Memahami Penggunaan Konektor Selang Kompresor Pneumatik


Memahami Penggunaan Konektor Selang Kompresor dan Fitting

Dalam sebuah mesin kompresor, konektor selang kompresor dengan selang fitting udara memiliki ukuran kecil dan ringkas. Namun dua alat ini memiliki peran yang sangat penting dalam hal kinerja alat udara.


Fitting berguna untuk mempertahankan aliran udara juga tekanan agar tetap konstan. Dengan begitu kinerja alat pompa ban kendaraan tidak akan terganggu. Sementara konektornya berguna untuk menyambungkan antar selang.


Maka dari itu, dua alat tersebut harus memiliki kualitas baik agar mesin kompresor dapat bertahan lama. Konektor produk dari produsen terpercaya sangat direkomendasikan, sebab memiliki kualitas bagus.


Untuk memastikan peralatan kompresor bekerja dengan optimal, segala kelengkapan harus disimpan dan dirawat dengan baik. Selain itu, Anda dapat menggunakan konektor selang kompresor untuk disesuaikan dengan ukuran kebutuhan.


Mengenal Apa Itu Konektor Pneumatik


Konektor pneumatik atau kopling pneumatik berfungi untuk menghubungkan alat udara agar tekompresi ke saluran udara. Sistem alat ini terdiri dari dua bagian, yaitu Quick Coupling dan Plug In.


Keduanya segera menutup saluran secara otomatis setelah terputus dari komponen. Tujuannya memastikan sistem tetap bertekanan. Dalam industri, pneumatik memiliki julukan lain seperti air hose coupling, konektor selang kompresor, dan lainnya.


Beberapa jenisnya seperti Orion atau Euro. Alat ini tersedia dalam berbagai varian sesuai jenis pengaplikasiannya. Perlu diketahui, bahwa antara selangnya dengan konektor harus sesuai untuk sistem tekanan udara tertentu.


Penggunaan pneumatik berfungsi sebagai sambungan tahan bocor. Bahannya secara umum terdiri dari macam – macam baja sesuai jenisnya. Misalnya baja galvanis, pilihan bajanya paling murah, tetapi cocok untuk aplikasi kering.


Baja yang dikeraskan, sifatnya lebih tahan lama dibanding galvanis. Namun harganya pasti jauh lebih mahal. Baja tahan karat, memiliki daya tahan kimia sangat baik. Tentunya disertai harga mahal juga.


Bahan plastik sebenarnya cukup tahan lama, hanya saja disesuaikan aplikasinya. Harganya juga lebih ekonomis. Setiap bahan tersebut wajib diperiksa berkala ketika mengganti konektor selang kompresor ketika bocor.


Apakah Bisa Menghubungkan Dua Selang Udara Bersama?


Sebagian besar, selang dilengkapi dengan pemasangan kopling Quick Release (QR). Biasanya plug connector akan disambungkan ke socket connector. Sementara male quick release dipasang ke female quick release.


Oleh karena itu, Anda membutuhkan konektor selang kompresor untuk menghubungkan kedua alat tersebut. Dengan menggunakan kopling, secara teknis tidak akan ada batasan ingin berapa lama Anda menggunakan mesin.


Perlu diketahui, secara umum memang lebih baik menggunakan satu selang yang panjang dibanding menyambung beberapa. Hal ini dikarenakan semakin banyak konektor yang ada, makin sering mengalami penurunan tekanan.


Memahami Apa Itu Hose Tail


Penggunaan hose tail dapat berfungsi untuk menghubungkan dari kopling ke selangnya. Bisa juga untuk menghubungkan dua selang secara bersama – sama. Pastikan pemilihan ukuran hose tail sudah tepat.


Ketepatan tersebut berdasarkan diameter internal selang, kemudian diamankan menggunakan alat Klip Jubilee. Klip Jubile merupakan pita melingkar yang dapat dikencangkan dengan menggunakan roda gigi cacing (worm gear).


Sebagai tambahan informasi, konektor selang kompresor sendiri membutuhkan ukuran sesuai ukuran diameter pipa di mana penyambung tersebut dipasang. Supaya tidak kelonggaran atau terlalu sempit.


Beberapa contoh di antaranya jenis Elbow 90. Digunakan pada belokan pipa 45 derajat. Jenis Return bend digunakan pada belokan pipa 180 derajat. Jenis Tee atau “Y” digunakan untuk percabangan pipa.


Jenis reducer sebagai perubahan pipa jadi lebih kecil maupun besar. Jenis Flange sebagai penghubung antara pipa dengan peralatan agar mudah dibongkar pasang. Di antara flange perlu dipasang gasket pencegah kebocoran.


Masih banyak jenis penghubung selain di atas yang sesuai dengan jenis maupun tujuan pemakaiannya. Ada merek berkualitas karena banyak macam konektor selang kompresor sesuai kebutuhan Anda.