top of page

Informasi Lengkap Tentang Cara Mengatasi Masalah Pada Dinamo Pompa Celup



Pompa celup tentunya adalah alat yang bisa berfungsi karena juga memiliki komponen berupa dinamo. Yaitu suatu generator atau sebuah mesin listrik yang dapat mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Nah itu juga termasuk dengan konsep kerja dinamo yang sama dengan generator, yaitu dapat memutar kumparan di dalam medan magnet atau memutar magnet di dalam kumparannya.


Pompa celup memiliki komponen dinamo yang tentunya juga sama dengan pompa air biasa, tetapi ia pun juga cenderung bisa memiliki masalahnya sendiri. Nah melalui artikel ini, kami akan berikan beberapa masalah umum yang ada pada dinamo pompa celup, hal itu agar Anda dapat waspadai terjadi pada dinamo pompa celup Anda. Tidak hanya itu saja, kami juga akan sertakan cara atasinya, sehingga Anda bisa tiru untuk atasi dinamo pompa celup Anda.


Inilah Cara Mengatasi Masalah-Masalah yang Umum Terjadi Pada Dinamo Pompa Celup

Dinamo Pompa Celup Terbakar dan Soak

Apabila Anda mencium bau gosong pada pompa celup yang Anda nyalakan, maka bisa jadi adanya komponen yang terbakar dalam pompa celup tersebut, seperti salah satunya adalah dinamo pompa celup yang terbakar. Nah ada beberapa penyebab yang bisa membuat dinamo pompa celup terbakar, bisa dari lilitan tembaga yang lemah, konsleting, terkena air karena adanya body yang retak, hingga juga dari pemasangan kabel listrik yang salah.


Nah untuk mengatasinya, maka lilitan tembaga pada dinamo tersebut bisa Anda perbaiki, lalu jika memang ada keretakan pada body pompa celup, maka Anda harus segera tutup agar dinamo tidak terkena air yang dapat menyebabkan kerusakan pada dinamo tersebut. Lalu konsleting dan pemasangan kabel yang salah bisa Anda atasi dengan benar, yaitu dengan tidak lagi menggunakan kabel yang konsleting atau lakukan pemasangan yang benar pada kabel pompa celup Anda.


Kapasitor Pompa Celup Rusak

Kapasitor pompa celup yang rusak, ternyata juga akan bisa berdampak besar bagi dinamo pompa celup yang juga akan rusak dengan sendirinya. Hal itu karena memang komponen kapasitor di pompa celup yang berfungsi sebagai starter run, yang mana itu artinya dapat membantu dinamo untuk melakukan start pada putaran awal. Jadi apabila kapasitor rusak ataupun soak, maka mesin pompa celup juga akan mengalami masalah pada putarannya. Sehingga untuk mengatasinya, maka Anda harus segera perbaiki kapasitor pompa celup yang rusak tersebut.


Tegangan Listrik Tidak Stabil

Masalah yang juga dapat mengakibatkan putaran mesin pompa tidak normal adalah masalah pada sumber daya listriknya, khususnya adalah tegangan listrik yang kurang stabil.

Jadi jika pompa dipasang sangat jauh dari sumber tegangan (jaringan induk) dengan menggunakan penghantar atau kabel berukuran kecil, maka itu biasanya akan membuat tegangan yang sampai pada mesin pompa sudah tidak utuh lagi. Nah untuk cara mengatasinya, maka Anda bisa dengan menambahkan grounding ataupun dengan mengganti ukuran kabel listrik yang lebih besar, hal itu agar dapat mempertahankan tegangan pada batas normal.


Dinamo yang Sangat Kotor

Tentunya dinamo pompa celup yang kotor dapat menyebabkan masalah serius, apalagi jika dibiarkan begitu lama dengan kuantitas kotoran yang begitu banyak dan menumpuk. Biasanya kotoran ini akan bersarang di bagian ruang dinamo disekitar spul juga pada bagian laher. Jika sudah terlalu lama tidak dibersihkan maka akan mengeras dan memicu karat sehingga membuat putaran motor menjadi terganggu apalagi kalau mesin pompa kurang aktif dalam pemakaiannya. Untuk mengatasinya, maka Anda bisa membantu mesin untuk melakukan putaran awal, yaitu dengan cara memutar kipas searah jarum jam memakai obeng sambil dinyalakan sampai motor bisa berputar normal kembali.


Nah jadi itulah beberapa masalah pada dinamo pompa celup dan juga cara atasinya dengan benar. Semoga bermanfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Sekian dari kami, jika ada diantara Anda yang ingin memiliki pompa celup, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah pompa celup Tsurumi. Mengenai pompa celup Tsurumi, Anda bisa kunjungi di IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Kommentare


bottom of page