top of page

Keunggulan dan Penerapan Selang PVC dalam Industri



Selang merupakan benda yang dapat dipergunakan untuk mengalirkan cairan, seperti air dan sejenisnya. Dengan kegunaan tersebut, maka ada banyak selang yang beragam, begitu juga dengan ukuran yang memang bermacam-macam. Dari segi ukuran, selang seperti selang air tersedia mulai dari ukuran ½ inchi hingga 8 inchi. Setiap ukuran tersebut difungsikan dengan tujuan yang berbeda serta disesuaikan dengan diameter kran sebagai tempat pemasangannya.


Bukan hanya selang air, begitu juga ada ukuran beragam dari selang jenis lainnya, bahkan itu juga dibedakan dari bahan selang itu sendiri. Salah satu bahan selang yang memang terkenal akan banyak keunggulan serta kelebihan, ada pada selang dengan bahan PVC atau Polivinil Klorida. Faktanya, selang PVC merupakan selang yang banyak keunggulan, yang mana keunggulan tersebut membuat selang tersebut memiliki penerapan yang sesuai pada industri.


Inilah Keunggulan Selang PVC yang Penerapannya Tepat dalam Suatu Industri


Selang plastik PVC atau polyvinyl chloride, adalah selang yang dapat digunakan dalam banyak keperluan, seperti selang pneumatik, selang air, irigasi, konstruksi dan ada juga yang dapat digunakan dalam industri seperti cat, minyak dan bahan makanan atau minuman. Hal tersebut bisa terjadi karena selang PVC memiliki karakteristik yang mendukung pengerjaan tersebut, yakni memiliki bobot yang tergolong ringan, selang yang lebih fleksibel dan elastis. Tidak hanya itu, ada juga selang PVC yang mempunyai body transparan, itu agar selang tersebut dapat memudahkan untuk melihat dan memastikan material yang sedang dialirkan.


Penerapan Selang PVC dari Keunggulannya di Suatu Industri

  • Tahan Terhadap Suhu yang Tinggi: Selang PVC ternyata dapat tahan terhadap suhu tinggi, sehingga dengan keunggulan tersebut maka selang PVC dapat dipergunakan industri untuk pengaplikasian tertentu seperti minyak dan air panas. Walaupun tidak bisa menahan suhu ekstrim pada pengaplikasian selang rubber, tapi PVC jauh lebih bisa diandalkan.

  • Cukup Fleksibel: Selang PVC ternyata memiliki kelenturan dan radius tekuk yang cukup tinggi, sehingga ketika digunakan tidak akan terbelit atau kusut dan mudah digunakan dalam area yang sempit. Nah karena keunggulannya tersebut, maka selang PVC ini memang bisa diandalkan industri untuk sektor pengerjaan yang sempit dan terbatas.

  • Memiliki Kelembutan: Nyatanya dinding bagian dalam dari selang PVC memiliki kelembutan, sehingga material yang dialirkan tidak akan tersisa di bagian dalam dan sangat mudah untuk dibersihkan. Jadi karena itulah industri lebih memilih selang PVC karena memang mudah dalam perawatannya.

  • Memiliki Standarisasi yang Baik: Selang berkualitas baik tentu saja memiliki standarisasi seperti ISO, Quality Management System, Environmental Management System, maupun standar-standar lain sesuai dengan kebutuhan seperti food grade untuk bahan makanan dan kimia tertentu. Selang PVC tentunya adalah selang yang memiliki itu semua, dan karena memiliki itu maka selang ini paling lebih sering dipilih pada banyak industri yang ada.

  • Usia Pakai yang Lebih Lama: Faktanya selang PVC adalah selang yang baik, itu karena selang tersebut memiliki rentang usia pakai yang relatif lama, itu dikarenakan selang tersebut terdiri dari bahan material yang dipakai tahan lama. Hampir semua industri ingin memiliki peralatan proses pengerjaan yang tahan lama, jadi untuk itu maka dipilihlah selang PVC.


Jadi itulah keunggulan dari selang PVC dan penerapannya dalam industri. Kiranya artikel ini jadi manfaat bagi Anda semua. Jika Anda tertarik dengan selang yang memang berkualitas dan terbaik, maka rekomendasi kami adalah selang Toyox. Mengenai selang Toyox, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk mendapatkan serta mengetahui lebih lanjut terkait selang Toyox.


Commentaires


bottom of page