Kenali Jenis Selang Air dan Cara untuk Merawatnya


Kenali Jenis Selang Air dan Cara untuk Merawatnya

Selang air merupakan benda yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Anda bisa menggunakan selang untuk menyiram tanaman, mengaliri air di kamar mandi dan keperluan rumah tangga lainnya. Selang juga memiliki beberapa jenis dan fungsinya sendiri.


Ada banyak selang yang bisa Anda beli menyesuaikan dengan kebutuhan. Apapun jenis selangnya, Anda tetap harus tahu bagaimana cara merawat selang agar tahan lama dan tidak mudah rusak. Di bawah ini ada beberapa informasi menarik mengenai jenis selang.


Jenis Selang Air dan Penjelasannya


Sebelum memutuskan untuk membeli selang, ada baiknya Anda mengetahui apa saja jenis-jenis selang yang biasanya digunakan. Penting juga bagi Anda untuk mengetahui apa saja fungsi dari setiap selang tersebut seperti penjelasan berikut ini:


Selang yang Terbuat dari Karet


Jenis selang air pertama yang bisa Anda gunakan adalah selang dari karet. Selang berbahan karet merupakan selang yang dijual dengan harga paling mahal. Oleh karena itu jika ingin membeli selang karet pasti bisa tahan lama dan tidak mudah rusak.


Sebenarnya selain harganya yang mahal, selang berbahan karet memiliki bobot berat juga. Walaupun memiliki harga yang mahal dan bobotnya berat, selang berbahan karet merupakan selang tahan lama. Jadi Anda tidak perlu lagi terus membeli selang air yang satu ini.

Selang dari Bahan Vinil


Jenis selang yang berikutnya adalah selang dari bahan vinil. Berbeda dengan selang dari bahan karet, selang berbahan vinil memiliki bobot yang lebih ringan. Tidak hanya memiliki bobot yang ringan saja, selang dari bahan vinil juga harganya lebih murah.


Selang dari bahan vinil lebih sering digunakan untuk aktivitas berkebun. Dijadikan sebagai senjata utama untuk menyiram tanaman karena mudah dibawa kemana-mana. Tidak hanya itu, selang dari vinil juga tahan lama.


Selang dari stainless steel


Selang air yang berikutnya adalah terbuat dari stainless steel. Apabila Anda ingin membeli selang yang tahan lama dan tidak mudah hancur maka stainless steel adalah jawabannya.


Merupakan selang yang tidak mudah karatan dan bocor. Biasanya selang dengan warna keperakan ini memiliki bobot yang tidak terlalu berat. Tidak hanya itu dari tampilannya saja sudah lebih kokoh.


Selang dari PVC


Selang yang berikutnya merupakan jenis berbahan PVC. Merupakan jenis selang yang sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Biasanya selang berbahan PVC memiliki warna yang transparan sehingga bisa melihat aliran air di dalamnya.


Cara Merawat Selang Air Agar Awet


Selain pembahasan mengenai jenis selang dan penjelasannya, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara merawat selang agar tahan lama. Cara merawat selang yang benar adalah sebagai berikut:


Cara Menyimpan Selang


Pertama adalah mengenai bagaimana cara menyimpan selang yang benar. Hal ini harus diperhatikan dengan benar agar selang Anda tidak mudah rusak dan bocor. Cara menyimpannya adalah bisa dengan memperhatikan tempat penyimpanannya.


Tempat penyimpanan yang memiliki suhu ruangan baik maka cocok dijadikan untuk menyimpan selang air. Selain yang perlu diperhatikan adalah jangan menumpuk selang dengan benda berat lainnya.


Cara Menggulung Selang


Berikutnya adalah mengenai bagaimana cara menggulung selang. Cara menggulung selang adalah dengan memperhatikan bagian selang dan pastikan tidak ada yang melintir. Jika selang melintir maka segera perbaiki agar bisa digunakan kembali.


Sekarang Anda sudah tahu apa saja bahan pembuatan selang yang digunakan sehari-hari. Semua jenis selang memiliki kekurangan dan kelebihan, tergantung kebutuhan.


Penting juga untuk mengetahui bagaimana cara merawat, menggulung dan menyimpan selang yang benar. Selang air yang dijaga dengan baik maka akan awet.