top of page

Keunggulan Selang Teflon dalam Industri Kimia yang Wajib Anda Ketahui


Banyak yang mengenal kata teflon sebagai salah satu jenis panci yang bisa dipergunakan untuk memasak di dapur. Namun teflon sebenarnya bukan hanya dimengerti sebagai panci saja, teflon itu pada dasarnya adalah nama bahan kimia yang memang dipakai sebagai bahan baku untuk alat masak seperti wajan atau panci yang digunakan tersebut. Sehingga dengan begitu maka lahirlah panci atau wajan dengan nama teflon.


Dalam pengenalan teflon yang memang dikenal saat ini ada pada panci, hal itu karena panci sudah menjadi alat masak umum yang sering kita temukan. Namun perlu Anda ketahui, teflon juga ternyata ada pada alat-alat yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya, seperti salah satunya adalah selang teflon. Nah selang teflon adalah salah satu jenis selang yang memang bisa diandalkan karena banyak keunggulannya, terutama dalam dunia industri kimia.

Keunggulan Selang Teflon dalam Industri Kimia yang Wajib Anda Semua Ketahui

Selang teflon adalah salah satu jenis selang yang memang bentuknya atau desainnya seperti selang yang kita kenal selama ini. Namun meski begitu, perbedaannya yang begitu jelas selang teflon dengan selang biasa, ada pada fisik selang itu sendiri yang memang bagian badan luar dalam selang menggunakan bahan teflon. Alhasil selang teflon pun akan memiliki banyak keunggulan dibanding selang lain, terutama terbaik untuk industri kimia.

Inilah Keunggulan Selang Teflon dalam Industri Kimia

Suatu industri kimia mengandalkan selang teflon, pastinya karena selang tersebut dirasa memiliki keunggulan daripada selang lain, terutama untuk proses yang ada di industri kimia tersebut. Nah adapun keunggulan selang teflon dalam industri kimia tersebut, antara lain adalah:


  • Tahan terhadap temperatur tinggi, non-reaktif, dan tidak melekat dengan bahan cair. Ini karena selang teflon PTFE atau Polytetrafluoroethylene merupakan selang yang terbuat dari bahan plastik sintetik.

  • Selang teflon yang ada di industri memang tepat adanya, dikarenakan selang tersebut dapat menawarkan ketahanan kimia unggul dan kualitas suhu tinggi, sehingga ideal untuk kondisi terberat yang terjadi di proses industri kimia.

  • Tentunya tahan kimia, ini karena sebuah selang teflon umumnya terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah dasar selang, yang biasanya merupakan bahan jenis kain seperti fiberglass. Teflon kemudian dilapisi ke selang, menyegel kain dan menciptakan lapisan tahan kimia untuk selang.

  • Adapun biasanya penguat kawat digunakan sebagai tulang punggung selang, yang mana ini juga mengurangi kinking saat selang dilipat. Oleh karena itu selang teflon fleksibel karena berperilaku seperti selang kain sambil menawarkan ketahanan kimia yang sangat baik di industri kimia.

  • Dengan penguat kawat selang fleksibel teflon yang secara umum dilakukan terus menerus sepanjang segmen selang teflon. Maka itu akan membawa ke kekuatan dan ketahanan duktus yang berharga oleh orang-orang di bidang komersial dan industri kimia.

  • Teflon yang secara ilmiah adalah susunan kimia sebagai Polytetrafluoroethylene, terdiri dari atom Karbon dan Fluorin, yang mana itu mengkategorikannya sebagai Fluorocarbon. Kekuatan dari ikatan Karbon-Fluorin ini jelas memberi selang teflon sifat resistance dan hidrofobik yang sangat baik.

  • Dengan bahan hidrofobik, selang teflon tentunya menjadi sangat fleksibel dan tahan lama. Sehingga itu membuatnya sangat baik untuk digunakan dalam aplikasi dimana kemurnian asap yang melewatinya harus dijaga.

  • Industri kimia yang juga prosesnya melibatkan uap, pastinya membutuhkan peranan selang teflon. Alasannya karena selang tersebut terdiri dari struktur molekul non-reaktif material yang membuat selang teflon dapat digunakan untuk transfer uap yang sangat presisi


Itulah keunggulan selang teflon dalam industri kimia yang memang wajib Anda ketahui. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk selang terbaik dan berkualitas, kami rekomendasikan selang dari Toyox. Mengenai selang dari Toyox, Anda dapat mengetahui lebih lengkapnya dengan mengunjungi IndahJaya.com


コメント


bottom of page