Inilah Cara Atasi Masalah Selang Industri Mengembun Agar Selalu Awet



Pengembunan atau kondensasi, adalah perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat, seperti salah satunya yaitu gas menjadi cairan. Nah kondensasi atau pengembunan terjadi ketika uap didinginkan menjadi cairan, tetapi dapat juga terjadi bila sebuah uap dikompresi menjadi cairan, atau mengalami kombinasi dari pendinginan dan kompresi. Jika anda biasanya melihat embun pada kaca, maka menariknya ada juga embun yang dapat ada pada selang.


Selang ternyata memiliki beberapa masalah, yang dimana selain rusak, bocor, melar, putus, kempis, ternyata masalah yang juga cukup umum ada pada selang terutama selang industri adalah masalah selang yang mengembun. Nah tentunya selang yang mengembun perlu segera diatasi, karena kalau tidak maka selang tersebut dapat mudah rusak hingga parahnya bisa membuat tidak awet. Maka dari itu, anda perlu atasi masalah selang industri mengembun, yang dimana caranya ada di bawah ini!

Inilah Cara Atasi Masalah Selang Industri yang Mengembun

Perlu anda ketahui penyebab selang industri bisa mengembun, pastinya itu berhubungan dengan suhu dingin yang berlebih, dimana itu dapat membuat selang industri lama kelamaan bisa mengembun pada bagian luarnya. Lalu apakah itu berbahaya? Nah memang pada dasarnya layaknya selang atau pipa pada Air Conditioner (AC), selang yang berembun tentunya tidak terlalu berbahaya bagi selang tersebut, tetapi bukan berarti itu dapat dibiarkan begitu saja. Nah selang yang berembun bisa membuat kegiatan industri menjadi berantakan, karena embun yang dihasilkan selang dapat membuat genangan air yang pastinya itu mengganggu.


Selain itu, selang industri yang terus menerus mengalami proses pengembunan, maka selang tersebut lama kelamaan akan memiliki umur yang pendek, itu karena bisa saja air embun akan mengikis kulit luar dari selang industrial, dimana bisa berdampak pada kebocoran. Nah oleh karena itu, agar selang industrial bisa tetap awet dalam jangka waktu lama, maka diperlukannya cara dalam mengatasi atau mencegah selang menjadi mengembun, yang dimana itu ada pada penjelasan berikut ini.

Cara Mengatasi dan Mencegah Selang Industri Agar Tidak Berembun

  • Selalu membersihkan selang yang sudah berembun atau sudah memiliki tingkat suhu yang cukup dingin. Nah periksa jika memang selang terasa sudah dingin, lalu jika dingin maka kondisikan selang tersebut agar tidak memiliki suhu yang dingin, karena jika terus dibiarkan maka selang lama kelamaan akan mengembun.

  • Lapisi selang industri dengan lapisan luar selang tambahan, sehingga suhu dingin bisa terkontrol dan dapat mencegah terjadinya embun pada selang yang digunakan.

  • Selalu lepas selang pada mesin seperti pompa air jika sudah digunakan, karena embun bisa terjadi karena memang tekanan dari pompa yang memiliki suhu dingin masih terasa dan menempel pada bagian selang.

  • Pastikan penggunaan selang yang berkualitas, serta memang selang yang cocok untuk proses yang dingin. Nah karena selang yang tidak berkualitas dan tidak sesuai dengan spesifikasi, jelas akan membuat selang industri mudah mengembun yang dapat membuat banyak masalah.


Jadi itulah cara anda untuk atasi selang industri yang mengembun, dimana sangat bermanfaat untuk anda semua agar selang industri tidak mengembun yang bisa berpotensi membuat selang industri bisa awet dan tahan lama. Sekian dari kami, jika anda berniat ingin memiliki selang berkualitas yang sulit untuk mengembun, maka Toyox adalah rekomendasi dari kami. Mengenai selang Toyox, anda bisa miliki itu dan ketahui lebih lanjut hanya di IndahJaya.com