top of page

Kelebihan Menggunakan Mesin Serut Manual untuk Proyek Kayu Anda



Kerajinan tangan memang tidak akan pernah habis atau ketinggalan zaman begitu saja, ini karena minat penyuka dari kerajinan tangan memang ada banyak. Mulai dari kerajinan tangan dengan gambar, tanah, hingga kayu bahkan kerajinan tangan lain yang memang kreatif adanya. Secara umum, kerajinan tangan yang sering ditemukan oleh kita adalah kerajinan tangan yang terbuat dari kayu, baik itu meja, kursi, bahkan sebuah karya patung atau karya indah lainnya.


Tentunya kerajinan atau sebuah karya dari kayu akan melibatkan kayu pada umumnya, tapi bukan kayu yang langsung diolah begitu saja untuk menjadi benda yang bernilai. Sebuah mahakarya dari kayu memang membutuhkan kayu, tapi kayu yang terlebih dahulu sudah diserut hingga menjadi kayu yang halus. Hal ini memang penting untuk membantu karya kayu yang bagus serta tidak meninggalkan tekstur kayu yang kasar dan berbahaya bagi tangan.

Informasi Mengenai Mesin Serut Manual Kayu yang Banyak Kelebihannya

Sebuah serut kayu adalah alat yang bisa digunakan untuk serut kayu yang memang berguna untuk dapat menghasilkan kayu halus yang kemudian akan dijadikan sebuah benda yang bernilai. Nah menghaluskan kayu sendiri tidak menggunakan tangan kosong begitu, ini juga termasuk bukan menggunakan pisau, cutter, atau alat lainnya yang tidak sesuai untuk serut kayu. Jadi untuk hasil maksimal kayu yang diserut agar menjadi halus, maka itu membutuhkan bantuan dari alat serut kayu.


Di perkembangan zaman saat ini, alat serut kayu yang dulunya manual atau digerakan oleh tenaga sendiri sudah berkembang menjadi lebih praktis serta efisien lagi. Jadi pekerjaan membuat karya dari kayu pun akan semakin maksimal lagi serta membuahkan mahakarya kayu yang luar biasa sempurna. Namun meski begitu, bukan berarti alat serut kayu manual adalah alat yang sudah tidak lagi bisa diandalkan.


Alat serut kayu yang memiliki mesin manual adalah alat yang bisa digunakan serut kayu sampai kayu-kayu yang ada menjadi halus. Nah alat tersebut memiliki mesin tapi dianggap sebagai alat manual. Alasannya karena alat tersebut akan mengikis kayu sampai halus secara otomatis, tapi tentu karena membutuhkan teknik naik turun, maka mesin tersebut masih perlu menggunakan tenaga manual dari manusia.


Pastinya akan ada kelebihan dalam menggunakan mesin serut kayu manual, apalagi banyak manfaat serta keuntungan bila diaplikasikan pada proyek-proyek kayu. Nah kelebihan menggunakan mesin serut manual untuk kayu pun adalah:


  • Menyerut kayu tanpa harus takut tangan atau jari mengenai tusukan serpihan kayu. Hal ini karena mesin serut tersebut akan menggunakan mesin yang menggerakan blade atau pisau khusus untuk mengasah atau menghaluskan kayu. Serpihan yang ada pun tidak langsung terkena jari, melainkan hanya cover mesin lalu jatuh begitu saja.

  • Dengan mengandalkan tenaga mesin, maka pekerjaan serut kayu pun akan jauh lebih cepat serta hemat tenaga. Nah jadi pekerjaan serut kayu akan dengan cepat selesai bahkan bisa memungkinkan menambah jumlah pekerjaan untuk menyerut kayu.

  • Mesin serut kayu manual juga dapat berguna menghemat tempat dibanding mesin serut kayu otomatis yang memang besar serta memakan tempat. Dengan tempat seadanya, membuat mesin serut kayu dapat efektif diandalkan di tempat terbatas adanya.

  • Kelebihan utama dari menggunakan mesin serut manual, pastinya jelas akan sangat terasa pada proyek kayu. Ini karena hasil serut kayu yang membuat halus kayu dapat menghasilkan juga karya kayu yang memang bagus serta rapi adanya.


Itulah artikel dari kami mengenai kelebihan menggunakan mesin serut kayu manual yang memang tepat untuk proyek kayu Anda semua. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua, terutama bagi proyek kayu yang ada. Perkakas yang memang terbaik dan berkualitas untuk Anda, tentunya adalah perkakas dari Tenka yang memang bisa diketahui lebih lengkap di IndahJaya.com


bottom of page