jika Anda menggunakannya pada aktivitas pabrikan atau pergudangan dengan luas area cukup terbatas, maka bisa jadi akan rugi.


Kedua, sebagai alat yang beresiko, dalam penggunaannya diperlukan pengawasan keamanan lebih ketat. Termasuk pada bagian rel yang diletakkan sebagai lintasan dari alat ini harus diperketat dalam hal pengawasan.


Kekurangan lainnya adalah tidak bisa dipasang oleh sembarangan orang. Pihak yang harus memasangnya adalah jasa profesional karena sekali lagi alat ini beresiko tinggi. Jadi, dalam hal pemasangan harus benar-benar di bantu oleh tenaga ahli.


Dilihat dari kelebihan dan kekurangan ini, dapat dikatakan bahwa penggunaan alat ini kurang fleksibel karena tidak dapat berpindah. Harus melalului jalurnya sendiri pada rel khusus yang dipasang. Gantry crane merupakan satu dari beberapa jenis crane yang ada.