Komponen Gantry Crane dan Manfaat Penggunaanya


Komponen Gantry Crane dan Manfaat Penggunaanya

Gantry crane banyak ditemui pada proyek industri, kontruksi dan di pelabuhan yang beroperasi setiap hari. Alat ini dapat dengan mudah memindahkan benda-benda berat dari satu titik ke titik lainnya.


Alat berat satu ini memiliki pengertian yakni pesawat dengan desain khusus dalam mengangkat benda-benda dengan bobot berat hingga berton-ton. Dilihat dari bentuknya, hampir menyerupai overhead crane yang dilengkapi jembatan tunggal horizontal.


Gantry crane pada proyek industri dapat menunjang kerja alat lainnya. Misalnya jika telah terdapat jembatan crane, maka di bawahnya biasanya akan dipasangi perangkat tersebut. Tidak perlu dipasang di bangunan langsung, dapat dibangun dengan struktur non permanen.


Jika dibandingkan dengan penggunaan Bridge Crane, biaya materialnya jauh lebih murah dan lebih fleksibel. Terdapat roda khusus yang memungkinkan pergerakannya cukup luas. Untuk itu, banyak digunakan di luar di ruangan, tetapi bisa juga di dalam ruangan.


Ketahui Komponen dari Gantry Crane


Terdapat beberapa tipe jika dilihat dari fungsinya diantaranya grantry pada general purpose, ship building hingga container gantry yang banyak digunakan di Industri perkapalan. Namun, untuk komponennya hampir sama.


Secara umum, komponen yang ditemui terdiri dari tiga bagian atau struktur. Struktur yang dimaksud di antaranya adalah Trollley, running bridge dan electrical structure. Penjelasannya di bawah ini.


Pertama adalah trolley. Trolley ini terpasang dan dihubungkan langsung dengan bagian hoist atau kerekan. Trolley dibuat dari material logam yang terpasang pada rel. peran penting komponen terlihat saat operator menggeser barang secara horizontal.


Alat ini dapat dikatakan fleksibel karena menggunakan trolley yang dirangkaikan dengan penggunaan hoist elektrik. Bukan hoist elektrik biasa digunakan dalam alat ini karena hook terpasang pada laterai beam sesuai dengan trolley.


Kedua adalah bagian running bridge. Komponen ini dikatakan sebagai bagian vital dalam alatnya. Running bridge menjadi jalur lintasan pada saat trolley bergerak memindahkan benda berat. Kekuatan gantry crane bertumpu pada bagian running bridge.


Komponen dari alat ini yakni running bridge akan menjaga stabilitas saat ada angina kencang untuk meminimalisir kecelakaan. Bagian bawah gantry terdapat penyangga dengan pengukur rel atau penjepit rel.


Bagian ketiga adalah electrical structure. Electrical crane berfungsi sebagai eksekutor fungsi utamanya. Dapat dikatakan electrical structure adalah inti dari pengoperasian alat berat ini. Terdiri dari tiga komponen di antaranya motor, kabinh serta lighting dan signal.


Manfaat dari Penggunaan Gantry Crane


Gantry banyak dimanfaatkan dalam berbagai insdustri. Dengan kemampuan angkat berat dari benda raksasa ini, sehingga banyak digunakan pada industri berat. Di antaranya pada perkapalan, kontruksi bangunan dan lainnya.


Penggunaan gantry crane di industry kapal, digunakan dalam perakitan kapal. Dilihat dari perakitan ini, kapal terdiri dari komponen yang berukuran besar dan berat. Untuk itu, dibutuhkan sebuah alat yang mampu memindahkan komponen tersebut.


Digunakan pula pada industri perakitan mesin mobil. Terdapat beberapa perangkat mesin mobil yang tidak bisa diangkat hanya dengan tenaga manusia. Untuk itu dapat memanfaatkan jenis crane ini dalam merangkai mesin dan merakitnya menjadi kesatuan utuh.


Ada juga pemanfaatan di pelabuhan. Pada pelabuhan banyak kapal yang memiliki muatan yang berukuran besar seperti peti kemas ataupun kontainer. Penggunaan gantry crane sangat dibutuhkan untuk memindahkan barang tersebut ke daratan atau sebaliknya.


Ada juga manfaatnya pada proyek kontruksi bangunan. Pemanfaatan alat berat ini banyak digunakan sebagai wahana untuk mengangkat alat dan bahan kontruksi. Namun, perlu diingat pemasangannya harus dilakukan oleh profesional.


Komponen dan pemanfaatan alat berat ini sangat berguna bagi pelaku insutri dalam bidang perkapalan, industri perakitan transportasi hingga kontruksi bangunan. Penggunaan gantry crane kian banyak dimanfaatkan.